CARA MEMBUAT ART ZINE UNTUK PEMULA

CARA MEMBUAT ART ZINE UNTUK PEMULA



ewafebriart.com | CARA MEMBUAT ART ZINE UNTUK PEMULA.

Pernah mendengar istilah Zine ? Zine diambil dari kata Magazine atau Fanzine yang artinya majalah. Bedanya,  Magazine umumnya dipublikasikan untuk kepentingan komoditas dan komersial, sementara Zine dipublikasikan oleh perorangan dan diciptakan sarat akan informasi.

Apakah kalian sudah memiliki gambaran tentang Zine ? Kalo belum, yuk simak sampai habis ya.. ! 

CARA MEMBUAT ART ZINE UNTUK PEMULA


Sebelum saya membahas tentang bagaimana cara membuat Artzine untuk pemula, terlebih dahulu saya akan menceritakan sejarah singkatnya. Apa sih yang mendasari munculnya Zine ? Dan apa fungsinya dalam kehidupan bermasyarakat.

SEJARAH ZINE


Zine adalah singkatan dari Fanzine (dari kata Fan dan Magazine) yaitu sebuah media informasi yang dipublikasikan oleh perorangan maupun sekelompok orang dengan menggunakan metode fotokopi. 

Cara produksi Zine berbeda dengan media cetak lainnya. Karena Zine biasanya diproduksi oleh orang-orang yang sangat menyukai sesuatu (bukan profesional), namun bukan untuk tujuan komersial.

Oleh karena itu, Zine bisa dipublikasi oleh siapa saja. Tanpa harus menggunakan metode yang rumit seperti media cetak atau majalah lainnya. Cara memproduksinyapun hanya dengan mesin fotokopi. Jadi jangan heran jika, isi zine umumnya Monokrome, tidak se-colourful majalah lainnya.

Pada masa awalnya Zine tidak berisi tentang isu-isu yang berat. Justru Zine hadir sebagai media untuk mempublikasikan fiksi ilmiah.  The Comet adalah zine fiksi ilmiah yang pertama dan dipublikasikan oleh Science Correspondence Club di Chicago pada tahun 1930.

Saat ini Zine berkembang dengan pesat. Kontennya pun memiliki banyak warna dan tema. Salah satu yang menarik untuk saya pelajari adalah Art Zine.

PENGERTIAN ARTZINE


Art Zine adalah Zine yang isinya segala sesuatu yang berhubungan dengan seni. Isinya tak harus selalu tentang artikel saja, tapi juga bisa berupa image, drawing, sketching atau apapun yang berhubungan dengan seni.

Karena filosofi zine berkaitan dengan self-publish, maka cara membuatnya pun bisa menggunakan metode Do It Yourself. Seperti yang pernah saya lakukan beberapa kali. Ada beberapa alasan kenapa saya membuat Artzine dan apa manfaatnya buat saya.

MEDIA PENYIMPANAN


Sebelum mengenal zine, saya memiliki masalah tentang bagaimana saya menyimpan hasil eksperimen saya. Apalagi yang berhubungan dengan cat air. Kebetulan nie, kertas cat air yang saya butuhkan tidak tersedia dalam bentuk buku atau pad, melainkan berbentuk lembaran A3. Oleh karena itu, setiap hasil eksperimen yang pernah saya lakukan sering nyelip entah kemana.

Semenjak menggunakan Zine, saya jadi bisa menyimpan hasil eksperimennya. Sehingga lebih mudah bagi saya untuk menyimpannya lagi. Kan lumayan kalo 1 zine itu bisa mengumpulkan 8-16 gambar tanpa terpisah-pisah. Apalgi tanpa harus bingung cara bindingnya, yekan ?

BISA DIPERBANYAK


Yang asyik dari Zine ini bisa diperbanyak bahkan secara mandiri (self publish). Atau kita tidak perlu publisher besar untuk mempublikasikannya. Bahkan banyak juga zine yang memiliki material kertas yang sederhana (berbentuk fotokopi) namun tetap memiliki penggemarnya. 

Materi yang dipresentasikan merupakan hal yang penting untuk zine. Unik, informatif, menarik dan jujur.  Dan tentu saja memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Karena biasanya Zine mewakili individu pembuatnya, meskipun begitu, bukan berarti tidak bisa dilakukan secara kelompok atau komunitas.

MEDIA PUBLIKASI


Punya ide atau pemikiran yang menurut kalian perlu disebarkan ? Tapi pingin berbentuk ala-ala Majalah yang lebih simple ? Kalian bisa memulainya dengan membuat Zine donk. Hehehe.. Karena pada dasarnya fungsi Zine adalah sebagai media publikasi yang bisa berdiri sendiri (tanpa ribet dengan aturan-aturan publikasi). 

Kalian bisa membuat Zine secara manual dengan memanfaatkan banyak software yang sudah tersedia, bahkan bisa juga kok memanfaatkan Google Document. Tapi ingin yang unik dengan memanfaatkan tulisan tangan ? Boleh juga loh.. Bebas.. hehehe.. 

BISA DISHARE


Di jaman sekarang, Zine tak hanya berbentuk manual yang sudah tercetak, tetapi juga ada yang berbentuk digital. Salah satu keuntungan dalam bentuk digital adalah bisa dibagikan ke banyak orang melalui link. 

Mereka bisa mendownloadnya di manapun mereka berada. Atau bisa juga dijual dalam bentuk digital. Yang penting asal jangan sampai ada yang menggandakan atas tujuan komersial dan mengambil keuntungan untuk diri sendiri ya ? hahaha.. Akan sangat berbahaya kalo terjadi. Walaupun banyak kejadian yang sudah terjadi. 

MEDIA INFORMASI


Zine tak hanya berfungsi sebagai media publikasi terhadap karya-karya kita, akan tetapi juga bisa menjadi media informasi apabila kita menyertakannya. 

Umumnya art zine tak hanya berisi tentang image saja tetapi juga bisa ditambahkan informasi atau penjelasan yang ingin disampaikan kepada orang lain. 

Salah satu zine digital pernah saya publish di issuue. Kalian bisa membaca postingan saya tentang Mushroomates. 


CARA MEMBUAT ARTZINE


Ada 2 cara dalam membuat Zine.  Yang pertama adalah dengan cara manual di mana setelah jadi kalian bisa menscanenya dan menjadikannya digital. Atau cara yang kedua adalah membuatnya dalam bentuk digital kemudian dicetak untuk mendapatkan hardcopynya. 

CARA MANUAL


Untuk cara manual, kalian bisa menggunakan teknik sederhana seperti yang saya lakukan ini : 




Bahkan hanya dengan selembar kertas kita bisa juga loh membuat Zine hehehe.. Peralatan yang dibutuhkan juga gampang kok. Kalian hanya membutuhkan beberapa material berikut ini : 

  • Kertas minimal ukuran A4 karena hasilnya akan kecil sekali. Jadi pastikan untuk memilih kertas yang tepat. 
  • Cutter / Gunting.
  • Peralatan untuk membuat karya yang kalian butuhkan. 
  • Ide dan gagasan yang kalian miliki, hihihi.

Setelah kalian buat di atas kertas, kalian tinggal melipatnya mengikuti video di atas. Tips dari saya, sebelum kalian membuat hasil akhirnya, jangan lupa untuk membuat dummi lebih dahulu. 

Dummy ini nantinya bisa berfungsi untuk menentukan di halaman mana saja karya kita ingin dipampang. So.. saat Zinenya sudah jadi, karya gak terlalu berantakan penempatannya. hehehe.. 

CARA DIGITAL


Terdapat beberapa software yang bisa membantu kalian membuat Zine versi digital. Mungkin yang paling lazin orang memanfaatkan Adobe Indesign untuk merapikan layoutnya. Namun bagi yang tak memlikinya, tak usah kuatir.

Kalian bisa memanfaatkan Googel Document atau Ms. Word bahkan Photoshop untuk membuatnya. Jadi apapun softwarenya, selama kita niat mah pasti bisa. Karena zine yang saya buat pun hanya mengandalkan Google Document aja. hahaha.. 

Jika karya kalian ingin diperbanyak dalam bentuk hardcopy, tinggal diprint aja deh. hehehe.. Gampang kan ? 

KESIMPULAN


Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk menyebarkan informasi dan karya. Pilihlah yang kalian suka dan nyaman digunakan. Ada Blog, Youtube, Instagram, Zine, Offline dan Online Exhibition. Di jaman seperti sekarang ini kita bisa memanfaatkan ide, cara dan media yang tersedia. 

Semoga postingan ini bisa bermanfaat buat kita semua. hehehe.. 




0 Comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

AFFILIATE