[CERITA SI BOWGEL] TRIBUTE TO SULLI EX F(X)

tribute to sulli fx


Art Blog Indonesia - Hello Bowgella ! Tribute To Sulli Ex F(x). Perkenalan Bowgel pada sosok Sulli terjadi beberapa tahun lalu. Sejujurnya Bowgel tidak mengenalnya sebagai idol, karena memang bukan penggemar beratnya. Tapi Bowgel punya kesan tersendiri dari sosok ini, karena dulu Mak Bowgel pernah membuat illustrasi berdasarkan karakternya.

[CERITA SI BOWGEL] TRIBUTE TO SULLI EX F(X)


Tanggal 14 Oktober 2019, merupakan hari berduka, terutama bagi penggemar K-Pop. Seorang artist, aktris dan idol dari Negeri Ginseng tersebut telah pergi dari dunia yang fana. 

Berita ini tentu membuat banyak penggemarnya terkejut, mengingat dalam setiap tampilan fotonya, dia nampak seperti sosok yang selalu ceria.

SIAPA SULLI ?


siapa sulli fx ?
Credit : Sulli Fx IG


Jujur Bowgel tidak begitu mengenal sosok Sulli selain di beranda Instagramnya, @Jelly_Jilli. Meski Bowgel sering melihat Drama Korea, tapi bukan tipikal orang yang sering kepo sama kehidupan pribadinya. Bowgel lebih mengidolakan cerita dan setting dramanya saja. 

Berdasarkan Wikipedia, Sulli memiliki nama lengkap Choi Jin Ri, lahir di Busan pada tahun 1984 silam. Dia merupakan mantan anggota Girlband F(x) dan bergabung dengan agensi SM Entertaintment

Lebih dari itu, Bowgel tidak begitu mengetahui, Sulli itu orang yang bagaimana. Hihihi..

KENAPA SULLI MENINGGAL ?


Sulli menghembuskan nafas terakhir, di dalam kediamannya, di lantai 2 pada tanggal 14 Oktober 2019 lalu. Sangat disayangkan aktris muda dan berbakat itu terlalu cepat pergi meninggalkan kita semua. 

Dari beberapa berita yang Bowgel baca, Sulli meninggal akibat depresi yang sudah lama dideritanya. Depresinya ini bermula ketika dia mulai mendapatkan komentar-komentar jahat melalui media online. 

Bullying memang bisa berakibat sangat fatal. Jangan anggap remeh kekuatan bahasa dan makian yang dilontarkan kepada seseorang. Tak semua orang mampu merespon kata-kata tersebut dengan baik. Apalagi yang kita tahu, bahwa otak manusia itu sangat mudah dimanipulasi oleh perkataan dan kondisi. 

Jangan heran apabila, kita yang tadinya selalu positif thinking, berubah menjadi negatif thinking setelah mendengar hujatan dan celaan dari orang lain.

OPINI BOWGEL TENTANG KASUS SULLI



sulli choi


Menurut Bowgel nie ya, sebenarnya para pelaku Bullying ini juga bukan orang-orang yang sehat secara mental.

Mereka adalah orang-orang yang tidak bisa merespon keadaan negatif dalam dirinya dengan melemparkannya ke orang lain melalui kalimat yang menyakitkan.

Sebenarnya para pelaku Bullying ini bukanlah orang yang bahagia akan dirinya. Dan yang pasti lebih banyak waktu luangnya dibandingkan waktu untuk produktif.

Orang-orang yang produktif, tidak akan memiliki banyak waktu mencemooh orang lain, karena dia lebih mengejar target impiannya. 

Bowgel yakin, seseorang yang sehat secara mental tidak akan melakukan kegiatan yang akan merugikan dirinya sendiri apalagi orang lain.

Sia-sia banget kan menghabiskan waktu melakukan hal tak berfaedah ? Ya mendingan melakukan hal yang membuat hidup  kita lebih berkualitas.

Daripada terus membahas para pembully yang akhirnya (bisa) membuat Bowgel menjadi pembully juga, mendingan membagikan hasil Illustrasi yang pernah Mak Bowgel buat beberapa tahun silam.

ILLUSTRASI UNTUK SULLI F(X)


sulli fx ig
Foto Referensi Mak Bowgel


Jadi ceritanya, Mak Bowgel diminta temannya, Afifah, untuk membuatkan desain kaos dengan karakter Sulli. Rencananya gambar ini oleh temannya Mak Bowgel, akan dicetak di atas kaos/sweater (Bowgel lupa medianya 🤭). 

Illustrasi gambarnya dibuat berdasarkan foto Sulli. Namun karakternya jelas berbeda. Mengingat Mak Bowgel itu spesialis membuat gambar kayak Bowgel, maka bentuk karakter Sullipun tak jauh beda.


sulli fx chibi
Fanart oleh Mak Bowgel


Untuk baju, pose dan atmosfernya, didesain serupa foto Sulli. Contohnya gambar di atas. Sayangnya foto satu lagi udah hilang referensinya. Di Instagram Sulli juga gak ada. Mungkin sudah dihapus. 

MATERIAL ILUSTRASI SULLI


sulli fanart oleh ewafebri


Ilustrasi Sulli, dibuat di atas kertas Moleskine Plain. Untuk warnanya, Mak Bowgel menggunakan cat air (watercolor) merk Van Gogh.

Hal yang menonjol dari Cat Air Van Gogh itu terletak pada pigment warnanya yang bright. Juga hasil pencampuran warna yang natural dan mudah membaur. 

Gak nyangka juga sebenarnya, kalo Bowgel harus menuliskan cerita tentang Sulli ini. Kita tak pernah tahu apa yang dipikirkan oleh orang lain dengan hidupnya. Kadang ada saja orang yang membuat kejutan dengan melakukan tindakan yang tak terbayangkan sebelumnya. 

So, Bowgella... ! Bowgel cuma mau pesan, berhati-hatilah melontarkan kata-kata yang tak baik. Bukan untuk orang lain, tapi sejatinya untuk dirimu sendiri. Percayalah akan selalu ada feedback dari setiap hal yang kita lakukan. Termasuk hal yang buruk. 

Janganlah kalian melakukan tindakan yang merugikan orang lain, karena suatu saat hal tersebut juga akan menimpamu. Kerjakanlah hal-hal yang bermanfaat untuk kualitas hidupmu, yang nantinya akan menyebar ke masyarakat di sekitarmu. 

Daripada kalian membully orang di media sosial, mendingan ikutan kreatif bareng Bowgel aja. Atau membaca kisah inspiratif dari Bowgel. Yekan ? Mau gak ? Caranya gampang, kalian tinggal Klik tombol berikut ini :




INGIN BELAJAR TENTANG ART MATERIAL DAN IDE-IDENYA BERSAMA SI BOWGEL DAN IWAWA ? 



 Let Your Creativity Spark With Bowgel


Sekian cerita tentang Sulli Eks F(X). Semoga tidak ada lagi korban serupa, dan semoga kita juga tidak menjadi manusia-manusia yang menyebabkan Makhluk Tuhan terluka.

0 comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.