GESSO , BAHAN UNTUK KANVAS LUKIS

gesso adalah


Art Blog Indonesia - Hello Bowgella ! - Apa sih Gesso ? Dan apa pentingnya untuk proses melukis ? Haruskah kita membelinya ? Bagaimana cara aplikasinya ? Hmmm.. 

GESSO , BAHAN UNTUK KANVAS LUKIS


Apakah kalian memiliki deretan pertanyaan seperti di atas ? Kalo iya, jangan kuatir. Hari ini kita akan membahas tentang apa kegunaan Gesso dan bagaimana cara menggunakannya.  

PENGERTIAN GESSO


contoh gesso


Gesso adalah lapisan terluar kanvas yang berbentuk pasta dan berfungsi untuk menutup pori-pori kain supaya cat tidak mudah tembus ke belakang kain kanvas. Gesso merupakan lapisan primer yang wajib digunakan untuk membuat kanvas sehingga siap dilukis.

Karakter Gesso sebenarnya menyerupai Cat Acrylic. Perbedaannya terletak pada hasil akhir, di mana Gesso tidak memiliki efek Glossy setelah kering.

Ada 3 jenis Gesso yang umum diedarkan di Indonesia : 


  • Gesso Putih
  • Gesso Hitam
  • Gesso Transparant. 

Sementara untuk Brandnya ada banyak jenis. Misalnya saja Royal Talens, Winsor And Newton, Liquitex, Daler Rowney, Mont Marte hingga Maries.

KEGUNAAN GESSO 



fungsi gesso


Fungsi utama Gesso adalah menutupi rongga atau celah media sebelum dilukis, namun begitu ada beberapa fungsi Gesso yang digunakan oleh pelukis untuk berbagai kebutuhan seperti berikut ini :


  • Art Journaling. Tahukah kamu kalo Gesso juga digunakan di atas kertas ketika kita membuat Art Journal ? Hal ini dilakukan untuk membuat kertas lebih tebal dan kaku, meminimalisir cat tembus ke belakang kertas. Kalau kamu sering melihat tutorial Art Journaling yang membuat kertas journal terlihat tebal, itu karena sebelum dilukis, terlebih dahulu dilapisi dengan Gesso maupun Heavy Gell
  • Menciptakan Tekstur. Meskipun ini bukan menjadi tujuan utama Gesso diciptakan, namun beberapa pelukis menggunakan Gesso untuk mendapatkan tekstur tebal pada lukisan. Plus supaya cat warnanya lebih hemat juga. hahaha.. Mungkin ini terjadi karena karakter Gesso terlihat lebih padat dibandingkan Cat acrylic. Sayangnya, tak semua merk bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan ini. 
  • Repurpose Lukisan. Khusus untuk cat acrylic, kalian bisa menggunakan Gesso untuk membuat kanvas yang telah dilukis nampak baru kembali. Misalnya saja, kalian sebel sama lukisan karena merasa kurang maksimal. Nah, selain membeli yang baru, kalian bisa menggunakan Gesso untuk menutupi obyek yang rusak dan menggantinya dengan gambar baru. 
  • Restorasi. Jika kalian memiliki lukisan lama, namun ada bagian yang ingin diperbaiki, bisa juga menggunakan Gesso untuk menutupi bagian yang kita anggap jelek. Kemudian kita perbaiki obyeknya sesuai dengan yang kita inginkan. Saran saya, jika lukisan tersebut sangat mahal, lebih baik serahkan pada ahlinya saja.
  • Menghasilkan Warna Apa Adanya. Eh maksudnya gimana ini ? Hihihi.. Jadi gini, kalo kalian melukis di atas media kayu atau area yang berwarna gelap banget. Maka warna dengan pigmen transparant akan sangat sulit terlihat vibrant atau mencolok. Biasanya warna seolah hilang atau harus berkali-kali untuk bisa mendapatkan warna yang solid seperti keinginan kita. 

Oleh karena itu Gesso memiliki peranan penting dalam art material. Namun  begitu, jangan terlalu kuatir. Biasanya kanvas yang ada di Indonesia, sudah dilapisi Gesso sebelum dijual.

Dapatkan Tips dan Artikel terbaru seputar Art dan Blogging dengan cara Subscribe.

CARA MENGGUNAKANNYA


Cara mengaplikasikan Gesso sangat mudah sebenarnya. Layaknya kita melukis membuat background saja. Kita bisa menggunakan kuas, palet ataupun rol supaya lebih rata. 

Saran saya untuk membuat lapisan kanvas terlihat halus, gunakan teknik layering satu per satu. Ini bertujuan supaya Gesso bisa terlihat lebih rata dibandingkan sekali kuas tapi langsung tebal. Cara ini juga untuk menghindari Gesso pecah-pecah di kemudian hari. 

Pastikan setiap layer benar-benar kering sebelum dilapisi layer lainnya. Dengan begitu hasilnya bisa lebih rata. 

Nah, itulah pengertian tentang Gesso, fungsi dan bagaimana cara mengaplikasikan di atas kanvas. Semoga tulisan kali ini bisa membantu teman-teman yang sedang mencari informasi tentang Gesso. 

Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu, kerabat dan komunitas yang membutuhkan informasi tentang hal ini. Semoga ke depannya Blog ini bisa memberikan informasi yang lebih lengkap lagi. 

ewafebri art blog indonesia

Let's Your Creativity Spark With Bowgel

0 comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.