APA SIH CAT TEMPERA ?

APA SIH TEMPERA ?



Blog Seni Indonesia - ewafebriart.com | APA SIH CAT TEMPERA ?

Apa sih Tempera ? Kok namanya semacam obat penurun panas ? Hihi.. sebelum kalian berpikir yang tydac-tydac, mendingan kita baca sampai habis yuks ! 

APA SIH CAT TEMPERA ?


Tempera adalah cat waterbased (mudah larut dalam air) yang memiliki pigment opaque (solid) dan menghasilkan warna lebih chalky (berkapur) ketika cat mengering. Cat ini memiliki sifat watersoluble dan tidak permanent ketika sudah kering. 

Jika dilihat hasil gambar yang menggunakan tempera, mungkin kita akan mengira bahwa lukisan menggunakan medium dari cat Gouache. Karena kedua jenis cat ini serupa tapi tak sama. 

SEJARAH CAT TEMPERA



Cat tempera merupakan cat yang cepat kering paduan dari pigmen warna dan binder yang bersifat waterbased. Dalam hal ini binder cat tempera pertama kali adalah kuning telur atau egg yolk. Makanya tak heran jika tempera disebut juga dengan egg tempera. 

Lukisan dengan cat tempera banyak dijumpai di Sarkofagus bangsa Mesir. Bahkan pada abad 3, tempera digunakan untuk membuat Mural di Duro Europos, Syria. Pada abad sekitar 4 dan 10 juga ditemukan gambar yang menggunakan tempera di Gua Bagh, India.

Pada masa modern, tempera tidak lagi menggunakan egg yolk (kuning telur) sebagai medium pencampurnya. Bahkan di Amerika Serikat, Tempera juga disamakan dengan poster paint. 

Baca Juga : 

PERBEDAAN TEMPERA DENGAN CAT GOUACHE


egg tempera daler rowney
Credit : Dalerrowney.com



Pada dasaranya kedua cat ini memiliki banyak kesamaan. Yang membedakan terletak pada material bindernya. Dalam pembuatannya Tempera menggunakan binder (egg yolk) kuning telur. Bahkan di versi modern saat ini ada juga yang menyebutkan bahwa pembuatan tempera merupakan perpaduan antara pigmen powder dan lem (glue).

KARAKTERISTIK TEMPERA 

  • Waterbased
  • Cepat kering
  • Mudah retak jika dibandingkan dengan Gouache
  • Pigment warna Opaque (Solid)
  • Medium menggunakan kuning telur/egg yolk (Traditional tempera) atau binder glue (dextrin) tempera masa kini. 
  • Bisa digunakan di atas kayu.
  • Tahan lama apabila disimpen dengan baik.
  • Umumnya cat disediakan dalam bentuk tube ataupun botol
  • Beberapa brand memproduksi tempera yang aman untuk anak-anak (non toxic), mereka bisa menggunakannya untuk membuat karya dengan finger print.


Sementara Goauche merupakan cat air yang memiliki sifat opaque dengan binder menggunakan gum arabic atau dextrin

Kesimpulannya kedua jenis cat ini sama-sama watersoluble, opaque dan cepat kering. Yang membedakan terletak pada bindernya dan medium yang digunakan. Karena umumnya Tempera sering digunakan untuk melukis di kayu. Sementara Gouache hanya cocok di kertas saja.

KESIMPULAN 


Cat Tempera memiliki pigmen warna yang lebih solid dibandingkan cat air, dan serupa dengan cat gouache hanya saja lebih chalky (berkapur) ketika kering. Ini dikarenakan medium bindernya menggunakan kuning telur. 

Jika Gouache lebih cocok untuk material kertas, cat tempera justru bisa digunakan dipermukaan kayu seperti cat acylic. Di Indonesia sendiri cat jenis ini kurang diminati dibandingkan cat gouache yang sedaang ngetrend baru-baru ini. Meskipun begitu, hasil lukisannya pun tak kalah indah dibandingkan medium lainnya. 

Semoga postingan tentang art material ini bisa menambahkan referensi kita dalam memilih medium lukis. Dan semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semuanya. Selamat mencoba dan selamat berkarya !

0 Comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

AFFILIATE