PERBEDAAN CAT POSTER DAN CAT ACRYLIC

Perbedaan cat poster dan cat acrylic



Blog Seni Indonesia - ewafebriart.com | PERBEDAAN CAT POSTER DAN CAT ACRYLIC.

Setelah sekian lama saya tidak membahas tentang art material. Akhirnya saya punya kesempatan untuk mengulik jawaban dari beberapa pertanyaan yang sering dicari di mesin pencarian tentang perbedaan cat poster dan cat acrylic. Yuk siap catat ya ! Hahaha


PERBEDAAN CAT POSTER DAN CAT ACRYLIC


Sebagai Blog yang mendefinisikan dirinya Blog seni, masa iya saya tidak membuat tulisan yang berhubungan dengan art material. Hahaha.. Setelah beberapa kali saya mengupdate tulisan tentang perspektif, sudah saatnya menambah data baru tentang art materialnya. Kali ini saya akan membahas tentang perbedaan cat poster dan cat acrylic.

Sebagai bahan tambahan, saya juga akan mengingatkan kembali tentang kedua jenis cat ini ya ? Agar memori kita kembali menyatu, halah.. hahaha.. Ya paling nggak biar nanti kita bisa menyimpulkan perbedaannya tanpa harus buka tutup link tulisan lainnya. Hihihi..

CAT POSTER

Cat poster adalah cat berbasis air yang umum digunakan untuk membuat ilustrasi maupun melukis di atas kertas. Cai jenis ini memiliki dua jenis efek warna, yaitu opaque dan transparant. Cat ini sejenis cat air sebenarnya.

Di beberapa negara cat poster disamakan dengan cat Gouache ataupun tempera. Namun pada dasarnya ketiganya tersebut memiliki perbedaan meskipun tidak banyak. Cat poster adalah jenis cat yang paling sering kita temukan di toko-toko ya ? Dan cat yang paling umum digunakan di sekolah juga, dibandingkan jenis cat lainnya.

Di bandingkan cat acrylic, cat poster lebih aman digunakan untuk anak-anak karena watersoluble dan mudah dibersikan apabila mengenai baju maupun anggota tubuh lainnya. Meskipun sudah mengering, cat poster masih bisa dibersihkan seperti halnya cat air. Sementara cat acrylic butuh bahan khusus seperti acrylic remover untuk menghilangkannya.

CAT ACRYLIC

Cat acylic adalah cat berbasis air yang memiliki sifat water resistant. Tidak mudah luntur oleh air apabila sudah kering kecuali saat berada di permukaan yang halus, seperti kaca, plastik ataupun besi.

Jenis cat ini umum digunakan di atas kanvas, meskipun bisa juga diaplikasikan di media lainnya seperti kayu, kain, sterofoam, bahkan kertas. Hanya saja ketika kita aplikasikan di atas kertas, cat acrylic cenderung cepat mengering karena terserap ke dalam pori-pori kertas. Oleh sebab itu cat acrylic jarang digunakan di atas kertas untuk sistem blending, disebabkan waktu pengeringannya susah dikontrol.

PERBEDAAN DAN PERSAMAANNYA

Secara garis besar cat poster dan cat acrylic memiliki persamaan sifat “waterbased” atau watersoluble. Mudah dicampur dengan air. Meskipun pada cat acylic juga ada medium lainnya yang bisa digunakan sebagai pengganti air.

PERSAMAANNYA CAT POSTER DAN CAT ACRYLIC

  • Sama-sama memiliki sifat waterbased (berbasis air). Cat bisa dicampur dengan air apabila ingin digunakan.
  • Memiliki pigmen yang opaque dan transparant. Meskipun dalam acrylic nantinya bisa dibagi menjadi 4 jenis pigment karena adanya sifat semi (semi opaque dan semi transparant).
  • Kuas bisa dicuci dengan air.
  • Media bisa di atas kertas.
  • Memiliki banyak pilihan warna termasuk memilki warna fluorescent.
  • Cepat kering dibandingkan cat minyak.
  • Mudah dibeli di toko-toko.
  • Aman untuk anak kecil di atas 5 tahun (asal tidak dimakan ya ?)
  • Mudah dibersihkan apabila melekat di tangan.
  • Sama-sama bisa memanfaatkan Liquid Masking Film untuk mempertahankan area yang tetap putih.

PERBEDAAN CAT POSTER DAN CAT ACRYLIC

  • Cat acrylic water resistant jika sudah kering, sementara cat poster tetap luntur meskipun sudah kering
  • Cat acrylic bisa diaplikasikan di media yang berbeda-beda asal permukaannya mampu menyerap catnya dengan baik seperti di atas kardus, kertas, kain, kayu, kulit (dengan perlakuan khusus), sterofoam, dan kanvas. Sementara cat poster cocoknya untuk kertas, kardus, kain (tapi harus di-varnish) dan sterofoam.
  • Cat poster hanya memiliki dua jenis pigment, transparant dan opaque. Sementara cat acrylic memiliki 4 jenis pigment, yaitu : opaque, semi opaque, semi transparant dan transparant.
  • Cat acrylic yang sudah mengering di permukaan kuas akan sulit dibersihkan, sementara cat poster yang mengering di permukaan kuas mudah dibersihkan lagi dengan air.
  • Cat poster yang mengering masih bisa digunakan kembali meskipun bindernya sudah mengering dengan menambahkan air. Sementara cat acrylic yang sudah mengering akan menjadi seperti karet, cat sudah tidak bisa digunakan lagi.
  • Cat acrylic mudah digunakan untuk melukis dengan teknik 3D atau menggunakan pisau palet meski tanpa tambahan medium. Sementara cat poster sulit untuk dijadikan material lukisan 3D kecuali dengan tambahan medium seperti Heavy gell atau Modelling Paste.

Itulah beberapa persamaan dan perbedaan cat poster dan cat acrylic. Semoga uraian di atas bisa membantu teman-teman yang sedang mencari referensi untuk berkarya. Jangan lupa ada juga beberapa pengetahuan tentang art material yang lainnya.

Post a Comment

0 Comments