ARTIST OF THE MONTH | TRIBUTE TO HENDRIKUS DAVID ARI

artist of the month hendrikus david ari



Art Blog Indonesia - ewafebriart.com | ARTIST OF THE MONTH | TRIBUTE TO HENDRIKUS DAVID ARI. Dunia seni baru saja kehilangan salah satu tokohnya. Mungkin pembaca belum banyak mengenal siapa sosok Hendrikus. Semoga tulisan ini bisa sedikit membantu kita mengenalkan padanya. 

ARTIST OF THE MONTH | TRIBUTE TO HENDRIKUS DAVID ARI



Tanggal 4 Mei 2020, salah satu seniman Indonesia telah berpulang kepada Sang Pencipta. Beliau bernama Hendrikus David Ari. 

Saya pribadi belum pernah mengenal beliau secara personal. Saya hanya mengenalnya lewat karya-karya yang telah ia ciptakan. 

Secara kebetulan Mas Hendrikus juga merupakan salah satu peserta pameran 30 x 30 Arts For The Earth. Meski saya belum pernah bertatap muka secara langsung, tetapi rasa kehilangan tak bisa dihindari. 

Terlebih saya merasa, " kami berada dalam misi yang sama ", yaitu ingin menyelamatkan bumi dari kerusakan. 

PEMENANG KARTUNIS


Hendrikus David Ari karya Toni Malakian


Mengutip dari artikel Indopos yang berjudul " Juara Adinegoro, Hendrikus David Arie Malah Sedih ", Mas Hens sapaan akrabnya pernah memenangkan Anugerah Jurnalistik Adinegoro pada tahun 2014 dan menjadi juara pertama kartunis Indonesia. 

Beliau menjadi pemenang dalam kategori Kartun Opini dalam perlombaan prestige tersebut. Tak hanya itu, tahun 2016 silam beliau juga menjadi juara pertama The results of The 12th International Cartoon Contest Syria.

Prestasinya tak berhenti sampai di situ saja, karena kepiawaiannya beliau terlibat dalam pembuatan storyboard "Ayat-ayat Cinta 2" dan juga "Koboy Kampus". 

KONTROBUSI DALAM BIDANG SENI


Pahlawan tanpa tanda jasa memang layak disematkan pada beliau. Selain kesibukannya dalam berkarya dan bekerja, beliau bersama teman-temannya juga mendirikan sanggar seni Rumakebun

Di sanggar seni inilah beliau berbagi ilmunya, terutama yang berhubungan dengan menggambar. 

Selain memiliki Sanggar seni, beliau juga turut andil dalam pameran 30x30 yang awal Maret lalu (sekarang lagi break 🤭 ) dibuka di Thee Huis Gallery. Beliau bersama 87 seniman lainnya ikut serta memamerkan karyanya dalam media 30 x 30 cm. 

Jika kalian ingin mengetahui karya beliau (dan 86 seniman lainnya) bisa juga download link ini

SELAMAT JALAN


Pada akhirnya kita semua akan pergi dan yang tersisa hanyalah sebuah karya. Apapun bentuknya, apapun medianya. Karya adalah harta yang bisa kita wariskan pada dunia. 

Pesan saya.. Buatlah karya yang membuat orang lain mengingatmu dalam kebaikan dan kebahagian. Jangan membuat sebuah karya yang berakhir menjadi bulan-bulanan netizen. Apalagi prank-prank yang tak berfaedah seperti yang lagi ngetrend belakangan ini. Hmmm.. (sok bijak sekali Evva !)

Selamat Jalan menuju keabadian Mas Hendrikus, terima kasih sudah menjadi inspirator buat kami yang sedang belajar berkarya. Semoga engkau ditempatkan di tempat terbaik dan terindah. Amin !

0 comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.