AOTM | LEE MAN FONG

aotm lee man fong


Art Blog Indonesia - Hello Bowgella !

Seperti yang pernah saya janjikan bulan lalu, akhirnya segmen terbaru di Blog ewafebriart mulai diaktifkan hari ini. Artist Of The Month (AOTM) adalah segmen yang mengupas tentang tokoh-tokoh inspirasional yang berhubungan dengan dunia seni (Hihihi.. Disesuaikan dengan Niche Blog ini ya ? ) hehe.. 

LEE MAN FONG


Pernah mendengar nama Lee Man Fong ? Mungkin teman-teman yang suka dengan lukisan, tak asing dengan nama ini. Lee Man Fong adalah tokoh dunia seni yang namanya cukup tersohor. Beliau adalah pelukis Indonesia yang berdarah Tionghoa. Lhoooh ? Hihihi..

SEJARAH LEE MAN FONG



foto lee man fong
Credit : Artfront.com


Lee Man Fong lahir di Guangzhou, Cina pada tanggal 14 November 1913. Ia pertama kali datang ke Singapura dengan Ayahnya yang seorang pedagang dari Negeri Tiongkok.

Pada tahun 1930, sang Ayah meninggal dan membuatnya menjadi tulang punggung keluarga. Tahun 1932, dia memutuskan untuk pindah ke Indonesia yang membuatnya dikenal menjadi pelukis Indonesia.

Pada masa perang dunia ke 2, Lee Man Fong pernah ditawan oleh Jepang sekitar 6 bulan lamanya karena menentang pemerintahan Jepang yang ada di Indonesia. Namun ia dibebaskan oleh Takahashi Masao yang terpikat oleh jiwa seninya.

PRESTASI LEE MAN FONG


artist of the month lee man fong
Credit : Christies.com


Awal karirnya, Lee Man Fong merupakan seorang seniman sketsa untuk majalah. Atas rekomendasi Basuki Abdullaah, Karyanya yang fenomenal kemudian dikenal oleh Presiden Republik Indonesia Pertama, Ir. Soekarno. Dari sinilah kemudian Lee Man Fong dikenal menjadi pelukis istana.

Tak hanya itu dia juga mengadakan pameran di beberapa negara, salah satunya Perancis.

Pada tahun 1964, Presiden Soekarno meminta Man Fong untuk membuat buku yang berisi tentang lukisan koleksi Presiden.  Buku tersebut diberi judul " Lukisan-lukisan dan patung dari koleksi Presiden Soekarno dari Republik Indonesia ".

CIRI KHAS KARYA LEE MAN FONG


karya lee man fong goldfish
Credit : Christies.com


Salah satu hal yang membuat saya sebagai orang awam suka dengan lukisannya adalah warna-warna pilihannya yang terkesan redup dan adem. Pemakaian warna natural seperti coklat, perpaduan crimson hingga cerulean menjadikan lukisannya terlihat deep dan nyaman dipandang mata.

Selain itu gayanya melukis juga sangat berkarakter. Bahkan untuk orang yang tak begitu memahami seluk beluk seni lukis secara formal seperti saya pun bisa mengenali karyanya hanya dengan melihat gaya lukisnya.

Kalo saya liat hasil karyanya (tanpa mengetahui namanya), karyanya memang memiliki ciri khas gaya pelukis dari Tiongkok. Apa ya.. ? Saya merasa lebih "light" dibandingkan gaya Eropa. Terutama terasa banget pada bagian backgroundnya. (Agak susah menterjemahkan maksud light ini 🤭🤭🤭, feelnya beda deh pokoknya..).

Obyek yang paling saya suka dari karya Lee Man Fong adalah ikan emas (Goldfish) dan juga ayam jago. Warna-warna yang dia pilih memberikan ciri khas tersendiri yang membuat kita bisa mengenali , " oh ini loh karya Lee Man Fong ".

KARYA LEE MAN FONG



lukisan karya lee man fong bali life
Credit : arts.com


Pada tahun 2012 di Sotheby's Hongkong Modern and Contemporary Spring Sale 2010, karya Man Fong yang berjudul Bali Life terlelang senilai  HK$ 25.300.000. Harga yang fantastis pada jamannya, bahkan di jaman sekarang pun. Luar biasa !

Tahun 1966 karena kekacauan politik yang terjadi di Indonesia, Lee Man Fong pindah ke Singapura. Namun di akhir hayatnya ia memilih kembali ke Indonesia dan meninggal dunia tahun 1988, di Puncak Bogor.

Kumpulan karyanya pun diterbitkan dalam bentuk buku yang berjudul Lee Man Fong's Oil Painting : Volume 1 dan Volume II yang ditulis oleh kurator seni Agus Dermawan T. Sementara untuk seleksi karyanya dilakukan oleh Siont Tedja. Bukunya sendiri dipublikasikan oleh Art Retreat dengan menyertakan kurang lebih 471 lukisan pilihan dari kolektor karyanya di seluruh dunia.

Luar biasa, bukan.. ? Itulah artist of the month kita di bulan Agustus ini. Semoga segmen ini bisa memberikan banyak informasi seputar sosok inspiratif bagi kita semua. 

Post a Comment

0 Comments