FORUM SENI LOCA INSTITUTE

Forum Seni Loca Institute



Blog Seni Indonesia - ewafebriart.com | FORUM SENI LOCA INSTITUTE. Loca Institute atau Global Art Forum Loca adalah forum seni yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Berdiri sejak 1 tahun  lalu, Loca menjadi forum berdiskusi asyik tentang hal-hal yang berhubungan dengan seni, budaya dan sosial. 

FORUM SENI LOCA INSTITUTE


Loca Institute merupakan forum seni pertama yang saya ikuti dan aktif saya datangi. Sejujurnya saya ini tipikal anak rumahan yang males banget bersosialisasi, kecuali dengan buku dan peralatan menggambar. 

Mungkin kalian sudah tahu, jika membaca beberapa postingan saya tentang pameran 30 x 30 beberapa waktu lalu. Saya pernah menyinggung perihal Loca Institute.

Yup.. Pameran tersebut terselenggara atas kerjasama Kilau Art Studio dan juga seniman yang bergabung dalam Loca Institute. Asyik ya ? hehe.. gak cuma bisa belajar di sana, tapi juga bisa bikin project bareng-bareng. Hehehe... 

DISKUSI SENI 

logo loca institute


Ngomong-ngomong, kenapa mereka memberi nama Global Art Forum ya ? Kenapa gak Community

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya saya mencari informasi tentang pengertian komunitas dan forum terlebih dahulu. Hihihi.. dengan begitu kita jadi lebih paham, mengapa nama forum yang dipilih, bukan komunitas. 

Yang dimaksud dengan Forum ialah :


1. COUNTABLE NOUN 

A forum is a place, situation, or group in which people exchange ideas and discuss issues, especially important public issues. 
Members of the council agreed that it still had an important role as a forum for discussion. [+ for]  
The organisation would provide a forum where problems could be discussed. 
Synonyms: meeting, conference, assembly, meeting place . 

2. COUNTABLE NOUN 

In ancient Roman towns, the forum was a square where people met to discuss business and political matters.

Jika diartikan dalam Bahasa Infonesia, Forum adalah tempat, situasi, atau sebuah grup di mana anggotanya saling bertukar pikiran dan berdiskusi tentang isu, terutama yang menyangkut tentang isu krusial.

Sementara, Komunitas adalah : 


1. SINGULAR NOUN [with singular or plural verb] 

The community is all the people who live in a particular area or place. 
He's well liked by people in the community.  
The community has set up a campaign to save the park.  
The growth of such vigilante gangs has worried community leaders, police and politicians.  
Synonyms: society, people, public, association 

2. COUNTABLE NOUN [with singular or plural verb] 

A particular community is a group of people who are similar in some way. 
The police haven't really done anything for the black community in particular. 
...the business community.  

3. UNCOUNTABLE NOUN 

Community is friendship between different people or groups, and a sense of having something in common. 
The retirement home provides a sense of community.  
Two of our greatest strengths are diversity and community. 

Dalam Bahasa Indonesia, Komunitas diartikan sebagai kumpulan orang atau grup yang memiliki ketertarikan pada hal yang sama. Entah itu berupa tempat, hobbi, pekerjaan atau lainnya. 

Dari dua penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa Forum merupakan tempat yang digunakan untuk berdiskusi. Ini artinya siapapun bisa bergabung selama mereka ingin berkomunikasi dan bertukar pikiran, tanpa harus memiliki ketertarikan yang sama terhadap satu hal. 

Loca Instutute memilih nama Forum karena memang di dalamnya terdapat banyak orang dari latar belakang yang berbeda dengan ketertarikan yang berbeda pula, namun mereka senang hati berbagi ilmu / pikiran dan bahkan berdiskusi bersama tentang suatu isu tertentu. Pas kebetulan, isu-isu tersebutun berhubungan dengan sosial, budaya dan seni. 

Maka terciptalah tag Global Art Forum sebagai wadah untuk siapapun yang ingin berkontribusi dalam menyampaikan ide-idenya maupun ingin berdiskusi tentang hal yang berhubungan dengan sosial, budaya dan seni. 

PROJECT LOCA INSTITUTE


Meskipun sebuah forum, bukan berarti Loca Institute hanya berkutat tentang masalah diskusi saja. Ada beberapa project yang terlahir sebagai tindakan dari hasil diskusi tersebut.

Walapun bukan menjadi solusi mutlak, tapi setidaknya project tersebut menjadi salah satu opsi yang dilakukan supaya permasalahan yang terjadi bisa menjadi awareness buat yang lainnya. 

Salah satu project yang pernah dikerjakan adalah menyelenggarakan Pameran 30 x 30 yang bertujuan untuk menyebarkan kesadaran terhadap kerusakan lingkungan yang sedang kita alami. Ke depannya saya yakin akan banyak projrct baru yang terlahir dari Loca. Project-project tersebut diharapkan akan bermanfaat untuk kepentingan banyak orang. 

FORUM GLOBAL 


Tak seperti sebuah komunitas yang secara eksklusif mengakomodir anggotanya saja, Forum Loca bisa menjadi wadah siapapun untuk berkarya. Terbukti dari media websitenya yang bisa diakses dan menerima kontributor dari manapun untuk bergabung bersama. Mereka diberi tempat untuk menjadi kontributor tulisan dalam hal seni, budaya dan sosial. 

Tak hanya itu, Loca Institute juga memberi kesempatan untuk siapapun yang ingin menampilkan karyanya di Website. Hal ini dimaksudkan untuk memberi ruang terhadap mereka yang butuh tempat untuk bersuara maupun berkarya. Meskipun begitu, untuk kenyamanan bersama, tetap ada term and condition yang berlaku.

Ya paling tidak buat kita-kita yang memiliki unek-unek atau ingin berbagi pengetahuan tentang seni, sosial dan budaya, tapi bingung mau di-up kemana, bisa menjadi kontributor Loca. hehehe.. 

KESIMPULAN


Komunitas Seni di Indonesia mungkin sudah banyak, tapi forum khusus membahas tentang seni, budaya dan sosial rasanya masih sedikit sekali ya ? Jadi buat kalian yang ingin berdiskusi atau bertukar pikiran, bisa banget tuh ikutan menjadi kontributornya. hehehe.. 

Gimana ? Gimana ? Asyik kan ? Ada wadah baru yang asyik punya.. huehuehue... 

0 Comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.