REKOMENDASI CAT MINYAK LUKIS UNTUK PEMULA

rekomendasi cat minyak untuk pemula


Art Blog Indonesia - ewafebriart.com | REKOMENDASI CAT MINYAK LUKIS UNTUK PEMULA. Ingin belajar cat minyak tapi bingung harus membeli merk apa ? Ini dia tips buat kalian para pemula.

REKOMENDASI CAT MINYAK LUKIS UNTUK PEMULA


Dalam medium cat lukis, ada 3 pilihan kualitas. Yaitu Artist Quality, Fine Quality dan Studio Quality.

Perbedaan kualitas ini terletak pada kualitas material pigmennya. Yang berpengaruh pada kelangsungan kualitas warna pada tahun-tahun berikutnya. 

PIGMEN QUALITY


Dalam membeli cat minyak, tentukan dulu ingin kualitas pigmen yang seperti apa ? 

  • Apakah hanya untuk belajar saja ? 
  • Apakah ingin disimpan sendiri dalam jangka waktu yang panjang ? 
  • Apakah ingin dijual untuk para kolektor ? 

Dengan mengetahui tujuan awal, kita bisa lebih mudah menentukan kualitas seperti apa yang kita butuhkan. 

STUDIO QUALITY


Studio Quality adalah kualitas paling dasar dalam pigmen cat lukis. Biasanya kualitas ini digunakan bagi mereka yang belajar atau pemula. 

Masalah bagus dan tidaknya pigmen bukan menjadi soal. Yang terpenting adalah cat memiliki warna yang diinginkan setelah kering. 

Perubahan warna cat bisa saja terjadi dalam kurun waktu di atas 5 tahun. Misalnya saja, warna menjadi lebih kusam atau berubah sama sekali. Artinya pigmen warna yang ada makin memudar. 

Soal harga, studio quality yang termurah dibandingkan yang lainnya. Harga bervariasi, tergantung brandnya. Tapi umumnya untuk ukuran 200 ml, harga bisa di bawah Rp. 100.000/tube. 

Brand yang memiliki kualitas Studio di antaranya : Maries Oil Color, Reeves Oil Color, Louvre dari Lefranc and Bourgouise, Art Creation dari Royal Talens, Greeco, Pebeo XL. 


FINE QUALITY


Fine Quality adalah kualitas tengah antara Studio dan Artist. Ketahanan warna pigmennya cukup lama, bisa di atas 10 tahun dengan teknik penyimpanan yang baik tentunya. 

Artinya karya disimpan pada tempat dan suhu yang tepat. Meskipun menggunakan pigmen bagus, namun bila tempat dan suhu penyimpanan tidak mendukung, karya lukis akan tetap memiliki permasalahan. 

Di antaranya akan timbul jamur di bagian atas lukisan maupun di belakang kanvas. 

Beberapa brand yang memiliki kualitas pigmen yang lumayan bagus di antaranya : Winton dari Winsor and Newton, Van Gogh dari Royal Talens, Georgian dari Daler Rowney, Classico dari Maimeri.


ARTIST QUALITY


Sesuai namanya, kualitas terakhir yang saya bahas ini merupakan jenis terunggul. Hihihi.. Perbedaannya tentu terletak pada pigmen yang digunakan. 

Pada Artist Quality penggunaan pigmen tergolong murni. Murni di sini ada 2 hal : 

  • Perbandingan pigmen dan binder (yang sesuai, tidak berlebihan).
  • Bukan dari pencampuran sesama pigment. 

Umumnya harga Artist Quality paint lebih bervariasi tergantung serinya. Nah penentuan seri ini dilihat dari jenis pigmen yang digunakan. 

Semakin mudah bahan baku pigment di dapatkan, semakin lebih murah harganya. Semakin sulit dan langka bahan baku pigmen yang digunakan, maka semakin mahal harga catnya. 

Contoh dalam Brand Rembrandt warna Cobalt Violet, Cerulean Blue dan Jenis Cadmium memiliki seri lebih tinggi dibandingkan nama Permanent maupun warna turunan lainnya. 

Ini dikarenakan pigmen yang digunakan merupakan pigment murni dan berdiri sendiri (tanpa campuran pigment lainnya). Inilah yang membuat warna pigmennya lebih solid dan bright jika dikuaskan pada permukaan kanvas. 

Hal ini pula yang membuat warna lebih tahan lama menghadapi perubahan temperatur / suhu. Sehingga perubahan warna pun bisa bertahun-tahun. 

Perlu diingat bahwa : 


  • Penempatan seri bukan berarti satu warna memiliki banyak seri. Misal : Titanium White punya Seri 1, Seri 2 dst. BUKAN SEPERTI ITU YA ! (Ngegasss 😂😂). Tetapi setiap range warna memiliki seri berbeda. 
  • Cat artist quality umumnya memiliki banyak pilihan warna. Misalnya saja warna Kuning pada Rembrandt : ada Permanent lemon yellow, Permanent Yellow Light, Permanent Yellow Medium, Permanent Yellow Deep, Cadmium Lemon Yellow, Cadmiun Yellow Light, Cadmium Yellow Medium, dan Cadmium Yellow Deep.  Setiap gradasi warna tersebut hanya menyandang satu seri saja. Yaitu : Cat yang di awali Permanent memiliki seri 3 , Cat yang di awali Cadmium memiliki seri 4. Warna Kuning pada Rembrandt tidak memiliki seri 1, 2 & 5. 

Jadi, ingatlah bahwa setiap warna hanya memiliki satu seri saja. Dan pengelompokannya tergantung produsen masing-masing. 

Brand  yang merupakan Artist Quality : Rembrandt dari Royal Talens, Winsor Artist Quality, Lefranc, Golden, Maimeri Puro.

Kisaran Harga : 150.000 per tube hingga di bawah satu juta. Tergantung brand masing-masing. Untuk Rembrandt harga termahal (Seri 5/40 ml) Rp. 500.000,-

Nah, kalo sudah tahu kualitas seperti apa yang ingin digunakan, jadi lebih mudah memilih cat minyak yang akan dibeli kan ? 

Tinggal mau memilih untuk belajar saja, untuk jangka waktu lama atau untuk para kolektor ? Hehhee.. 

BRAND


Setiap Brand mengeluarkan produk yang beragam. Dengan pilihan kualitas yang berbeda juga.  Nah berikut ini adalah Brand yang umumnya dikenal di Indonesia. 


Nama Brand  Studio  Fine  Artist Quality
    
 Royal Talens Amsterdam (discontinue) Van Gogh (punya 2 seri) Rembrandt
    
 Winsor And Newton  - Winton  Winsor Artist
    
 Lefranc And Bourgeois - Fine Oil Extra Fine
    
 Daler Rowney  Graduate Oil Color Georgian  Daler Rowney Artist Professional Oil Color
    
 Pebeo  Pebeo XL  - Huile D'Art
    
 Maimeri  - Classico Maimeri Puro
    
 Maries Maries Master Museum
    
Harga per 30 - 50 ml/tube  > Rp. 100.000 / tube Rp. 75.000 - Rp. 250.000 Rp 150.000 - Rp. 1.000.000 (tergantung seri)


Soal harga ? Yang tadi saya sebutkan di atas. Setiap brand memiliki variasi harganya yang berbeda-beda. Terutama pada Artist Quality. Semakin tinggi Seri yang disematkan semakin mahal pula harganyao. 

KESIMPULAN 


Masih banyak produk lain yang belum saya sebutkan. Namun brand di atas merupakan produk yang banyak beredar di Indonesia. Terutama yang paling terakhir. Hehe...

Belilah cat yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Tak harus langsung mahal, apalagi kalo masih belajar. Tetapi apabila ingin hasil maksimal, pilih lah yang berkualitas.. hahaha...

Semoga postingan ini bisa membantu kalian memutuskan produk apa yang akan dipakai nantinya ya ? Dan selamat berkarya ! 


0 Comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.