APA SIH PSYCHEDELIC ART ?

Psychedelic Art Adalah



Blog Seni Indonesia - ewafebriart.com | APA SIH PSYCHEDELIC ART ?
Apakah kalian pernah mendengar istilah ini ? Kalo belum, tak apa. Saya pun juga baru mengetahuinya. hahahha.. Yuk ah, kita kulik sedikit tentang hal ini. 

APA SIH PSYCHEDELIC ART ?


Beberapa waktu lalu saya memposting sebuah illustrasi yang belum saya warnai di Instastory. Kemudian seorang teman memberikan respon dengan mengatakan bahwa ada baiknya warna yang saya gunakan ala-ala psychedelic. Saya pun jadi penasaran. Warna macam apa ini ? Istilah apalagi ini ? kok saya baru ngerti. Duh Kudet !

PSYCHEDELIC ART ADALAH....


Usut punya usut sebenarnya saya sering melihat karya model psychedelic ini. Umumnya karya jenis ini memang memiliki banyak warna dan tekstur atau warna warni. Tapi sebenarnya apa sich yang dimaksud dengan karya ini ? 

Berdasarkan research di Mbah Google, saya pun menemukan definisi Psychedelic Art sebagai berikut ini : 

" Psychedelic art (also known as psychedelia) is art, graphics or visual displays related to or inspired by psychedelic experiences and hallucinations known to follow the ingestion of psychedelic drugs such as LSD and psilocybin. "

Kalo di Bahasa Indonesia-kan adalah " 

 
Psychedelic art (yang dikenal juga sebagai psychedelia) adalah karya seni, grafik atau bentuk visual yang berhubungan dengan atau terinspirasi oleg pengalaman Psychedelic dan halusinasi akibat pengaruh obat-obatan seperti LSD dan Psilocybin. "

Ini agak ngeri maknanya ya ? hahaha.. Duh.. Intinya Psychedelic ini adalah karya seni yang merupakan manifestasi dari pikiran yang diwujudkan dalam warna-warna yang terang, bentuk surreal, animasi (bahkan kartun) dengan tujuan untuk membangkitkan, menyampaikan dan meningkatkan pengalaman psikedelik atau halusinasi. 

SEJARAH PSYCHEDELIC ART


Istilah Psychedelic pertama kali diciptakan oleh Humphry Fortescue Osmond (1 July 1917 – 6 February 2004). Seorang Psikiatris dari Inggris, yang kemudian pindah ke Amerika Serikat. Arti Psychedelic sendiri adalah "Mind Manifesting" atau Manifestasi pikiran. 

Karya dengan aliran Psychedelic mulai berkembang di tahun 1960an. Tak hanya berpengaruh pada senirupa, tapi juga pada dunia fesyen dan musik juga. Umumnya karya-karya ini memang dibuat berdasarkan pengalaman psikedelik/halusinasi, jadi jangan heran jika hasil visualnya pun memiliki gaya tersendiri. 

APAKAH HARUS GITING BARU BISA MEMBUAT KARYA DENGAN GAYA INI ? 


Mindmap, A5, Watercolor On Paper, 2020



Jawabannya, Tidak juga !

Hahaha.. Tapi mungkin jika bertanya pada true artist, maka jawabnnya akan berbeda. Pasti mereka akan menjawab, " Tentu Saja !". Tapi jika kalian bertanya pada saya, jawabannya tentu saja tidak. hahaha.. 

Cerita Minggu lalu saya berhasil membuat sebuah karya, yang bahkan saya gak tahu idenya muncul darimana. Saat itu yang ada dalam pikiran saya hanya membuat karya dalam bentuk pattern dengan obyek jamur dan Bowgel di dalamnya. 

Kemudian muncullah ide itu dengan membuat illustrasi dengan pattern salur dan object yang bermunculan di dalamnya. Hingga kemudian saya mendapatkian respon dari seorang teman untuk memberikan warna tersebut dengan gaya psychedelic. 

Sejujurnya gaya ini memang lebih cocok saya adaptasi, mengingat pikiranku tuh penuh dengan hal-hal janggal dan absurd. Plus, saya gak akan bisa membuat lukisan yang realis. Hahaha.. Bentuk gelombang (gak harus rapi), pattern, dan kartun menjadi 3 hal yang bisa membuat saya nyaman dengan gaya ini.

Eits.. ke depannya saya juga pingin banget mengeksplorasi gaya ini (tanpa pengalaman halusinasi ya ? agak ngeri soalnya, hahaha.. Cukup sekali pas dioperasi saja halunya, gak mau terulang lagi, hahaha). 

Saya ingin mencoba beberapa pattern maupun gradasi warna lainnya, meski tak menutup kemungkinan akan mencoba gaya lainnya suatu saat nanti.  Tapi yang terpenting saya mencoba melibatkan emosi saat membuatnya nanti. 

KESIMPULAN


Semakin belajar mendalami tentang seni, semakin banyak hal yang gak saya mengerti. Hahaha.. Ada saja hal baru yang baru saja diketahui. Unik dan bikin penasaran tentu saja. Nah itu juga alasannya kenapa saya membuat postingan ini. Bukan bermaksud untuk menggurui, tapi lebih kepada manifesto pikiran saya dalam proses belajar seni. 

Siapa tahu saja, ke depannya saya ingin mengetahui bagaimana proses saya belajar dan berkembang dalam dunia seni / visual. Plus, sejujurnya.. saya juga butuh bahan materi untuk membuat tulisan di Blog ini. hahaha... 

By the way, bagaimana menurut kalian tentang karya saya ini ? apakah sudah bisa dianggap dengan gaya psychedelic art ? tulis opini kalian di kolom komentar yuk ! heheha... 




0 Comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.