ACRYLIC'S MEDIUMS

ACRYLIC'S MEDIUMS



Blog Seni Indonesia - ewafebriart.com | ACRYLIC'S MEDIUMS.

Sama halnya seperti cat air dan cat minyak yang memiliki medium yang bisa dicampur, cat acrylic pun memiliki beberapa jenis medium yang bisa digunakan. Apa saja sih medium yang bisa digunakan oleh cat acrylic selain air ? berikut ini beberapa medium dan material yang bisa digunakan bersamaan dengan cat acrylic. 

ACRYLIC'S MEDIUMS


Salah satu hal yang menyenangkan ketika kita bermain dengan medium yang berbeda-beda adalah dengan bereksperimen terhadap material itu sendiri. Hal ini bisa membantu kita dalam menemukan karakter maupun ciri khas kita sendiri. 

Untuk bereksperimen, kita membutuhkan medium tambahan selain cat pokok yang kita gunakan. Pun berlaku dalam pembuatan karya menggunakan cat acrylic. Nah, kira-kira medium apa saja yang bisa kita manfaatkan untuk bereksperimen ? berikut ini di antaranya :


MATT & GLOSS MEDIUM 

acrylic gell medium



Jika kalian ingin mendapatkan hasil lukisan yang memiliki efek tertentu, misalnya dope (matt) atau mengkilap (glossy), kalian bisa memanfaatkan medium cat acrylic dengan pilihan matt maupun gloss. Fungsi medium ini adalah untuk menciptakan transparansi pada cat acrylic tanpa membuat cat menjadi terlalu cair. 

Selain itu juga bisa memudahkan menggerakkan kuas sesuai dengan keinginan kita. Biasanya medium Gloss maupun matt juga tersedia dalam bentuk yang lebih tebal (pasta) sehingga bisa kita fungsikan menjadi tekstur atau memberi tambahan volume pada cat. Medium ini disebut juga dengan Heavy Gell Medium dan Extra Heavy Gell medium. 

Sebagian seniman memanfaatkan heavy gell medium sebagai perekat atau binder di saat mereka menggunakan teknik Mixed media. Tak hanya itu, mereka juga menggunakannya sebagai transfer media di atas kayu maupun material lainnya. 


RETARDER


Jika dibandingkan dengan cat minyak, cat acrylic memiliki waktu pengeringan yang lebih cepat. Oleh karena itu dibutuhkan medium yang memperlambat proses pengeringan pada cat. Apalagi ada sebagian pelukis yang ingin memiliki waktu lebih lama dalam proses berkaryanya. Maka retarder dibutuhkan untuk memperlambat waktu pengeringan catnya. 

Meskipun begitu, waktu pengeringan ini tetap "lebih cepat" dibandingkan keringnya cat minyak ya ? Jika cat minyak butuh beberapa hari, maka retarder bisa memperlambat beberapa menit atau jam tergantung jumlah yang digunakan. 

REMOVER


Kadang kita suka jengkel kalo memiliki kuas bagus trus lupa cuci setelah digunakan melukis cat acrylic ya ? Karena sudah bisa dipastikan, kuas akan terasa sangat kaku dan seperti ada plastik yang lengket. 

Dalam dunia acrylic ada medium yang bisa digunakan untuk membantu menghilangkan cat yang menempel dikuas. Namanya, Acrylic Remover. Medium ini juga bisa kalian gunakan saat ingin mengangakat cat acrylic yang salah namun terlanjur kering. Akan tetapi kalian harus berhati-hati saat menggunakannya. Apabila kalian salah strategi, maka cat acrylic pada lukisan kalian yang sudah jadi malah ikuta terangkat, hehehe.. 

POURING MEDIUM


Pouring Medium



Pernah mendengar jenis medium yang satu ini ? hihi.. Jika kalian sering menonton video di youtube dan mendapati lukisan abstract yang spontan memberikan kesan bubble, maka kalian bisa mengetahui fungsi dari jenis medium ini. 

Yup ! belakangan ini kita sering menemukan teknik pouring saat membuat lukisan abstract yang memiliki tekstur spontan, berwarna-warna dan seperti bubble yang tak beraturan tapi indah. Untung bisa menghasilkan tektur bubble dan tidak membuat warna acrylic bercampur satu sama lain saat dicampur dibutuhkan medium tambahan. 

Sebagian seniman menggunakan medium olahan sendiri dari cairan silikon, tapi sebagian yang lain memanfaatkan medium khusus seperti Pouring medium ini. 

Mengapa Pouring Medium ? 

Saat kalian menggunakan teknik Pouring maka cat acrylic dibutuhkan cat yang lebih cair (liquid) dibandingkan keketanlan cat acrylic pada umumnya. Dan yang kita ketahui bahwa cat acrylic bisa dibuat lebih cair dengan menambahkan air saja (waterbased). Namun hal ini akan menjadi masalah jika kalian menggunakan teknik pouring. Karena pigmen warna pada cat acrylic tidak akan terikat. 

Berbeda hasil jika kalian menambahkan Pouring medium sebagai bahan pengencernya. Karena fungsi mediumnya juga sebagai binder pigmen atau pengikat pigmen, jadi warna tetap solid meskipun jenis cat lebih terlihat cair. 

CRACKLE MEDIUM 

Kalian ingin membuat tektur lukisan ala-ala pecah seribu ? atau tekstur retak dengan muncul 2 warna yang berbeda ? Nah kalian bisa menggunakan medium jenis ini. Medium ini ada yang berbentuk seperti cairan (oil medium) produk dari decorfine (Royal Talens), ada juga yang sudah berbentuk pasta produk dari Galeria, Winsor And Newton. 

Jadi, apabila kalian ingin mendapatkan efek retak (warnanya) saja, maka kalian bisa menggunakan produk dari decorfine. Akan tetapi jika kalian ingin memiliki efek retak dengan adanya tekstur, maka gunakan produk dari Galeria. Keduanya memiliki hasil yang berbeda meskipun fungsinya sama. 


TEXTURE PASTE


Berencana membuat lukisan dengan efek tebal namun memiliki tekstur yang kasar ? Kalian bisa memanfaatkan Texture Paste. Hampir setiap brand rasanya menyediakan jenis tektur ini kok Gaes. Karakter  medium ini biasanya berwarna putih, memiliki teksture kasar seperti pasir putih yang halus. 

Bahkan ada juga beberapa seniman yang menggunakan bubuk marmer sebagai ganti dari medium ini. Hasilnya mirip memang, memiliki tektur kasar. Cocok saat kalian ingin membuat bentuk object batuan dengan hasil seolah 3D.

MODELLING PASTE


Modelling Paste adalah medium acrylic yang berfungsi untuk memberikan volume atau terkesan memiliki bentuk 3D pada lukisan. Medium ini berbentuk pasta dan memiliki warna putih. Secara karakter mirip dengan heavy gell medium. Yang membedakan terletak pada warnanya. 

Jika heavy gel medium akan menjadi transparant saat mengering, maka modeling paste memiliki warna putih dan akan mempengaruhi hasil warna (lebih pastel) apabila dicampur langsung dengan cat acrylic. 

Modeling paste tak hanya berfungsi memberikan tekstur pada lukisan akan tetapi juga bisa menjadi perekat apabila kalian menggunakan teknik mixed media. Apabila kalian tidak ingin hasil warna yang mengalami perubahan, maka pengaplikasian modelling paste bisa digunakan terlebih dahulu sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Apabila sudah kering baru kemudian diwarnai dengan cat di atasnya. 

Khusus untuk teknik pengaplikasian yang dilakukan lebih dahulu, cat yang digunakan untuk mewarnai tidak hanya jenis acrylic saja, akan tetapi juga bisa untuk teknik cat minyak.

KESIMPULAN 


Itulah tadi beberapa medium pada cat acrylic yang bisa kalian gunakan. Ada yang bisa dicampur langsung, ada juga yang diaplikasikan terlebih dahulu baru kemudian diwarnai dengan cat acryic. Kalian bisa bereksperimen sendiri sesuai dengan imajinasi yang dimiliki. Semoga postingan ini bisa bermanfaat buat kita semua. 

HAPPY PAINTING !

0 Comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

AFFILIATE