CARA MUDAH MENGGUNAKAN CAT POSTER

cara menggunakan cat poster


Art Blog Indonesia - ewafebriart.com. CARA MENGGUNAKAN CAT POSTER. Sebenarnya mudah saja, tinggal ditambahkan air. Mengingat cat poster memang waterbased. Namun berikut ini ada tips dan trik buat kalian yang ingin menggunakan cat poster.

CARA MUDAH MENGGUNAKAN CAT POSTER


Poster paint merupakan cat berbasis air atau waterbased. Jadi penggunaanya cukup menggunakan air saja. Atau jika ingin warnanya lebih tebal, tak perlu ditambahkan air lagi, cukup dengan membasahi kuasnya.

CARA MUDAH MENGGUNAKAN CAT POSTER


Pada dasarnya cara menggunakan cat poster sama saja seperti cat air yang kita butuhkan adalah air untuk melarutkan pigmennya. Adapun step by stepnya bisa seperti di bawah ini : 

  1.  Siapkan alat-alatnya seperti cat poster, kuas, buku/bidang gambar yang akan diwarnai, palet pencampur warna dan tentu saja air. 
  2. Pisahkan air menjadi 2 bagian, yang pertama untuk mencuci kuas, yang lainnya untuk ditambahkan pada cat poster. Mengapa dipisah ? supaya air yang digunakan untuk mewarnai tidak campur aduk dan kotor. (kalo saya sering menggunakan bantuan spray).
  3. Ambil warna yang ingin digunakan di atas palet pencampur warna, kemudian tambahkan air sesuai kebutuhan kita. (jika warna ingin lebih transparan, artinya air yang ditambahkan lebih banyak. Tapi jika ingin warna lebih tebal, gunakan sedikit air saja.
  4. Kuas pada bagian area yang ingin diwarnai.
  5. Dan gambar kamu pun lebih berwarna dari sebelumnya, hehehe... 

TIPS MENGGUNAKAN CAT POSTER DAN CAT AIR SECARA BERSAMAAN  


Tentang penggunaan cat poster, saya juga sudah pernah membuat videonya. Kalian bisa cek video di bawah ini.




Di dalam video di atas saya menggunakan cat poster merk sakura dan berwarna metalik emas.

APAKAH CAT POSTER BISA DIGUNAKAN BERSAMAAN DENGAN CAT AIR ? 


Jawabannya : BISA !

Cat poster dan cat air merupakan cat berbasis air atau waterbased.

Yang membedakan antara cat air dan cat poster adalah,

" Cat poster memiliki pigmen yang transparan dan opaque (tergantung warnannya) seperti acrylic, sementara cat air hanya memiliki warna transparant saja. " ~ ewafebriart.com 

Selengkapnya tentang serba serbi cat poster, saya pernah membahasnya di Kelebihan dan Kekurangan menggunakan cat poster. 

KESIMPULAN


Cat poster memiliki karakter waterbased yang bisa dicampur dengan cat yang memiliki karakter yang sama juga.

Walaupun begitu, ada beberapa pigmen dari brand tertentu yang tak mudah berbaur satu sama lainnya. Ini bisa terjadi karena kualitas pigmennya atau bahan bindernya yang tidak bisa berbaur.

Semoga postingan ini bisa membantu kalian semua. Jika ingin menyaksikan video lainnya, cari di bagian menu navigasi ya ? Atau klik link video ini.

SELAMAT BERKARYA 

0 comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.