STAY MOTIVATED

STAY MOTIVATED



Blog Seni Indonesia - ewafebriart.com | STAY MOTIVATED.

Kita seringkali mengalami pasang surut motivasi untuk melakukan sesuatu. Atau sering juga dikatakan  bahwa kita kehilangan mood untuk melakukan sesuatu. Buat saya, kondisi ini seringkali terjadi dan bahkan bisa membuat jadi frustasi. Tapi paling tidak saya memiliki beberapa cara untuk bisa kembali produktif lagi. 

STAY MOTIVATED


Motivasi adalah sesuatu yang tak kasat mata yang mampu mendorong kita untuk menyelesaikan atau menghasilkan sesuatu. Lebih tepatnya berhubungan dengan emosi kita dalam hal mencapai sesuatu. Kadang motivasi ini berasal dari luar diri kita. Alias dari lingkungan sekitar, tapi kadang juga berasal dari dalam diri kita sendiri. 

Kondisi ini juga bisa berubah setiap saat tanpa bisa kita cegah. Datang dan pergi sesuka hati, apalagi kalo ada suatu kondisi yang mempengaruhi keinginan tersebut. 

Inilah yang sedang saya alami saat ini, kehilangan motivasi untuk berkarya lagi. Mungkin saya harus mencarinya lagi atau justru saya harus mengganti motivasi itu sendiri ? 

Jika sebelumnya motivasi itu saya dapatkan dari luar diri saya sendiri, sekarang saya harus mengubah segalanya supaya lebih masuk akal. Menumbuhkan motivasi dari dalam memang tidak gampang. Saya harus mencari alasan yang tepat untuk tidak menyerah. Bukan karena orang lain, tapi karena diri sendiri.


ME TIME


Mungkin hal yang bisa membantu untuk bisa memahami apa yang kita inginkan adalah dengan cara menyendiri. Mengingat kembali apa hal yang terpenting buat kita ? apa yang mampu mengubah diri kita ? potensi apa yang bisa kita kembangkan dalam diri kita ? sebelum akhirnya kita berkontribusi pada orang lain. 

Beberapa waktu lalu saya membaca sebuah kutipan dari Rumi, "Yesterday I was clever, so I wanted to change the world. Today I am wise, so I am changing myself.

Quotes Rumi membuat saya merasa "terlalu sok iye" di masa-masa sebelumnya. Pas baca rasanya seperti ditampar dengan keras , "PLAAAKK..!!".

Bagi anak ingusan seperti saya ini, memiliki mimpi membangun dunia itu terlalu muluk-muluk. Ah yang benar saja Evva ! bahkan untuk membangun mimpi sendiri sja, saya butuh mood yang baik supaya lancar. Lah.. Ini lagi malah ingin membangun dunia ! Haduh Vva.. ! Bangun Vva !

Itu sebabnya, saya harus membuat target yang achievable, salah satunya ya mengubah diri sendiri lebih dulu. Dengan mengubah diri sendiri, setidaknya saya bisa mejadi pribadi yang lebih baik.

Saya sadar hal yang dipaksakan itu tak akan pernah mendapatkan hasil yang baik, tapi justru malah banyak menyusahkan orang lain. Ini yang harus saya pahami, bahwa tak semua niat baik saya itu bisa bermanfaat untuk orang lain, tapi kadang justru malah merugikan oran lain. 

MENEMUKAN MOTIVASI


Ini tahapan yang paling sulit sebenarnya. Menemukan kembali motivasi yang sebelumnya sudah hilang. Kali ini motivasi itu justru ingin saya temukan dalam diri sendiri, bukan karena faktor luar. Dan entah kenapa, membangunnya itu penuh perjuangan. 

Padahal kalo dipikir, dulu saya bisa menemukannya dengan mudah. Saya bisa membuat karya dengan rasa bahagia dan lepas. Tapi sekarang, excitement itu sudah tidak saya temukan lagi.. 😭😭.. tapi di sisi lain, saya belum ingin menyerah. 

Yang menjadi masalah adalah semakin saya paksa untuk tetap berkarya, semakin hilang keinginan saya untuk memulainya. Hiks.. Tadinya saya berharap, ketidaknyamanan saya terhadap sesuatu mampu saya illustrasikan dalam bentuk gambar, tapi justru yang saya rasakan sebaliknya. Bahkan untuk mengangkat pensil saja rasanya sangat tersiksa. 

Adakah yang merasakan fase seperti saya ? 

Untuk mengatasi masalah ini, saya mengikuti hati kecil saja. Dengan tidak memaksakan diri terlebih dahulu dalam hal membuat illustrasi atau gambar. Yang saya lakukan sekarang adalah menemukan motivasi di bidang lainnya, seperti membaca, menulis, atau belajar hal lainnya. 

Paling tidak dengan cara ini, saya tetap memiliki motivasi untuk produktif. Ya kan, produktif gak harus tentang membuat gambar saja, bahkan membaca juga bisa menjadi gerbang menuju produktivitas (😂 atur aja Vva). Syukur-syukur saya mampu menemukan motivasi berkarya dengan lebih cepat.

Satu hal yang saya sadari bahwa, semakin saya paksa untuk melakukan sesuatu, justru saya malah kehilangan rasa excitement dan kebahagian dalam melakukannya. Hal itu membuat saya semakin tersiksa dan walhasil malah tidak pernah saya lakukan, karena sangat menyakitkan. 

Rasanya sangat lucu memang, kadang saya merasa seni bisa menjadi alat terapi, tapi kadang justru seolah menjadi duri. Apakah ada yang salah dengan otak saya ? atau ini hanya perasaan dek Evva saja ? Entahlah...

KESIMPULAN


Kalo saya pikir-pikir lagi, menemukan ide itu lebih mudah dibandingkan mendapatkan motivasi. Ketika motivasi hadir, rasanya otak itu bisa diajak kerjasama dan kerja keras mendapatkan ide. Namun ketika motivasi itu hilang, bahkan beberapa idepun serasa menguap begitu saja tanpa sempat tereksekusi dengan baik. 

Buat kalian yang pernah merasakan fase seperti yang sedang saya alami, adakah cara lainnya untuk bisa menemukan motivasi dalam diri sendiri ?

Entah kenapa saya merasa, motivasi dari faktor luar itu mudah lenyap dibandingkan motivasi yang ada dalam diri kita sendiri. Dan saya sedang berjuang menemukan kembali motivasi yang dulu pernah hadir dalam diri saya. Doakan ketemu ya Gez.. !

Owh iya, by the way.. Berhubung Blog ini bentuknya personal, jadi jangan heran kalo apa yang saya tulis kadang tidak menghadirkan solusi, tapi justru berbentuk curhatan, seperti yang saya tulis saat ini. Hihihi.. Saya hanya ingin menyingkapkan bahwa, Blog ini tidak dikendalikan oleh robot tapi manusia. Jadi ya gitu deh isinya.. hahaha.. 


0 Comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

AFFILIATE