PORTFOLIO PHOTOGRAPHY BY EWAFEBRI




Blog Seni Indonesia - ewafebriart.com | PORTFOLIO PHOTOGRAPHY BY EWAFEBRI

Ada yang punya hobbi fotografi ? Tapi hanya bermodalkan mobile camera ? Tenang, kita sama. Saya pun memotret hanya bermodalkan hape jadul "cekrek, cekrek, cekrek" doank. Tapi paling tidak kita bisa menghasilkan cerita dan memori, hehehe.. By the way, penasaran gak sih tentang alasan saya membuat portfolio photography ? 

PORTFOLIO PHOTOGRAPHY BY EWAFEBRI



Setelah mempertimbangkan sekian lama, akhirnya saya memutuskan untuk membawa hasil foto saya ke Blog ini. Sayang juga kalo cuma menghiasai linimasa Instagram, sementara saya sering update Blog ini. Hahaha.. 

Ada beberapa alasan kenapa saya membuat portfolio khusus untuk hobbi saya yang satu ini. Di antaranya adalah berikut ini : 

PORTFOLIO PHOTOGRAPHY




Belum lama ini, sebelum saya memutuskan untuk membuat halaman khusus tentang hobi saya ngejepret asal, saya sempat research lebih dulu tentang penting tidaknya membuat portfolio. Apalagi buat saya, ini kan hanya hobi saja, bukan hasil profesional. 

Akan tetapi beberapa tulisan memberikan pandangan tentang pentingnya membuat portfolio meskipun itu hanya hobi saja. Ya siapa tahu suatu hari nanti bisa menghasilkan pundi-pundi juga. Iye kan ? Pun saya gak pernah nyangka bahwa tulisan saya pun saat ini ternyata bisa menghasilkan uang. Padahal kalo dipikir hanya hobi saja. Hahaha...

MEMORY KEEPER


Sama seperti membuat journal ataupun menggambar, memotret juga bisa menjadi salah satu tool untuk Memory Keeper. Hanya saya biasanya kan saya postingnya di sosial media Instagram ataupun Facebook. Mumpun punya Blog, kenapa gak dimanfaatkan saja, yekan ? 

Apalagi suatu hari ini (semoga domainnya gak pernah kadaluarsa, hahaha..), hasil gambarnya akan menjadi kenangan dan manifesto pikiran kita di masa sebelumnya. (YAelah bahasannya.. hahaha.. )

KOMUNIKASI VISUAL 


Kadang ya gaes, sebuah foto meskipun tidak memiliki banyak deskripsi dalam bentuk tulisan tapi mampu bercerita kepada siapa saja yang melihatnya. Dan kita tahu, ada saja hal yang sulit dikatakan atau dijelaskan dalam bentuk tulisan. Nah kita bisa mensiasati dengan foto sebeagai salah satu tool komunikasi visual. 

Dari tulisan tentang DISRUPSI, saya belajar bagaimana membidik obyek agar mampu bercerita bagi yang melihatnya. Karena hasi foto tak melulu tentang estitika saja, tapi juga tujuan dan maksud di dalamnya. Yekan ?

MENGASAH SKILL


Salah satu cara mengasah skill tentu saja dengan sering latihan dan meriview hasillnya. Lantas, bagaimana kita bisa mereviewnya jika tidak ada tempat display suapaya bisa melihat perubahan yang terjadi di dalamnya ? hahaha.. 

Lugasnya, Portfolio ini saya jadikan semacam tempat tracker tentang kemampuan saya dalam hal memotret sehingga saya bisa belajar memperbaiki kekurangan sebelumnya. 

TEMPAT PAMER


Hahaha.. ini alasan yang nggak banget sebenarnya. Tapi gak munafik bahwa apa yang kita suguhkan ke publik salah satu tujuannya supaya bisa pamer tentang skill kita donk ya ? hihihi.. Ngaku deh ! dan itu sah-sah aja. Toh kita gak merugikan orang lain.

Kecuali jika hasil karyanya merupakan curian dari orang lain. Nah, itu gak banget. Atau ternyata karya yang di sini dicuri orang lain, hadeeeh... Se-insecure itu kalian denagan kemampuan sendiri sampai harus nyolong karya orang lain ? ya gak ? Jangan ah.. Nanti malah kemmapuan diri sendiri gak akan berkembang loh. 

HAL YANG PERLU KALIAN KETAHUI TENTANG HASIL PHOTOGRAPHY EWAFEBRI




Selain tujuan yang saya jabarkan di atas, ada hal yang ingin saya kabarkan pada kalian semua terkait tentang hasil karya fotografi di Blog ewafebriart : 

  • Hampir semua foto saya ambil/potret menggunakan kamera Hape (Mobile Camera), karean memang tujuan saya untuk memaksimalkan fungsi gadget yang saya miliki, 
  • Saya menggunakan lensa macro untuk beberapa foto, sebagian yang lain merupakan camera bawaan Hapenya. 
  • Ke depannya saya ingin mengelompokkan hasil foto saya menjadi 3 bagian, yaitu Black And White, Macro Photography, dan Lifestyle (Random) Photography yang di dalamnya macem-macem object. 
  • Jika ada foto yang bukan merupakan hasil karya saya, akan saya tambahkan credit imagenya. 
  • Jangan menggunakan hasil gambar tanpa sepengetahuan saya untuk alasan apapun. Karena Blog ini buka untuk Restock Photo, hahaha.. 
  • Menu fotografi juga saya tambahkan untuk membuat rame isi konten Blog ini, hahahaha... 
  • Berhubung saya belajar otodidak, buat kalian yang punya pengetahuan tentang fotografi boleh banget berbagi tentag pengetahuan supaya saya bisa belajar lebih lagi. 
  • Ngomong-ngomong saya belum ahli ya ? hahaha.. Ini cuma tempat untuk pamer dan berbagi penaglaman saja. hiihihi.. Bukan untuk mengajari. 


KESIMPULAN 


Akhir tahun 2020 ini, saya memang ingin sekali redesign dan rebranding tentang konten Blog ewafebriart. Dan photography salah satu materi yang akhirnya saya tambahkan ke Blog ini. Apalagi belakangan ini saya lebih menikmati menulis di Blog dibandingkan membuat caption di sosial media. Walaupun sebenarnya, malah pendek tulisannya ya ? hahaha.. 

Tahun 2021 nanti semoga saya bisa membeli kamera DSLR supaya bisa menghasilkan fot-foto yang lebih ciamik lagi nantinya, heheha.. Doakan ya teman-teman saya bisa mengahsilkan banyak un=ang untuk membeli kamera digital. 

Tahun 2021 nanti apa saja yang ingin kalian raih dan coba ? yuk berbagi di kolom komentar.. heheha.. siapa tahu bisa menginspirasi pembaca lainnya. 

0 Comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

AFFILIATE