ARTLOG | MEMBUAT BUNGA DENGAN TEKNIK LOOSE

EWAFEBRIART MEMBUAT BUNGA DENGAN TEKNIK LOOSE



Ewafebriart.com |  MEMBUAT BUNGA DENGAN TEKNIK LOOSE.

Saya adalah tipikal orang yang ingin mencoba banyak hal, termasuk yang berhubungan dengan eksperimen dalam media lukis. Ada banyak teknik dan gaya yang ingin saya pelajari. Salah satunya adalah teknik Loose dalam cat air. 

ARTLOG | MEMBUAT BUNGA DENGAN TEKNIK LOOSE 


Disclaimer : postingan ini tidak bersifat menngurui ya, saya hanya ingin berbagi pengalaman ketika saya membuat bunga menggunakan teknik loose di kertas. Tapi ngomong-ngomong, teknik loose itu apa sih ? hahaha.. Saya juga bingung sebenarnya ngejelasinnya, takut salah. Sementara itu, saya belum menemukan definisi dari teknis loose itu sendiri. 

Oleh karena itu, saya akan berusaha menjelaskan maksud dari teknis loose berdasarkan pemahaman saya ya ? kalo ada yang salah dan kurang tepat, silakan dikoreksi di bagian kolom komentar. 

TEKNIK LOOSE


Loose berasal dari bahasa Inggris yang bermakna longgar, lepas maupun kendur. Dilihat dari artikulasinya. Teknik Loose adalah teknik lukis yang terkesan bebas dan ekspresif tanpa terlihat kaku ata memiliki detail seperti umumnya karya lukis lainnya. Meski begitu, di saat bersamaan kita juga diharapkan membentuk suatu object yang jelas (bukan abstract). 

Teknik Loose umumnya digunakan untuk cat air. Kita tahu, salah satu efek cat air yang spektakuler adalah spontanitasnya mengikuti aliran air. Nah, untuk mendapatkan kesan spontan, ekspresif, bebas, luwes namun tetap cantik kita bisa memanfaatkan teknik ini. 

Dan satu hal lagi yang saya suka dari teknik ini, gak perlu rapi dan jangan takut salah. Cuek aja udah.. Hahahha.. 

BUNGA DENGAN TEKNIK LOOSE






Yang diperhatikan dalam teknik Loose itu adalah kontrol airnya. Akan lebih asyik jika kita memanfaatkan teknik wet to wet atau wet to dry dalam proses pembuatannya. Ini sesuai pengalaman saya aja ya ? Tapi kalian bebas bisa menggunakan teknik apa aja. 

Jika kalian ingin belajar tentang teknik ini, jangan lupa untuk mengikuti Youtube Esther Peck, Beliau sering memberikan tutorial dengan video singkat di feednya. Di jamin kita bisa banyak belajar tekniknya deh. hehehe.. 

KESIMPULAN 


Dalam watercolor ada begitu banyak teknik yang bisa kita pelajari. Dan kita bisa menyesuaikan teknik tersebut dengan object yang kita inginkan. Salah satunya adalah teknik Loose ini. Semoga postingan ini bisa memberikan sedirikit gambaran bagi kalian yang ingin belajar tentang melukis cat air. Selamat Mencoba. 


0 Comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

AFFILIATE