ARTLOG | LANDSCAPE

artlog ewafebriart landscape
Acrylic on canvas 50 x 60 cm | ©ewafebri, 2018


Nekat mungkin bahasa yang cocok untuk menggambarkan bagaimana saya membuat lukisan landscape di atas. Hihi..  Bermula dari keinginan mendaur-ulang kanvas yang terbengkalai, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba membuat lukisan yang lebih detail dari biasanya.

ARTLOG LANDSCAPE


Sumber gambar yang menjadi inspirasi saya adalah Pinterest. Sejujurnya ini pertama kalinya saya membuat lukisan Landscape dengan ukuran lumayan besar 50 x 60 cm. Meski seperti panen gagal, tapu saya cukup puas dengan hasilnya. Hahaha.. 


MEDIA ATAU ART MATERIAL 


  • Kanvas ukuran 50 x 60 cm 
  • Cat Acrylic Maries dengan pilihan warna : Titanium White, Yellow Ochre, Phtalo blue, Sap Green, Yellow Pale, Lemon Yellow, Vandyke Brown, Burnt Umber, Cerullean blue, Rose, Crimson Red. 
  • Kuas Lukis berbentuk Filbert, Spalter, Fine Point.
  • Palete pencampur warna
  • Air

PROSES PEMBUATAN



  • Obyek sawah itu sendiri saya buat diatas kanvas berukuran 50 x 60 cm , dengan tebal spanram 5 cm. Saya menggunakan jenis cat acrylic dan menggunakan kuas untuk membuat detail lukisan. 
  • Warna - warna yang saya gunakan dalam membuat lukisan sawah diantaranya Sap Green, Yellow Pale, Lemon Yellow, Yellow Ochre, Vandyke Brown, Burnt Umber, Cerulean Blue, Mauve, Phtalocyne Blue, Rose dan tentu saja Titanium White. 
  • Untuk membuat background langit, saya menggunakan campuran warna Cerulean Blue, Phtalocyne Blue, Burnt Umber dan Titanium White. Untuk membuat pohon (daun) saya menggunakan sap green, yellow pale dan lemon yellow. Sementara untuk membuat padi saya menggunakan campuran warna Burnt umber, yellow ochre, yellow pale, lemon yellow dan titanium white. 
  • Sebelum membuat detail pohon, terlebih dahulu saya membuat background dengan campuran warna phtalocyne blue, sap green, yellow ochre dan burnt umber keseluruh bagian kanvas kecuali bagian langitnya. Baru kemudian saya tambahkan detail pohon, padi dan bunga.  






Video di atas adalah tutorial bagaimana cara membuat bentuk pohon beserta detailnya. Saya sendiri lebih seneng membuat lukisan dengan Acrylic. Keuntungan menggunakan acrylic adalah catnya mudah kering, sehingga saat menambahkan detail pada lukisan diatasnya, menjadi lebih mudah dilakukan.

APA YANG SAYA PELAJARI


Ternyata melukis menggunakan cat acrylic itu memiliki trik tersendiri. Untuk bisa memberikan detail pada lukisan, harus terlebih dahulu diberikan background dengan warna lebih gelap. Sementara highlight atau area yang lebih terang ,  justru kita buat dilayer terakhir. 

Pada saat melukis menggunakan cat acrylic, jangan lupa untuk menyiapkan air yang cukup. Hehe.. Kan sayang kalo acrylicnya kering diatas kuas, jadi akan lebih sulit untuk dibersihkan. 

Saat membuat highlight usahakan jangan memberikan warna putih terlalu banyak, kecuali di layer terakhir atau finishing. Dan gunakan kuas berbahan dasar bristle (bulu putih yang kaku) untuk memberikan detail pada lukisan.

Yang terakhir, catatan untuk diri sendiri adalah sering-seringlah berlatih, hihi.. dan jangan takut mencoba sesuatu yang baru.

Nah.. Bagaimana dengan kalian Gaes.. ? Hal apa yang sudah kalian lakukan diluar zona nyaman kalian.. ? Hehe.. jangan lupa untuk share pengalaman kalian di kolom komentar.




Post a Comment

0 Comments