[CERITA SI BOWGEL] 7 CARA MENJAGA KEWARASAN ALA MAK BOWGEL

7 cara menjaga kewarasan


Art Blog Indonesia - Hello Bowgella ! Belakangan ini banyak hal yang menghimpit Mak Bowgel dan membuatnya menjadi setres. Oleh karena itu, Mak Bowgel butuh hal yang membuatnya tetap waras dan menjalani hidup ini dengan pikiran yang tenang dan sehat. Menurut Mak Bowgel, ada beberapa cara yang biasa dia gunakan untuk membuatnya tetap positif dan produktif.


[CERITA SI BOWGEL] 7 CARA MENJAGA KEWARASAN SUPAYA TIDAK GILA


Minggu lalu merupakan hari terburuk yang dialami oleh Mak Bowgel. Dia merasa berada pada sebuah celah kecil yang menghimpitnya dan bahkan membuatnya sesak nafas. Masalahnya, dia tidak ingin membicarakan apa yang dia hadapi dengan orang lain, karena masalahnya selalu sama dari tahun ke tahun.

Yang membuat Bowgel heran, kok orang yang bikin masalah itu gak merasa bosen gitu loh menciptakan masalah yang sama berulang-ulang. Semacam orang Bebal !

Bowgel aja dengernya jadi empeut sendiri. Tapi ya sudahlah, kan cara pikir orang gak bisa dikontrol. Yang bisa dikontrol adalah cara kita sendiri menghadapi orang yang hobbi menimbulkan rasa kesal di depan orang lain. 

MEMAHAMI BATASANNYA


set boundaries


Jika saja orang paham akan batasannya, dan tidak melampuinya, tentu tak banyak orang yang akan terluka. Tapi kadang manusia itu amat sangat rakus, hingga hidup orang lainpun menjadi target urusannya.

Kenapa manusia begitu sulit membiarkan orang lain bahagia dengan caranya, dan memaksakan cara hidupnya untuk digunakan. Padahal cara hidup mereka tak selalu membuat orang lain bahagia. 

Menghadapi orang dengan tabiat otoriter setiap tahun itu sangat melelahkan. Menurut Mak Bowgel, kadang dia ingin mengisolasi diri supaya tidak berinteraksi dengan orang-orang macam ini lagi.

Tapi itu sangat sulit, apalagi pengaruhnya bisa merajalela ke orang lain. Bowgel juga jadi ikutan sebel sama orang yang hobi banget maksain kehendaknya. Kalo dia gak bisa merasa bahagia sama hidupnya, mbok jangan gangguin hidup orang lain gitu loh ! Mendingan fokus aja biar bisa bahagia. 

Postingan ini memang 90% unek-unek Mak Bowgel yang ditahan ribuan hari. Supaya tetep waras menghadapi orang-orang bebal, Mak Bowgel memiliki beberapa cara. Cara ini setidaknya membuat dia bisa bertahan hidup dan berusaha tidak merugikan dirinya sendiri. 

MENULIS JOURNAL




Membuat sebuah tulisan bisa menjadi terapi buat Mak Bowgel. Sebelumnya, ketika Mak Bowgel merasa frustasi, dia akan menulis dan membuatnya menjadi status di media sosial. Ternyata cara ini tidak mendapatkan feedback yang bagus, namun justru sebaliknya. Dia makin tambah stress karena feedback yang diinginkan tak sesuai harapan. 

Bahkan tak jarang, dia mendapatkan feedback yang jelek dari pembacanya. Yang pada akhirnya justru mempengaruhi kestabilan jiwanya. Akhirnya Mak Bowgel tetap menulis tapi dengan media buku.

Buku bisa menjadi teman yang menyenangkan sekaligus menenangkan. Menyenangkan karena buka gak akan pernah protes tentang keluh kesah mak Bowgel. Menenangkan, karena buku gak akan memberikan feedback yang bikin mak Bowgel makin stress. 

MELUKIS [ HOBBI LAINNYA ]




Bowgel dulu tercipta karena kegalauan Mak Bowgel yang berkepanjangan. Daripada bengong yang menyulut banyak pikiran, akhirnya Mak Bowgel mulai menyibukkan diri dengan kegiatan kreatif. Selain mengalihkan perhatiannya dari hal negatif, melukis pada akhirnya bisa menghasilkan uang bagi Mak Bowgel. 

Dari aktifitas ini juga yang membuat Mak Bowgel akhirnya memiliki Blog khusus tentang Art. Dalam kurun waktu yang cukup lama, Mak Bowgel akhirnya mempelajari media yang digunakan untuk melukis. Ilmu yang dia dapatkan inilah, yang akhirnya dijadikan materi konten Blog di ewafebriart.com

Siapa sangka akibat disakiti orang yang tak berempati membuat Mak Bowgel memilih jalur berkreasi. Ya daripada nanggepin sosok orang yang bikin naik pitam terus menerus, ya mendingan sibuk mengasah kemampuan diri aja. Yekan ? 

UNFOLLOW TOXIC PEOPLE


unfollow toxic people


Sering bertemu dengan orang-orang yang beraura negatif akan membawamu menjadi orang yang negatif pula. Jika di dunia nyata hal ini sulit dihindari, setidaknya lakukan di dunia maya. Dulu kala Mak Bowgel adalah pribadi yang nyinyir. Saking nyinyirnya berakibat pada depresi. Hingga suatu hari dia tersadar dan ingin mengubah hidupnya lebih berfaedah.

Hal pertama yang dilakukan oleh Mak Bowgel adalah gak menonton acara yang bikin jiwa nyinyirnya muncul. Dia lebih memilih melihat acara yang menginspirasi atau tutorial yang berfaedah. Dengan begitu dia bisa lebih berkembang dan bisa lebih mengenali potensi yang dimilikinya. 

Unfollow akun-akun yang provokatif dan membuatnya kembali ke jalan "kenyinyiran".  Akunnya pun tak pandang bulu, tak peduli itu keluarga, teman atau portal berita sekalipun, bila efeknya ke kejiwaan Mak Bowgel gak baik dia akan melakukan unfollow masal. 

Sepertinya Mak Bowgel juga gak peduli kalo dibilang kudet, yang penting jiwanya tetap sehat. Dan bisa menyongsong hari dengan hal-hal yang positif. 

BERHENTI MENGOMENTARI HAL YANG BUKAN KEAHLIANNYA


Nah, dulu tuh Mak Bowgel orangnya sok kritis. Suka mengkritisi kerja pemeritah yang padahal dia sendiri gak menemukan solusinya. Boro-boro mau berkontribusi, yekan ? Hihihi..

Setelah melewati proses panjang, akhirnya Mak Bowgel memutuskan untuk berhenti beredar di sosial media dalam kurun waktu tertentu, hingga dia bisa mengendalikan isi otak dan cara bicaranya. 

Maka saat itu, banyak aplikasi yang akhirnya di uninstall sama Mak Bowgel, supaya dia tidak kecanduan nyinyir di sosial media. Dia juga berusaha untuk tidak mengomentari hal yang bahkan dia tidak mampu mengerjakannya. Terutama hal yang menyangkut tentang perbincangan politik. 

Dia juga mulai berhenti mengikuti kehidupan drama para artis yang ternyata memang sangat tak berfaedah sama sekali. Akhirnya Mak Bowgel lebih memilih mengikuti orang-orang yang memberinya insipasi dalam berkreasi daripada akun-akun penyebar sensasi. 

BERBAGI INFORMASI YANG BERMANFAAT




Agak sulit mengatasi orang yang overthinking kayak Mak Bowgel, karena pikirannya bisa menjadi boomerang terhadap dirinya sendiri. Overthinking kadang tanpa sadar menggerogoti kewarasan yang ada. Oleh kerena itu, jangan anggap sepele apabila memiliki masalah ini. 

Solusi Mak Bowgel untuk menyalurkan bakat overthinkingnya itu adalah dengan berbagi informasi melalui media Blog seperti yang saat ini dia lakukan. Bedanya dengan masa dia hobbi bikin status adalah, dia menulis artikel yang bukan cuma pengalaman tapi juga informatif kepada pembaca. 

Berusaha untuk menyampaikan hal-hal yang positif supaya otaknya juga terlatih untuk selalu berpikir positif. Butuh waktu cukup lama untuk bisa menjadi orang yang lebih baik dari versinya terdahulu. Tapi usaha itu gak pernah sia-sia. 

Mak Bowgel memanfaatkan hobi menulisnya dang menuangkannya dalam format Blog dengan berbagai kategori yang dia kuasai. Seperti yang sudah Bowgel ungkapkan tadi, " bahwa dia menghindari membicarakan topik yang bukan keahliannya. 

Dengan semangat berbagi, akhirnya Mak Bowgel melahirkan 2 Blog dengan niche yang berbeda. Yang pertama tentang pengalamannya terlepas dari jeratan yang membuatnya hampir gila, yang kedua tentang hal yang kini menjadi hobi menghasulkan untuknya. 

Berbagi informasi juga menjadi proses belajar Mak Bowgel. Dengan terus memberikan informasi positif, dia berharap bisa belajar lagi tentang hal baru yang bisa dia bagikan kepada semua orang. Dengan begitu dia merasa hidupnya lebih bermanfaat dibandingkan ribut ngurusin hal yang bukan bidangnya. 

MENDEKATKAN DIRI KEPADA YANG MAHA PENCIPTA


Tak ada obat yang paling mujarab kecuali kembali meminta jalan petunjukNya. Entah berapa lama Mak Bowgel terkatung-katung dipersimpangan hidupnya dan dia linglung harus berjalan menuju ke arah mana. Alhamdulilah setelah dia bisa menemukan jalan ke Tuhannya, dia mula bisa hidup dengan hati yang lebih damai dan jiwa yang lebih sehat. 

Jika Mak Bowgel ditanya tentang peranan Agama dalam hidupnya, maka dia akan menjawab, " Agama adalah solusi setiap kegundahan dan kesehatan jiwanya ".

Kadang manusia itu memang harus hidup yang tak berlebihan supaya tetap waras. Dan agama bisa membantu manusia untuk menawarkan cara hidup yang lebih damai. 

Tanpa mengikuti aturan-aturan yang ada dalam Agama, manusia berpotensi menjadi gila karena terlalu berlebihan dalam menjalani hidup. Kita jadi bingung berpegangan terhadap kepercayaan yang seperti apa. Kita jadi gak punya tujuan hidup karena bingung menentukan langkah ingin kemana. Kita jadi hidup tanpa arah yang jelas dan mudah tersesat di dalamnya.

Berlebihan dalam menyikapi hal yang berhubungan dengan agama juga berdampak tidak baik, oleh sebab itu dari awal Bowgel sudah mengatakan bahwa jika kita memiliki batasan yang kita buat sendiri, maka kita bisa hidup lebih damai. Sesuatu yang berlebihan membuat kita jadi kelelahan yang berakibat pada hilangnya kewarasan. 

Oleh sebab itu. Berbuatlah sewajarnya, hiduplah sewajarnya, dan jangan lupa untuk terus menyebarkan kebaikan. 


cerita si bowgel

 Let's Your Creativity Spark With Bowgel

0 comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.