5 JENIS PENGENCER CAT MINYAK LUKIS

pengencer cat minyak


Art Blog Indonesia - Hello Bowgella ! 5 Jenis Pengencer Cat Minyak Lukis. Tahukah kamu apa yang digunakan untuk mengencerkan cat minyak ? Hihi.. yang pasti bukan minyak goreng ya ? Ada beberapa jenis pengencer cat minyak yang harus kamu ketahui. Ini dia ulasannya. 

5 JENIS PENGENCER CAT MINYAK LUKIS


medium for oil painting


Dari beberapa jenis media yang digunakan untuk melukis, cat minyak merupakan media yang paling banyak material tambahannya. Ada minyak pengencer, cairan pembersih khusus, belum lagi printilan seperti varnish lukisan dll. 

Kali ini Bowgel ingin memberikan beberapa contoh pengencer cat minyak beserta perbedaannya. Supaya kalian lebih mudah menentukan pilihan mana yang akan digunakan. 

REFINED LINSEED OIL 




Perlu diketahui bahwa perbedaan mendasar tentang pengencer cat minyak ini sebagian besar terletak pada waktu pengeringannya. Ada yang cepat, sedang dan lama banget. Kita mulai dari yang paling lama kering ya. 

Refined Linseed Oil atau orang Indonesia sering menyebutnya dengan istilah Linoil adalah pengencer minyak yang paling lama kering dibandingkan jenis lainnya. Nama ini sering digunakan oleh produk Winsor And Newton. Biasanya setiap Brand memiliki istilah yang berbeda. 

Selain lama kering, Refined linseed oil ini juga menghasilkan warna yang lebih glossy.

Jadi ada 3 poin tentang Refined Linseed oil ini : 

  • Mengurangi kepekatan warna pada cat.
  • Menambah transparansi pada pigment warnanya. 
  • Waktu pengeringan lebih lama. 


Nah, ini cocok banget digunakan untuk pelukis yang membutuhkan waktu proses lama. Atau bisa saja buat kamu yang hobbi melukis tapi juga seorang pekerja yang gak langsung menyelesaikan lukisannya dengan cepat. 

Kalian bisa melanjutkan melukis di kemudian hari tanpa takut cat gak bisa di-blending lagi.

PAINTING MEDIUM 


painting medium oil color
Credit Amazon


Jika dibandingkan dengan refined linseed oil, painting medium bisa lebih cepat kering. Meski begitu, kecepatannya tak bisa diukur dengan jam, tapi beberapa hari.

Misalnya saja, kalo refined linseed oil butuh sekitar 1 minggu lebih untuk kering, maka painting medium bisa antara 3 - 4 hari kering (ini bukan perhitungan mutlak ya ?).

Pada cat minyak, waktu kering tak hanya dipengaruhi oleh jenis pengencernya saja, tapi juga tebal tipisnya cat yang digunakan. Jadi jangan heran, kadang ada lukisan yang butuh satu bulan lebih untuk kering. 

LIQUIN


liquin original


Jenis pengencer ini berbentuk seperti gell berwarna coklat kemerahan. Meski begitu, apabila dicampur dengan warna cat minyak, oil ini akan berubah jadi seperti minyak biasa.

Yang membedakan Liquin dengan minyak lainnya adalah sifatnya yang cepat kering.

Jika Painting Medium menghasilkan karya yang cepat kering dan lebih satin (tidak glossy juga tidak matt), maka Liquin ini menghasilkan lukisan yang lebih mengkilap atau glossy.

Buat kalian yang pingin banget menggunakan cat minyak dengan proses pengeringan lebih cepat, belilah Liquin.

Liquin sebenarnya ada 2 jenis yang Bowgel ketahui.


  • Liquin Original berbentuk gell dalam botol.
  • Liquin Oleopasto berbentuk layaknya tube cat namun transparant. 

Jika Liquin original berfungsi untuk mencairkan cat lukis, Liquin Oleopasto berfungsi untuk mempertebal efek cat lukisnya. Sehingga bisa menciptakan volume pada warna yang digunakan. 

Oleopasto sering dimanfaatkan untuk melukis menggunakan pisau palet, karena sang pelukis butuh cat yang lebih kental namun bisa menambah transparansinya. 


POPPY OIL




Sama seperti namanya, Poppy Oil terbuat dari biji bunga poppy yang diambil sari minyaknya.

Karakter minyak jenis Poppy adalah sebagai berikut :


  • Warna minyak lebih bening dibandingkan refined linseed oil dan painting medium.
  • Bau minyak lebih bersahabat atau wangi dibandingkan jenis minyak lainnya. 
  • Hasil lukisan lebih glossy. 
  • Waktu pengeringan standar, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama.
  • Harga lebih mahal dibandingkan jenis minyak lainnya. 

Jika kalian ingin hasil glossy (mengkilap) dan tidak ingin bau yang sangat menyengat, gunakanlah Poppy oil sebagai mediumnya.

BACA JUGA : 7 TIPS MEMILIH PERALATAN CAT MINYAK UNTUK PEMULA

BLEACHED LINSEED OIL




Waktu pengeringan Bleached Linseed Oil lebih cepat jika dibandingkan dengan Refined Linseed oil. Hasilnya pun lebih glossy.

Sayangnya Bleached Linseed tidak disarankan untuk digunakan murni sebagai medium. Oil ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan medium yang harus dicampur dengan turpentine atau white spirit.

Penggunaan Bleached Linseed yang berlebihan bisa menyebabkan kanvas menjadi bergelombang (keriting). Ini dikarenakan kandungan minyak murni yang digunakan melebihi 40% dibandingkan jenis minyak lainnya.



INGIN BELAJAR TENTANG ART MATERIAL DAN IDE-IDENYA BERSAMA SI BOWGEL DAN IWAWA ? 


CATATAN PENTING 


Jadi, jika kalian ingin membuat campuran minyak sendiri, gunakanlah Bleached Linseed Oil. Kalian bisa menambahkan campuran seperti turpentine dan white spirit sesuai kebutuhan sendiri.

Peringatan :

Turpentine ataupun White Spirit yang terlalu banyak bisa menyebabkan cracking pada lukisan.

Itulah 5 jenis minyak yang digunakan untuk mencairkan oil paint. Gunakan minyak sesuai kebutuhan kamu. Jika ingin hasil cepat, belilah Liquin. Jika butuh waktu lama untuk kering, gunakanlah refined linseed, dsb.

Terima kasih sudah membaca, sampai ketemu lagi dengan informasi tentang art material yang berbeda.

Credit Gambar Pengencer : 

 Let's Your Creativity Spark With Bowgel

0 comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.