9 REKOMENDASI BLOG TENTANG SENI INDONESIA UNTUK DIBACA

rekomendasi tentang blog seni indonesia


Art Blog Indonesia - ewafebriart.com | 9 REKOMENDASI BLOG TENTANG SENI U INDONESIA DIBACA. Blog / Website bisa menjadi salah satu Online Portfolio bagi seorang seniman. Di dalamnya kita bisa memajang hasil karya seni sekaligus menceritakan kepada pembaca tentang gagasan yang dimiliki. Dan berikut ini daftar Blog tentang Seni berbahasa Indonesia untuk kalian semua. 


9 REKOMENDASI BLOG TENTANG SENI INDONESIA UNTUK DIBACA




Mengenalkan karya pada publik memang banyak caranya. Bisa memanfaatkan sosial media, pameran, atau bahkan Blog sebagai portfolionya. 

Saat awal saya membuat Blog ini, pada mesin pencarian tak banyak Blog tentang seni berbahasa Indonesia yang saya temukan. Padahal sebenarnya banyak seniman Indonesia yang memanfaatkan Blognya untuk kepentingan portfolio. 

Dan berikut ini Blog tentang seni yang saya temukan di jagat Internet. 


RE HARTANTO


Blog tentang seni pertama yang saya temukan adalah milik RE Hartanto. Secara visual Blog ini tergolong minimalis dan clean. Gak banyak widget gak penting seperti Blog ewafebriart. Hahaha.. 

Jika kalian mencari di kolom SERP dengan kata kunci Blog tentang Seni. Re Hartanto Art akan menduduki tingkatan teratas. Nangkring di Page One ♥️. 

Secara materi Blog, RE Hartanto ini keren banget se keren prestasinya. Ada tutorial, portfolionya, belum lagi Daftar Exhibition pada CV nya yang berderet. 

Beliau ini juga memiliki klinik seni rupa Dokter Rudolfo dalam bentuk Podcast yang di mana di dalamnya membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan seni. Tak hanya tentang karya saja tapi juga aspek kehidupan lainnya. 

Misalnya tentang keuangan bagi perupa, tentang ide dan gagasan. Dan masih banyak lagi. Kalo kalian tertarik belajar tentang seni dan aspek-aspeknya, meluncurlah di websitenya. Dijamin bakal banyak mendapatkan pengetahuan.


MAYEK PRIYITNO


Perupa yang satu ini seseorang yang saya kenal di dunia nyata. Bukan berarti sok akrab ya.. ? Hahaha.. tapi saya pernah bertemu dan ngobrol secara langsung dengan beliau. 

Mas Mayek memiliki Blog yang isinya tentang karya dan gagasannya. Blog ini dia jadikan sebagai rumah maya untuk memperkenalkan karya-karyanya. 

Dibandingkan dengan RE Hartanto, Blog mas Mayek memang belum dikelola secara profesional. Alamat Blognya pun belum menggunakan TLD, jadi masih sulit terjangkau Mesin pencarian. 

Meskipun begitu, isi Blognya lumayan padat karya Gaes. Dan ketika saya liat hasil karyanya, serasa "siapalah saya ini ?" Hahha.. 

Detail karyanya luar biasa, belum lagi bagaimana dia menjelaskan karyanya tersebut dalam bentuk tulisan. Owh iya, Mas Mayek ini memang punya pikiran kritis Gaes, tentang banyak hal terutama tentang kebijakan-kebijakan. 

Mungkin sebagian besar seniman memang begitu ya ? Hehehe.. mereka punya cara pikir yang berbeda dengan kebanyakan orang. Bahkan dari hasil karyanya saja, bisa kita ketahui seberapa dahsyat isi pikirannya. 😬


TONI MALAKIAN


Gara-gara tulisan saya tentang Mas Hendrikus beberapa waktu lalu, akhirnya saya menemukan Blognya Bang Toni Malakian. 

Sama seperti Blognya mas Mayek yang berfungsi sebagai portfolio, Bang Toni juga memposting tentang karya dan gagasan dibaliknya. Karya-karya memang mewakili suaranya. Kritis !

Namun yang sedikit membedakan, karya Bang Toni didominasi kartun / karikatur (karena memang beliau kartunis 🤭). Dan banyak juga karya yang berbentuk digital. 


EUNIKE NUGROHO


Sudah lama sekali saya jatuh cinta sama karyanya Mbak Keke ini. Obyek yang sering digambar adalah Flora dan Fauna. Medium yang digunakan adalah watercolor. 

Blog mbak Keke lah yang menjadi alasan saya membuat Blog khusus tentang seni. Sebelum saya membuat Ewafebriart. Terlebih dulu saya memposting ketertarikan saya pada seni di Blog ewafebri. Dan memberi kategori Art Therapy. 

Namun setelah saya melihat Blog mbak Keke, akhirnya terpikirkan untuk memisahkan Blog seni saya dari Blog journaling. Sehingga saya bisa lebih fokus membagikan apapun yang berhubungan dengan seni. 

Di Blog mbak Keke ini kalian akan disuguhi dengan karya watercolor dilengkapi dengan penjelasan prosesnya serta ide dan gagasan (behind the scene). Sangat menarik bagi pemula seperti saya, di mana saya bisa belajar bagaimana menuangkan ide karya dalam bentuk tulisan juga. 

Owh iya, mbak Keke ini juga pernah bikin workshop. Pingin banget ikut workshop beliau, tapi sayangnya waktunya selalu kurang pas. Hihihi.. Bentrok sama jadwal kerja. Hiks..  ! 


ELJUNO KASIH


Salah satu perupa yang baru saja saya temukan Blognya adalah Bang Eljuno. Karya-karyanya fokus pada Pointilsm. Keren banget hasilnya. 

Berdasarkan keterangan dari webnya, dia juga menerima pesanan karya secara custom

Yang unik dari Blognya itu, tak cuma dijadikan sebagai portfolio karyanya tapi dia juga bercerita tentang kegiatannya yang ia tulis dalam Kategori Blog. 

Penasaran isinya tentang apa saja ? Mendingan datangi langsung rumah mayanya ya.. ? Hehhe.. Caranya ? Klik namanya di atas itu. Hihihi..  



PUTY PUAR 


Nama Puty Puar terdengar sangat familiar ya ? Hihihi.. Dia adalah salah satu illustrator favoriteku. Melihat karyanya tuh saya jadi optimis banget untuk terus maju dan berkarya. 

Selain menghadirkan karyanya dalam bentuk postingan, Blog puty juga memberikan kisah cerita tentang aspek lainnya. Tentang kegiatan yang ia jalani, tentang event dan workshop yang dia hadirkan, dll. 

Dari Blognya saya banyak belajar tentang mewujudkan sebuah mimpi. Karena postingan Puty itu juga sangat memotivasi. 

Suka banget baca Blog yang kayak gini tuh. Hihihi.. Jadi makin semangat menulis dan berkarya. Hehhee...


EWAFEBRIART


Hahaha.. Sebentar saya mau tertawa dulu. Kalian pasti bertanya-tanya kenapa ewafebriart masuk dalam list ini ? 

Jawabannya : Karena saya sulit menemukan Blog tentang Seni milik personal di SERP. Umumnya Blog tersebut miliki Instansi dll. Dan kebanyakan hal yang diposting berhubungan dengan pengetahuan seni secara umum. Bukan memposting tentang karya-karya pemilik Blognya itu sendiri.

Untuk menggenapi 7 Blog, akhirnya saya menambahkan Blog yang sedang kalian baca ini ke dalam List. Hihihi.. 

Selain berbagi tentang pengetahuan art material, Blog ini juga saya gunakan untuk berbagi proses pengkaryaan. Misalnya bagaimana saya membuat lukisan, apa konsepnya dan seperti apa prosesnya. 

Nah, saya berharap ada banyak Blog lainnya yang bermunculan dan bisa saya jadikan sebagai sumber inspirasi. 

Namun sayangnya, saya belum bisa menemukan blog yang saya inginkan. 


---- NEW UPDATES ---



rekomendasi blog seni indonesia


ROSITA ROSE


Web ini juga baru saya temukan nie Gaes. Tampilannya memang lebih cocok disebut sebagai website dibandingkan dengan Blog.  

Pemilik web ini namanya Mbak Rosita, kebetulan saya memang kenal beliau di dunia nyata. Karyanya didominasi oleh object bunga mawar. Meskipun object lainnya juga tetap menawan. 

Selain melukis di atas kanvas, Mbak Rosita ini juga melukis di atas kain loh. Medianya tak hanya itu, masih banyak yang lainnya. Ada karya yang dia lukis di atas sofa. ada karya yang ia lukis di atas tas, dll. 

Selain itu beberapa kali beliau juga membuat workshop bagi yang ingin belajar melukis di atas kain. Hasilnya dijamin bikin jatuh cinta. Hehehehe.. Penasaran seperti apa hasil karyanya ? coba kunjungi langsung ke link websitenya. 


FERI PRADIGDO


Blog satu ini juga baru saya ketahui hari ini. hehehe.. Namanya Minidrama, milik mas Feri. Secara personal saya belum pernah bertemu dengan beliau secara langsung. Tapi beberapa kali pernah berinteraksi melalui grup di aplikasi messenger

Mas Feri ini juga merupakan salah satu seniman yang ikut dalam pameran 30 x 30. Dan di dalam project ini pula akhirnya saya mengenal hasil karyanya. 

Tak hanya karya beliau yang dipajang, tapi juga beberapa cerita dan gagasan karyanya pun dibahas di sana. Sesuai dengan nama Website pribadinya, kalian akan menemukan minidrama yang diwakili oleh hasil karya Mas Feri. 

Daripada penasaran sama Minidrama-nya, mendingan langsung ngintip hasil karyanya aja ya gaes. Hehehe.. 

Ps : Semoga ke depannya list Blog ini makin tambah banyak ya ? hehehe..
 

KESIMPULAN 


Blog tentang seni memang banyak Di Indonesia. Seniman pun banyak juga yang memiliki Website. Tapi biasanya mereka menggunakan website tersebut hanya sebagai portfolio (tanpa penjelasan karya) dan tempat berjualan saja. Seperti menjual produk-produk printing card, bag, mug dll.

Sementara postingan ini saya maksudkan untuk membuat List Blog yang tak hanya menyuguhkan hasil karya berupa digital, tapi juga disertai penjelasan proses maupun maknanya. Hihihi.. 

Dulu kala saya jatuh cinta pada Blog Yulianzone maupun Mutia Hanan, sayangnya mereka sudah tidak aktif lagi di dunia Blogging. Padahal tulisannya sederhana sekaligus menginspirasi. 

Dan sejauh ini, RE Hartanto masih menjadi juaranya ! Hahaha.. 

Apakah kalian memiliki rekomendasi Blog tentang seni lainnya ? Yuk tulis di kolom komentar. Blog siapa saya yang kalian rekomendasikan untuk dikunjungi. Tapi ingat, nulis link hidupnya jangan langsung pake . (dot) ya ? Karena akan masuk ke menu spamming. 

Terima kasih sudah membaca, semoga postingan ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk tetap berkarya ! 

SEMANGART !



0 Comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.