CAT GOUACHE, APAKAH SAMA DENGAN CAT POSTER ?

cat gouache adalah


Art Blog Indonesia - Hello Bowgella ! Cat Gouache, apakah sama dengan cat poster ? - ewafebriart. Apakah kalian sudah pernah mendengar tentang cat gouache ? apa saja karakteristiknya ? lebih baik mana dibandingkan dengan cat air ? Apakah cat gouache sama dengan cat poster ? Yuk kita ulik penjelasannya !

CAT GOUACHE 


Dari beberapa artikel yang pernah saya baca, Gouache memang selalu identik dengan cat poster. Namun kenyataannya, ternyata kedua tipe cat ini memiliki karakter yang sedikit berbeda. 

PENGERTIAN CAT GOUACHE


gouache painting



Cat Gouache adalah cat waterbased (berbasis air) yang memiliki karakter pigmen opaque atau solid, hampir semua warna. Maka jangan heran jika hasil warnanya pun lebih pekat dan menutupi media kertas. 

Gouache pada jaman dahulu sering digunakan untuk membuat poster iklan karena hasil warnanya yang solid. Dan biasanya memiliki efek matt setelah kering. Terbuat dari pigmen warna yang dicampur dengan binding agent, yaitu Gum arabic

Salah satu karakter yang mencolok dari Gouache adalah warnanya akan sedikit berubah jika sudah kering. Mungkin dikarenakan pigment warna yang solid, yang membuatnya berbeda saat basah dan kering.

PENGERTIAN CAT POSTER



Cat Poster adalah cat waterbased yang memiliki karakter pigmen transparant dan opaque. Seperti halnya cat acrylic, namun cat poster ini tidak water resistant setelah kering.

Pada dasarnya Gouache dan cat poster ini serupa. Karena dulunya Gouche sering digunakan untuk membuat poster, maka tak heran banyak orang yang menyebutnya poster paint juga. Namun, jika ditilik dari karakter pigmennta, maka Gouache dan Poster paint (yang sekarang) berbeda.




INGIN BELAJAR TENTANG ART MATERIAL DAN IDE-IDENYA BERSAMA SI BOWGEL DAN IWAWA ? 



PERBEDAAN CAT GOUACHE DAN CAT POSTER


Nah dari 2 definisi di atas kita sudah bisa mengambil kesimpulan bahwa, cat poster dan gouache ini memiliki sedikit perbedaan. Terutama yang terletak pada karakter pigmennya. 

Perbedaan cat Gouache dan Cat Poster :

  • Cat poster memiliki 2 karakter pigment, sementara cat gouache hanya memiliki pigment yang opaque saja. 
  • Beberapa warna cat poster yang akan terlihat cerah/vibrant di atas kertas berwarna terang, sementara gouache bisa muncul karena pigmennya yang solid. 
  • Cat poster umumnya berada dalam bentu botol, sementara gouache berbentuk tube. 

Itu 3 perbedaan yang paling mencolok antara cat Gouache dan poster color. Kenapa dianggap sama ? Karena ada beberapa produk (Color And Co dari Lefranc), yang menyebutkan nama lain gouache adalah poster color. 

PERSAMAAN CAT GOUACHE DAN CAT POSTER


Kalo kita udah membahas tentang perbedaan, kok rasanya gak lengkap kalo belum membahas tentang persamaannya. 

Persamaan Cat Gouache dan Cat Poster

  • Sama-sama Waterbased. 
  • Sama-sama tidak waterproof.
  • Sama-sama diaplikasikan di atas kertas.
  • Sama-sama untuk melukis (hihihi... ).
  • Sama-sama bisa digunakan lagi jika sudah kering.

Bagaimana teman-teman apakah ada yang memiliki pendapat berbeda tentang cat Gouache ini ? Kalopun ada, ya gak masalah.. Hahaa.. bebas berpendapat mah. 

Yang pasti, jika kalian ingin mendapatkan hasil lukisan dengan warna pastel ataupun solid, gunakanlah Gouache sebagai medianya. Kalo juga bisa mixed media dengan cat air maupun cat poster jika ingin mendapatkan kesan transparant dalam obyeknya. 

Semoga informasi tentang media Gouache hari ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Jangan lupa subscribe, untuk mendapatkan informasi terlengkap seputar media lukis dan lainnya. Ada juga freebie buat kamu loh. So jangan sampai ketinggalan. 


ewafebriart


 Let's Your Creativity Spark With Bowgel

0 comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.