APA SIH PODCAST ?

apa sih podcast


Blog Seni Indonesia - ewafebriart.com | APA SIH PODCAST ?  Owh iya, belakangan ini mulai demam Podcast dimana-mana ya ? kalian tahu nggak sih apa sebenarnya Podcast ? Hahaha.. Kalo belum, jangan kuatir kita sama. karena saya juga baru memahaminya sekarang. hahaha.. Kira-kira, apa sih Podcast ?

APA SIH PODCAST ? 


Podcast di Indonesia memang tidak terlalu booming seperti di luar negeri. Namun, ketenarannya semakin bertambah saat mulai ada banyak Youtuber yang mengangkat tema berkaitan Podcast. Apabila kita ingin mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan tanpa mengeluarkan biaya kursus, maka mendengarkan podcast adalah cara yang tepat. 

Saat ini, jika kalian masih awam tentang podcast dan belum memahami apa itu Podcast, saya harap kalian bisa menjadi lebih paham dengan membaca artikel ini. Ada banyak pakar yang mau berbagi tentang bidangnya melalui Podcast. Pastinya Podcast itu berbeda dari radio. Salah satu podcaster asal Indonesia yang terkenal adalah Joe Hartanto & Wei Wei

Pengertian dari Podcast 


Sebagian besar orang Amerika, Australia, dan UK suka mendengarkan Podcast sembari menunggu sesuatu. Misalkan saja saat harus bepergian jauh menggunakan kereta. Sedangkan masyarakat kita belum banyak cara memanfaatkan Podcast. Bagi kalian yang baru mau belajar dan mencobanya , sekarang belum terlambat. 

Definisi dari Podcast adalah berkas digital yang dikemas dalam bentuk audio yang mana pendengarnya perlu melakukan download terlebih dahulu terhadap audio yang ingin didengarkan. Kita bisa juga mengatakan bahwa Podcast adalah audio non-streaming, sehingga sangat berbeda dari radio yang harus streaming. 

Sedangkan kesamaan antara Podcast dengan radio adalah adanya pemilihan terhadap apa yang ingin didengarkan. Pada radio, memungkinkan pendengarnya untuk mendengar radio stasiun 1 atau stasiun 2. Pada Podcast, pendengarnya dapat memilih untuk mendengarkan audio milik siapa yang diupload. 

Baca juga : Beli hosting dimana? Disini tempat beli hosting murah

Sejarah Singkat Podcast 

Jika kita berniat untuk memahami apa itu Podcast, maka perlu mengetahui sejarah singkatnya. Istilah Podcast pertama kali muncul berkat Ben Hammersley melalui surat kabar The Guardian pada tahun 2004. Kata Pod pada Podcast berarti Playable on Demand atau dimainkan sesuai permintaan. 

Awalnya Podcast didesain hanya bisa dipakai oleh pengguna Mac maupun iPod saja. Pengguna Podcast semakin meningkat dari tahun ke tahun dan sempat menjadi sangat booming pada 2007 silam. Sebagian besar masyarakat Indonesia mulai mendengarkan Podcast sejak 2012. Namun hanya masyarakat yang berada di wilayah perkotaan saja yang pahan Podcast pada saat itu. 

Dahulu saat awal mula kemunculan Podcast melakukan pengunduhan sangat sulit, karena internet belum semudah sekarang untuk mengaksesnya. Berkat perkembangan teknologi, sekarang semua orang dapat mendownload dan mendengarkan Podcast dengan lebih mudah. 

Apa Saja Topik yang Ada di Podcast? 


Setelah memahami apa itu Podcast dan sejarah singkatnya, orang yang baru mengenal Podcast sering bertanya mengenai apa saja topik yang ada di dalamnya. Pastinya saat ini sudah ada lebih dari 250.000 pengguna yang mana masing-masing memiliki topik berbeda-beda. 

Beberapa kategori topik yang populer adalah Seni, Bisnis, Komedi, Edukasi, Games & Hobi, Kesehatan, Musik, dan lain-lain. Apapun passion yang kalian miliki hampir semuanya terdapat di sana. Misalkan saja, kita doyan main game Mobile Legend, maka kita bisa menemukan Podcaster yang membawa tema tersebut dalam bentuk hanya audio. 

Biasanya berisikan tentang tips dan trik atau membahas tentang update terbaru dari karakternya. Beberapa topik Podcast tentang game lainnya yang juga terkenal di Amerika yakni Walking Dead, Lost, Clash of Clan, dan lain-lain. Apabila passion kalian adalah ilmu pengetahuan tentang berita terbaru, maka kamu bisa unduh audio tentang BBC. 

Baca juga : Cara membuat daftar isi

Memang sebagian besar tema tersebut masih menggunakan bahasa Inggris. Lumayan kan, karena kita bisa sekalian belajar mendengarkan bahasa Inggris sambil mendapatkan ilmu pengetahuan. 

Kelebihan Menggunakan Podcast 


Ada banyak sekali kelebihan dengan mendengarkan Podcast atau memiliki akun di sana. Jadi kita bisa sekaligus mendengarkan audio bermutu daripada hanya bengong saat menempuh perjalanan jauh. Kebiasaan mendengarkan audio ini juga bisa kita lakukan saat sedang me time di rumah. Beberapa kelebihan dari Podcast diantaranya: 

1. Tersedia Banyak Topik 


Tersedia bermacam-macam kategori topik yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Bahkan variasi topik ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang ada di radio. Misalkan saja sekarang kamu sebutkan ada berapa segmen radio yang membahas bisnis. Paling maksimal biasanya hanya 10-an saja. 

Dengan menggunakan Podcast, kita akan bisa memilih siapa pakar yang membawa topik pembahasannya. Kita juga bisa pilih yang paling sesuai dengan bisnis yang akan atau sudah kita miliki. 

2. Tidak Ada Iklan 


Saat ini memang tersedia banyak sekali aplikasi streaming radio, tetapi semua itu tidak gratis bagi developernya. Mungkin kita dapat mendengarkan secara cuma-cuma, tetapi developer harus mencari iklan guna mendanai keberlangsungan perusahaan dan karyawan mereka. Alhasil, mereka akan menerima banyak iklan dari perusahaan lainnya. 

Sedangkan iklan yang terdapat pada aplikasi memang terkadang sangat mengganggu pengguna. Namun, kita tidak akan bisa menghindari iklan tersebut setiap kali akses streaming radio. Solusinya adalah coba mendengarkan Podcast. Pengunduhan terlebih dahulu terhadap audio yang ingin didengarkan membuat tidak bisa ada iklan yang tayang selama kamu putar itu audio. 

3. Bisa Mendengarkan Tanpa Adanya Batasan Waktu 


Kamu yang punya kebiasaan mendengarkan radio, pasti sudah memahami bahwa setiap segmennya memiliki batasan waktu tayang. Jika sudah selesai jadwal tayangnya, maka kita tidak akan dapat mendengarkannya. Hal tersebut tidak berlaku bagi Podcast. Meskipun kamu adalah pengguna Podcast yang baru, kamu tetap dapat akses audio di tahun 2012 silam. 

Bisa saja hari ini kita sibuk dan punya banyak job desk dan baru mau mendengarkan setelah pulang bekerja. Itu semua bisa dilakukan hanya dengan aplikasi ini. 

4. Otomatis Menerima Update Episode Terbaru 


Apabila kita menyukai suatu topik yang ada dalam Podcast, kita juga bisa putuskan untuk menerima update secara otomatis. Setiap kali episode terbaru muncul dari topik apa yang kita suka, kita akan segera diberitahu dan langsung terdownload. Alhasil, kita tinggal langsung mendengarkan saja audio hasil unduhannya. 

5. Bisa Dihapus Saat Tidak Perlu Didengar Lagi 


Sudah mendengarkan sebuah audio yang diunduh dari Podcast dan bosan? Langsung hapus saja audio tersebut, supaya kapasitas smartphone kita juga tidak penuh. Jika kamu memerlukannya kembali, maka hanya perlu mengunduh kembali. 

Cara Membuat Akun di Podcast 


Bosan menjadi pendengar saja dan merasa ingin berbagai ilmu pengetahuan dengan para pendengar lainnya? Kalian bisa segera mendaftarkan diri untuk menjadi Podcaster dan turut meramaikan topik Podcast di sana. Usahakan kalian memiliki gaya penyampaian yang unik dan menarik. 

Perlu membahas suatu topik secara mendalam, sehingga orang semakin tertarik mendengarkan audio kamu. Caranya bergabung adalah dengan memasukkan audio yang sudah kalian rekam ke Soundcloud atau Apple Podcast. Setelah memasukkan audio kamu, sisanya kita hanya perlu mengelola jadwal update. 

Tidak perlu alat perekam paling mahal, yang penting kita memiliki skill untuk mengedit rekaman suara. Jangan membuat topik yang monoton dan cobalah untuk menggali topik-topik yang unik dan membahasnya secara mendalam. Untuk Gaya bicara, bisa juga kalian pelajari dari pembawa radio profesional, sehingga lebih enak didengarkan.

0 Comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.