KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CAT POSTER

kelebihan dan kekurangan cat poster


Art Blog Indonesia - Hello Bowgella !

Cat poster adalah sejenis cat berbasis air (waterbased) yang umum digunakan untuk membuat illustrasi maupun melukis di atas kertas. Apa bedanya dengan cat air dan sejenisnya ? Yuk kita bahas.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CAT POSTER


Meski sama-sama waterbased, cat poster dan cat air memiliki perbedaan. Salah satunya terletak pada efek yang dihasilkan. Hasil cat air bisa dipastikan transparant, sementara cat poster setiap warna catnya memiliki 2 sifat yaitu opaque dan transparant.

Tapi hari ini saya tidak akan membahas tentang perbedaan keduanya. Justrus saya ingin menjelaskan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh cat poster.

PENGALAMAN MENGGUNAKAN CAT POSTER



cat poster sakura
amazon.com


Sebelumnya saya ingin menceritakan sedikit tentang pengalaman saya menggunakan cat poster. Sejujurnya saya tidak pernah menggunakan cat poster untuk 1 lukisan penuh. Biasanya saya menggunakannya bersamaan dengan cat air.

Ada beberapa warna dan pigmen yang membuat saya kurang suka menggunakan cat poster. Terutama untuk warna yang transparan, saya lebih suka menggunakan cat air yang memang benar-benar menghasilkan warna transparan. Sementara cat poster cenderung menghasikan transparant yang sedikit "nanggung".

Mungkin hal ini bisa dipengaruhi oleh brandnya juga ya ? Saya sendiri menggunakn brand pentel dan sakura.

Karena permasalahan di atas, saya hanya menggunkana beberapa warna yang saya anggap sulit saya dapatkan pada cat air. Misalnnya saja warna flurocents, yang jarang dimiliki oleh cat air. Dan juga cat metalik seperti Gold dan Silver, mengingat cat air yang metaliki harganya lebih mahal.

Untuk contoh hasil penggunaannya, kalian bisa membaca tentang cara membuat warna metalik pada cat air.

Dapatkan tips dan informasi seputar art dan blogging secara langsung ke inbox kamu dengan cara Subscribes

KELEBIHAN CAT POSTER


Sekarang mari kita bahas tentang kelebihan cat poster menurut ewafebriart.com :

  • Memiliki banyak pilihan warna yang terdiri dari transparant dan opaque. 
  • Mudah didapatkan. Biasanya bisa kita beli di toko buku seperti Gramedia. 
  • Bisa di-mixed media dengan cat waterbased lainnya.
  • Bisa diaplikasikan di atas media kertas, sterofoam, kardus, bahkan sepatu kanvas (tapi harus di-varnish setelahnya).
  • Karena waterbased, lebih aman digunakan oleh anak-anak dibandingkan cat minyak.
  • Watersoluble. Saat kalian sedang melukis, kemudian baju dan tangan kalian terkena catnya, akan mudah dibersihkan.Kalian hanya membutuhkan air saja untuk membersihkannya.
  • Sama halnya seperti cat air, kalian masih bisa menggunakan catnya walaupun sudah dalam keadaan kering. Jadi, jangan langsung dibuang ya catnya meski bindernya sudah kering. 


KEKURANGAN CAT POSTER 


Dalam setiap produk pasti ada kelebihan dan kekurangannya ya ? Pun juga cat poster ini. Dan berikut ini kekurangan cat poster menurut ewafebriart :

  • Cat tidak water resistant, jadi tidak cocok digunakan untuk mewarnai barang-barang fungsional kecuali divarnish setelahnya. 
  • Beberapa warna transparant yang dihasilkan terkadang terlihat chalkie (berkapur) meskipun tidak semuanya seperti itu. 
  • Tidak bisa di mixed media dengan cat minyak (jelaslah ! hihihi...).
  • Tidak cocok digunakan untuk lukisan di atas kanvas karena cat tidak se-vibrant warna acrylic. Tapi bukan tak mungkin kita bisa menggunakannya di atas kanvas, dan ingat supaya tahan lama harus di varnish.  

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan cat poster menurut Mak Bowgel. Mungkin efek kelebihan dan kekurangan ini bisa berbeda-beda menurut orang lain, tergantung pengalaman masing-masing saat menggunakannya.

Jadi tolong tak usah diperdebatkan ya ? Kalo kalian mendapatkan pengalaman yang berbeda tentang penggunaan cat poster boleh banget untuk menuliskannya di kolom komentar sebagai tambahan informasi untuk pembaca Blog ini.

Saya berharap, setiap artikel yang pernah saya bahas di sini bisa berguna bagi teman-teman semua. Jika ada kritik dan saran ataupun ide bahasan, kalian bisa menambahkannya juga. Untuk teman-teman yang tak ingin ketinggalan informasi dari Blog ini, dan ingin mendapatkan link updatenya langsung ke inbox, silahkan daftakan email kalian di sini.

art blog indonesia ewafebriart

LET SPARKS YOUR CREATIVITY WITH BOWGELS ! 


  

Post a Comment

0 Comments