CAT FLUORESCENT

cat fluorescent adalah


Art Blog Indonesia - ewafebriart.com | CAT FLUORESCENT atau Cat Fluo adalah cat yang menghasilkan warna cerah dan menyala (belum tentu menyala di kegelapan). Apa saja yang masuk dalam kategori cat ini ? Ini dia ulasannya. 

CAT FLUORESCENT 


Pernah melihat hasil lukisan yang sangat terang dan mencolok ? Seperti karya-karyanya Muklay. Apabila kita perhatikan dengan seksama, ada warna yang terlihat paling cerah (shocking) dibandingkan warna lainnya. 

Warna Fluorescent sering disebut juga dengan warna stabilo (mengacu pada warna highlighter merk stabilo) atau scotlight

CIRI-CIRI CAT FLUORESCENT


Dalam dunia lukis warna tersebut disebut dengan warna Fluorescent atau singkatnya Fluo. 

Umumnya jenis cat ini hanya disediakan dalam bentuk cat acrylic saja, atau cat poster. Saya belum menemukan warna Fluo pada cat minyak (kecuali Pink pada Maries Oil). 

Penggunaan cat Fluorescent memang tak seperti warna lainnya, karena cat ini memilki beberapa ciri berikut ini : 

  • Memiliki pigmen transparant. Karena pigmen Fluo transparant, jadi jangan heran apabila dikuas di atas warna yang lebih gelap, butuh beberapa lapis untuk bisa mengeluar warna yang maksimal. 
  • Lebih cerah apabila background warna yang digunakan adalah putih. 
  • Pada cat acrylic maupun poster, warna fluo lebih cepat menggumpal dibandingkan warna lainnya. Jadi, simpannya pada suhu dan ruangan yang tepat. 
  • Bisa di mixed media dengan waterbased lainnya. 
  • Meski banyak pilihan Fluo tapi yang outstanding hanya warna Kuning, Orange, Pink, Merah dan Hijau. Selain warna tersebut, efeknya hanya cerah saja. 
  • Mengeluarkan sinar UV apabila kita sorot dengan lampunya. 
  • Hanya terdapat pada cat acrylic maupun cat poster saja. 
  • Cat Fluorescent berbeda dengan cat Glow In The Dark. Pada cat Glow In The Dark terdapat bubuk Fosfor yang bisa membuat menyala, sementara Cat Fluo hanya menimbulkan warna shocking saja. 

CARA MENGGUNAKAN CAT FLUORESCENT


Sama halnya seperti menggunakan cat acrylic maupun cat poster, cat fluorescent digunakan sesuai jenis catnya saja. 

Kita bisa menambahkan medium / air sebagai pencampur (pada cat acrylic) atau cukup air/langsung digunakan pada cat poster. Tergantung kebutuhan.

Untuk hasil akhir, kita bisa memproteksi dengan menggunakan fixative atapun varnish acrylic. 

BRAND YANG MENGELUARKAN CAT FLUORESCENT


CAT ACRYLIC 


Dan berikut ini beberapa brand yang mengeluarkan cat jenis fluorescent yang bisa menjadi pilihan kamu melukis. 

  • Amsterdam Acrylic : Reflex Yellow, Reflex Red, Reflex Orange dan Reflex Green.
  • System 3 Acrylic : Fluorescent Yellow, Fluorescent Red, Fluorescent Pink, Fluorescent Orange, Fluorescent Green dan Fluorescent Blue.
  • Tesla : Fluo Yellow, Fluo Orange, Fluo Pink, Fluo Green.
  • Maries : Fluo Yellow, Fluo Orange, Fluo Pink dan Fluo Green.
  • Mont Marte : Fluorescent Set 8 Color x 20 ml. 

CAT POSTER


Untuk cat poster, yang saya ketahui cuma brand Sakura Fluorescent, Asturo dan Pentel saja. Cat poster ini bisa juga digunakan berbarengan dengan cat air loh, untuk membuat warna yang bikin mata langsung melek. Hahha.. 

Mungkin warna produk lainnya juga ada ya Gaes, cuma kebetulan yang saya tahu cuma 3 brand tersebut saja.

Owh iya, bahkan Sakura Gelly Roll pun mengeluarkan warna Fluo. Hehee.. Nah kalo yang ini bisa ditulis di kertas gelap, karena warnanya masih mau muncul di atas permukaannya. 

KESIMPULAN 


Umumnya Cat Fluorescent tersedia dalam bentuk waterbased. Saya tidak tahu alasannya kenapa jarang kita temui dalam bentuk cat minyak. 

Kalo menurut opini saya sih, mungkin karena cat minyak lebih banyak digunakan untuk melukis dengan warna-warna nature atau klasik. Dibandingkan warna pop art layaknya acrylic. 

Jenis cat Fluorescent jelas beda dengan Glow In The Dark ya. Meskipun kita tahu bahwa cat Glow In The dark selalu menghasilkan warna Fluorescent. Begitulah kira-kira. 

Kalo menurut kalian, lebih suka menggunakan cat dengan warna seperti apa ? Apakah Fluo ? Atau Glow In The Dark ? Atau kayak saya, suka-suka aja yang penting bisa berkarya. Hehhee... ! Share opinimu di kolom komentar yuk ! 

0 Comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.