CAT ACRYLIC UNTUK BAHAN KULIT, BISAKAH ?

CAT ACRYLIC UNTUK BAHAN KULIT




Blog Seni Indonesia - ewafebriart.com | CAT ACRYLIC UNTUK BAHAN KULIT, BISAKAH ?

Saya sering banget mendapatkan pertanyaan ini Gaes, nah supaya kalian juga punya gambaran, saya akan membuat postingan berdasarkan pengalaman saya menggunakan cat acrylic di atas bahan kulit ya. Nanti kalian bisa menyimpulkan sendiri.


CAT ACRYLIC UNTUK BAHAN KULIT, BISAKAH ?


Bagi kalian yang pernah membaca tentang artikel saya di Blog sebelah mengenai Moleskine Hack, mungkin kalian sudah bisa menebak apa yang akan saya bagikan di artikel ini. Dan bagi kalian yang penasaran dan bertanya-tanya apakah cat acrylic bisa digunakan di atas bahan kulit, jawabannya adalah bisa. Akan tetapi ada yang perlu diperhatikan.

KARAKTER CAT ACRYLIC





Sebelum saya membahas tentang hal yang diperhatikan, saya akan membagikan kembali tentang karakter cat acrylic. Pada dasarnya cat acrylic itu mudah sekali terlepas apabila kalian menempelkannya di atas permukaan yang tidak memiliki pori-pori.

Material yang tidak memiliki pori-pori di antaranya : metal, kaca, plastik, acrylic ataupun kulit. Namun untuk khusus permukaan yang berbahan kulit, cat acrylic bisa menempel asal setelahnya diproteksi supaya tidak terkelupas dengan memanfaatkan varnish atau lapisan lainnya.

TIPS MELUKIS DI ATAS BAHAN KULIT


Cat Acrylic Untuk Kulit

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, saya berhasil melukis menggunakan cat acrylic di atas bahan kulit. Eits, jangan dilihat hasil ambarnya yang cekeremez ya ? hahaha... Ini hanya sebagai contoh saja bahwa cat acrylic bisa digunakan di atas bahan kulit.

Kebetulan saya melukisnya di atas cover buku journal saya. Dengan obyek bunga yang ala kadarnya, saya melukis menggunakan cat acrylic merk Maries. Untuk kebutuhan fungsional (bukan lukisan), merk Maries cukup lumayan dan mampu bertahan lama kok Gaes. Jadi ndak masalah, karena kita lebih mengutamakan kualitas rekatnya pada obyek dibandingkan kualitas pigmennya.

Akan tetapi, apabila kalian memilih cat yang memiliki kualitas fine Quality maupun artist Quality ya tidak masalah. haha.. Semua tergantung budget masing-masing. Hihihi..

VARNISH


Untuk melindungi cat agar tidak mudah terkelupas dari bahan kulit, kita bisa menggunakan varnish. Namun untuk alasan ekonomis, saya menggunakan pylox clear yang semprotkan di atas kulit sebagai pengganti varnish. Dan, Alhamdullilah dari tahun 2015 hingga sekarang, cat tersebut masih tetap menempel dengan sempurna.

Nah yang menjadi persoalan adalah, area yang saya lukis merupakan cover buku, di mana penggunaannya mungkin tak sesering seperti sepatu ataupun tas. Untuk masalah ini, saya tidak berani merekomendasikan, karena saya sendiri belum pernah melukisnya di atas sepatu maupun tas.

KESIMPULAN


Jadi, apabila ditanya, apakah acrylic bisa digunakan untuk mengecat bahan kulit, maka jawabannya adalah bisa. Untuk waktu dan ketahanannya pada object tertentu, seperti tas dan sepatu, saya kurang memahaminya. Saya harap kalian bisa bereksperimen sendiri (dan bertanggung jawab sendiri, hihi..)

Apabila kalian sudah melakukan eksperimen dan mendapatkan jawabannya, kalian bisa berbagi pengalamannya di kolom omentar ya ? seperti apa hasilnya. hahaha.. supaya bisa membantu pembaca lain yang membutuhkan informasinya. hehehe..

0 Comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

AFFILIATE