LITERASI SENI

Literasi Seni Adalah

Blog Seni Indonesia - ewafebriart.com | LITERASI SENI

Literasi Seni adalah kemampuan seseorang dalam mengapresiasi, memahami dan bahkan ikut terlibat dalam berbagai macam aspek seni budaya. Dalam hal ini mencakup tentang pemahaman terhadap berbagai macam unsur. Di antaranya tentang konsep, bentuk, jenis, struktur, gaya bahkan pesan yang tersirat dalam karya seni tersebut. Seperti apa pembahasan lengkapnya ? Yuk baca hingga habis.

LITERASI SENI

Salah satu alasan mengapa saya mengangkat tema ini untuk dibahas dalam blog adalah karena saya merasa sangat awam tentang seni. Hal yang menghubungkan saya dengan dunia seni hanyalah karena saya pernah bekerja di toko alat lukis. Meski begitu, saya terus belajar untuk memahami tentang seni melalui berbagai media. Misalnya saja dengan fokus membuat riset sekaligus membahas tentang produck knowledge tentang artists' material di blog ini.

DEFINISI LITERASI SENI

art literacy

Untuk memahami apa yang dimaksud dengan literasi seni, mari kita pelajari terlebih dahuu tentang pengertian dan definisinya :

"Literasi Seni adalah kemampuan seseorang dalam mengapresiasi, memahami dan bahkan ikut terlibat dalam berbagai macam aspek seni budaya."

Secara lugas literasi seni artinya adalah "melek" akan dunia seni. Meski kita tidak secara langsung terlibat dalam kegiatan seni seperti seorang seniman, paling tidak kita bisa memahami pesan yang disampaikan oleh para seniman melalui karya mereka. Misalnya saja kita bisa merasakan kesedihan ketika mendengarkan lagu-lagu tertentu, kita bisa berempati saat menikmati lukisan dan visual art, dan lain-lain.

MENGAPA LITERASI SENI PENTING ?

Literasi seni memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan peradaban manusia. Melalui dunia seni budaya, masyarakat akan mengenal tentang sejarahnya sekaligus berusaha membangunnya dengan cara-cara yang kreatif.

Seperti apa yang kita rasakan sekarang, di mana isa era pasca pandemi membuat kita merasa sangat normal apabila menikmati seni melalui pameran digital saja. Dahulu, kita hanya bisa menikmati pameran seni jika mengunjungi tempat atau galery penyelenggara. Namun saat ini, kita bisa menyaksikan secara langsung pameran seni, meski hanya melalui layar mobile phone.

Perubahan fenomena tersebut membuat kita juga harus belajar menyesuaikannya. Untuk itu dibutuhkan literasi seni agar kita sebagai orang awam mengerti tentang perubahan yang terjadi pada dunia seni itu sendiri. Terlebih jika kita memang orang yang terlibat secara langsung dalam dunia seni, maka kita harus belajar tentang bagaimana harus bersikap saat menghadapi situasi seperti sekarang ini.

APA MANFAAT LITERASI SENI

apa manfaat literasi seni

Membahas tentang seni pada dasarnya banyak aspek yang saling terhubung dan memberikan manfaat satu sama lainnya. Sebagai contoh ketika kita membahas tentang seni dan psikologi maka kita tidak hanya menyinggung topik tentang seni saja tetapi juga menyelusup perihal kondisi jiwa manusia. Oleh sebab itu, literasi seni tidak hanya berdampak pada pemahaman kita tentang aspek estetika semata, tetapi mencakup banyak hal termasuk isu sosial.

Yang menjadi pertanyaan adalah apa sih manfaat yang kita dapatkan dari mempelajari dan memahami tentang literasi seni ? Apakah hal tersebut akan mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari ? atau justru terbatas pada dunia seni itu sendiri ? nah kita coba telusuri dengan beberapa poin berikut ini ya :

  1. Historical >> Seni biasanya digunakan untuk melestarikan nilai budaya dan sejarah. Sebut saja seni tari yang sarat akan makna dan latar belakang pada saat dibuat. Jadi seni tari tak semata-mata hanya menyajikan gerakan yang ritmis dan layak dinikmati namun juga mengandung nilai pesan, histori dan filosofi tertentu.
  2. Cognitif >> Meski seni terkadang jauh dari ilmu sains, namun nyatanya seni menjadi media untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada manusia. Hal ini sesuai dengan gagasan yang diungkapkan oleh Amy E. Herman dalam bukunya Visual Intelligence, di mana ia berpendapat bahwa seni mampu membangun persepsi manusia dalam memandang dunia.
  3. Critical Thinking >> Dalam proses membuat seni, biasanya seorang seniman tidak hanya modal ide dan gagasan saja. Tetapi juga memikirkan tentang latar belakang apa yang membuat ia berkeinginan untuk berkarya ? apakah gagasan tersebut memiliki kebermanfaatan bagi orang lain atau tidak ? Saat dalam proses tersebut ia akan melewati tahapan-tahapan berpikir kritis, menganalisis dan bahkan mengevaluasi karyanya sebelum ia tampilkan dihadapan publik.
  4. Creative Thinking >> Manfaat yang satu ini tentu sudah tidak diragukan lagi. Dunia seni yang identik dengan ranah kreativitas tentu menjadi sebuah media bagi siapapun untuk mengembangkan sekaligus menguji kreativitas mereka.
  5. Awareness and Mental Illness >> Seni yang sering digunakan sebagai media katarsis tentu akan mempengaruhi kesehatan mental manusia. Entah itu dalam kondisi negatif atau positif. Beberapa seniman memanfaatkan seni sebagai media terapi dari trauma yang mereka alami. Namun ada juga yang justru sebaliknya. Ada orang-orang yang masuk ke ranah seni, namun justru kehidupan mereka makin miris terjadi.
  6. Linguistik Intelligence >> Terkadang kita memahami seni itu hanya sebatas seni lukis, tari dan musik tetapi kita sering lupa bahwa dalam dunia seni, kecerdasan linguistik juga menjadi salah satu hal penting untuk dipelajari. Misalnya saja ketika kita membuat musikalitas puisi, lirik lagu, atau bahkan yang terbaru adalah saat membuat prompt yang akan kita operasikan pada AI seperti Dall E. Selain itu, seni juga menjadi media ekspresi manusia sehingga mereka mampu berkomunikasi dengan bagi melalui karya-karyanya pada publik.
  7. Mindfullness >> Seni mampu meningkatkan kualitas hidup kita. Tidak hanya dalam aspek finansial saja tetapi juga spiritual. Melalui seni manusia akan belajar tentang makna hidup atau bahasa non verbal. Suatu pembelajaran yang tak terlihat nyata oleh mata kepala tetapi bisa terbaca oleh mata hati. Rasa adalah unsur seni yang akan mempengaruhi cara hidup manusia yang mindfull.

Memiliki literasi seni akan membantu kita memperkaya perspektif. Kita perlu menyadari bahwa dalam hidup ini, informasi dan pengetahuan tak hanya datang melalui bahasa dan verbal saja tetapi juga bersumber dari bahasa non-verbal. Untuk bisa memahami makna dan apa yang tersirat, kita membutuhkan rasa dan semiotika sehingga kita bisa belajar dan menangkap informasi yang telah disediakan oleh Tuhan melalui pertanda dan peristiwa.

BAGAIMANA CARA MENINGKATKAN LITERASI SENI ?

Bagaimana cara meningkatkan literasi seni ?

Setelah kita memahami pentingnya literasi seni, kini kita perlu berupaya untuk meningkatkan kemampuan ini. Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk belajar literasi seni, di antaranya beberapa tips berikut ini :

  1. Membaca buku seni. Bagi kita yang mungkin lebih asyik membaca daripada melukis, maka aktivitas yang satu ini juga bisa kita lakukan guna memperkaya pengetahuan kita akan seni. Salah satu buku yang saya rekomendasikan untuk dibaca adalah Visual Intelligence karya Amy E. Herman. Atau bisa juga mengunduh dan membaca ebook pdf seperti "Belajar Cat Air karya ewafebri"
  2. Membaca artikel atau konten blog yang membahas tentang seni. Salah satunya blog ewafebriart.
  3. Berkunjung ke Galeri atau Museum tentang seni. Kita bisa mengunjungi berbagai acara dan pertunjukan yang menyajikan tentang acara seni seperti exhibition atau pagelaran seni lainnya.
  4. Belajar dan ikut serta dalam kegiatan seni. Misalnya menari, melukis, berpuisi dan lain sebagainya. Bisa juga mengikuti komunitas seni. Beberapa tahun lalu bahkan saya merasa kepedean ikut pameran seni 30 x 30 meski hanya berlangsung sesaat saja. Hahaha..
  5. Riset dan menulis tentang seni. Sebagai seorang blogger yang tertarik dengan dunia seni, saya tidak hanya menyempatkan membaca buku yang berhubungan dengan seni, tetapi juga menyempatkan menulis topiknya. Hal ini saya lakukan agar selama proses menulis saya bisa melakukan riset tentang topik seni yang dibahas. Dengan begitu kita menggunakan dua metode belajar sekaligus, yakni riset dan menyampaikan kembali.
  6. Membuat karya seni sendiri adalah pembelajaran yang paling manjur dalam mendapatkan pengetahuan tentang seni. Karena dengan pengalaman membuat karya seni kita merasakan tantangan dan memahami bagaimana cara mempratikkannya. Dan dari pengalaman ini biasanya kita bisa belajar mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan dari media yang kita gunakan.
  7. Menonton film akan meningkatkan pemahaman kita pada sebuah cerita sekaligus menambah perbendaharaan kata. Pun kita juga bisa belajar tentang plot serta pesan moral yang disampaikan.
  8. Membuat ulasan atau review tentang seni yang pernah kita saksikan. Membuat suatu ulasan, kritik dan review tentang seni pada dasarnya mengajarkan kita tentang cara berpikir kognitif. Kita secara saksama akan menganalisa, mengamati dan belajar tentang seni itu sendiri sehingga terkadang kita mendapatkan pengetahuan secara langsung.

Literasi seni merupakan sebuah teknik untuk meningkatkan cara berpikir kreatif sekaligus kritis. Dengan mempelajari seni, kita tidak hanya mampu menikmati estetikanya saja tetapi juga melatih diri untuk memahami bahasa non-verbal. Seni juga bisa menjadi media terapi dan komunikasi, jadi tidak ada salahnya jika kita mulai belajar tentang seni mulai hari ini !

Jika kalian ingin terus update tentang pembahasan seni, jangan lupa untuk follow dan share artikel ini. Siapa tahu kalian juga ikut andil meningkatkan literasi seni pada masyarakat kita. Sehingga kita bisa belajar bersama dan saling membangun dunia melalui bahasa non verbal.

Referensi :

Source: Conversation with Bing, 11/26/2023
  1. Menyoal Literasi Seni Budaya: Memahami dan Mengapresiasi Warisan Budaya .... https://perpusteknik.com/literasi-seni-budaya/.
  2. Penerapan Literasi Budaya dan Kewargaan Melalui Kesenian ... - Kompasiana. https://www.kompasiana.com/raisaainazz/614948fd010190370b54a332/penerapan-literasi-budaya-dan-kewargaan-melalui-kesenian-sunda-di-smpn-1-salawu.
  3. Pembudayaan Literasi Seni Di SD - Google Books. https://books.google.com/books/about/Pembudayaan_Literasi_Seni_Di_SD.html?id=WuUaEAAAQBAJ.
  4. 12 Art Activities to Build Literacy Skills - Education.com Blog. https://blog.education.com/2019/10/03/12-art-activities-to-build-literacy-skills/.
  5. 5 Ways to Bring Literacy Into the Art Classroom. https://theartofeducation.edu/2018/12/5-ways-to-bring-literacy-into-the-art-classroom/.
  6. Why Is Arts and Creative Literacy Important? | Golden Road Arts. https://www.goldenroadarts.org/art-resources/why-arts-and-creative-literacy-important/.
  7. Art Literacy: How to Embed Art Literacy in Your Curriculum. https://theartyteacher.com/embedding-literacy-in-the-art-curriculum/.
  8. Pentingnya Literasi Sastra dan Seni Dalam Pengembangan Diri. https://www.radarliterasi.web.id/2023/03/pentingnya-literasi-sastra-dan-seni.html
  9. 12 Manfaat Belajar Seni Secara Umum - IlmuSeni.com. https://ilmuseni.com/dasar-seni/manfaat-belajar-seni
  10. Fungsi Seni Beserta Pengertian Dan Jenisnya - Gramedia Literasi. https://www.gramedia.com/literasi/fungsi-seni/
  11. 10 Manfaat Literasi Bagi Kehidupan - Manfaat.co.id. https://manfaat.co.id/manfaat-literasi.
  12. Literacy in the creative arts - NSW Department of Education. https://education.nsw.gov.au/teaching-and-learning/curriculum/creative-arts/planning-programming-and-assessing-creative-arts-k-6/literacy-in-the-creative-arts.
  13. 12 Art Activities to Build Literacy Skills - Education.com Blog. https://blog.education.com/2019/10/03/12-art-activities-to-build-literacy-skills/.
  14. How to Use Visual Art to Build Literacy - Great Minds. https://greatminds.org/visual-art-literacy.
  15. Credit images : generate by Dall E 3

Post a Comment

0 Comments