DOODLE WITH ME #1 | BOWGEL IN HER JUNGLE

doodle with me bowgel in her jungle


Art Blog Indonesia - ewafebriart.com | DOODLE WITH ME | BOWGEL IN HER JUNGLE. Minggu lalu saya mencoba membuat satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan juga oleh orang lain. Jika sebelumnya banyak banget Hashtag Doodle With Me di Instagram, kali ini saya ingin membawanya menjadi postingan di Blog. Seperti apa ? Ini dia !   

DOODLE WITH ME | BOWGEL IN HER JUNGLE



Belakangan ini saya mulai ingin fokus membuat video youtube yang lebih berfaedah lagi. Apalagi saya udah bingung mau ngebahas tentang apa lagi di youtube. So, saya akan mentraformasi kontennya menjadi video menggambar. 

Selain bertujuan untuk menambah trafik Blog ini makin uhuy, dan menebar virus 30x30. Segmen ini saya tambahkan supaya Blog ini lebih bersifat personal aja. Dan membuktikan juga bahwa yang punya Blog ini juga suka melukis/menggambar, so.. informasi yang ada di Blog ini bukan asal comot dari Blog lainnya. Hahaha... 

Ya paling tidak, berasal dari pengalaman pribadi, baca buku, ditambah research via mbah Google. Meskipun saya bukan lulusan sekolah seni dan hanya belajar otodidak, tapi  informasi tentang art material yang ada di Blog ini bisa dipertanggungjawabkan. Selain belajar dari buku, saya juga sering berdiskusi dengan pelukis profesional tentang kegunaan art materialnya. 


NEW SEGMEN "DOODLE WITH ME"


DOODLE WITH ME adalah Segmen Blog yang di dalamnya terdapat video proses saya melukis/menggambar dengan berbagai macam Object. Seperti yang baru-baru ini saya lakukan.  

Ide ini mendadak muncul, setelah beberapa hari lalu saya membuat video timelapse tentang Bowgel In The Jungle yang sudah saya posting di Youtube Channel. Rasanya asyik aja gitu melihat progress saya menggambar melalui video. Dari yang terlalu biasa, menjadi yang lebih detail seperti sekarang.

Karena tujuan saya ngeBlog dan NgeYoutube adalah berbagi hal yang saya bisa, jadi mulailah mencoba mengekspos sisi faedah yang saya miliki.

Ya mau pamer apalagi ? hihihi.. rumah gak punya, beauty vlogger ? gak punya skill dandan, Unboxing barang mewah ? boro-boro. Hal yang saya bisa bagikan dan pamerkan cuma proses menggambar saja. Hahaha.. 

FREE COLORING PAGE


Yang membuat lebih special, kalian juga bisa mengikuti bagaimana cara saya menggambar dengan mendownload coloring page yang tersedia. Nantinya Coloring page tersebut sama seperti object yang sedang saya warnai/lukis. 

Bisa juga kalian mewarnai dengan taste / proses pilihan sendiri. Bebaslah pokoknya, yang penting saya berbagi hal yang bermanfaat aja, daripada saya menulis materi konten yang saya gak paham dan berakhir blunder, yekan  ? hahaha..

BOWGEL IN THE JUNGLE

Ngomongin memberi judul lukisan ataupun illustrasi, saya memang bukan jagonya. Hahha.. Lihat saja Portfolio saya yang judul artworknya ala-ala. Pun sama illustrasi yang satu ini. Tapi gak masalah ya ? Yang penting kan videonya bisa bermanfaat atau tidak ? yekan ? 




Dalam video  di atas saya menampilkan proses mewarnai illustrasi menggunakan metode timelapse, karena durasi aslinya terlalu panjang, ada sekitar 40 menitan. Hahaha.. Bosen pastinya kalo ngeliat prosesnya begitu-begitu saja ? iya kan ? 

Saya juga menambahkan beberapa informasi di dalam video tersebut tentang warna dan brand watercolor yang saya gunakan. Barangkali teman-teman ingin mengetahui warna apa saja yang saya pakai buat melukis. 

Bahan material / medium yang saya gunakan dalam video tersebut adalah : 


  • Kertas Arto 300 gsm ukuran A6 (saya potong sendiri)
  • Cat Air merk Van Gogh dan Daler Rowney (kalian bisa menggunakan apa saja)
  • Kuas Van Gogh no. 3 
  • Drawing pen Snowman ukuran 0.3 (untuk detail dan outline)
  • Watercolor Pencil merk Faber Castle untuk finishing.

TIPS DAN TRICK 

Ingin mendapatkan hasil seperti dalam video saya ? ada beberapa trick dan tip yang bisa saya bagikan beriku ini : 

  • Untuk menciptakan warna merah yang terlihat solid (pada jamur), terlebih dahulu saya menambahkan warna orange pada bagian dasarnya. 
  • Usahakan untuk mengaplikasikan warna tipis lebih dahulu, sebelum di tambahkan warna yang tebal. Fungsinya untuk menciptakan gradasi warna. 
  • Tambahkan detail menggunakan watercolor pensil, dan sesuaikan warnanya untuk memberikan dimensi pada hasil akhirnya. 
  • Selamat mencoba dan jangan putus asa ! hehehe

KESIMPULAN


Sesuai dengan tujuan utama saya dalam mengembangkan Blog ini, saya ingin membagikan pengalaman dan proses saya belajar pada pengunjung Blog ini. Bukan untuk menggurui, tapi lebih kepada kita sama-sama belajar tentang pengetahuan seputar seni. 

Meskipun saya tidak memiliki disiplin ilmu secara formal, hal yang saya bagikan di sini merupakan pengalaman yang sering saya lakukan (tak cuma sekali). Jadi paling tidak , masih bisa dipertanggungjawabkan karena saya mengalaminya. (alias bukan "katanya") hahaha... !

Selamat berkarya !






0 comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.