PAN PASTEL

PAN PASTEL



Blog Seni Indonesia - ewafebriart.com | PAN PASTEL.

Apa sih Pan Pastel ? Apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakannya ? Mendingan baca yang satu ini, semoga tulisan ini bisa membantu kalian dalam menjawab rasa penasaran. 

PAN PASTEL 


Ada banyak medium yang bisa digunakan dalam berkarya seni. Salah satunya adalah Pan Pastel. Mungkin sebagian dari kalian kurang begitu mengenal medium yang satu ini. Semoga bahasan kalian ini bisa membantu menjelaskan. 

APA SICH PAN PASTEL ?






Pan Pastel adalah jenis soft pastel yang berbentuk seperti compact (bedak). Kalo dilihat-lihat mirip banget dengan watercolor cake. Namun minus binder (gum arabic). Lebih jelasnya bentuk dari Pan Pastel adalah menyerupai bedak yang berwarna-warni. Hihihi.. 

Dulu saya sudah pernah membahas sedikit tentang Soft Pastel jenis ini

Produk ini khusus diproduksi oleh  perusahaan dengan nama yang sama yaitu PanPastel.  Ada banyak warna yang disediakan. Kalian bisa langsung melihat catalog yang ada dalam website resminya. 

TEKNIK YANG DIGUNAKAN





Pastel jenis ini bisa digunakan untuk berbagai macam teknik. Seperti drawing. painting bahkan bisa juga Mixed media. Karena bentuknya yang halus seperti bedak, Pan Pastel mudah digunakan di atas medium kertas. 

Ada tool khusus yang disediakan. Alatnya serupa palet tapi plastik, yang kemudian dilapisi dengan spoon seperti layaknya untuk make up. Hehhehe.. Unik ya ? 

Jika kalian tertarik mencobanya, di website Pan Pastel menyediakan beberapa referensi teknik yang dibagikan oleh beberapa seniman. 


HARGA 


Berhubung belum banyak brand yang menyediakan Soft Pastel dalam bentuk Pan [compact], maka soal harga tentu belum bisa bersaing. Bahkan mungkin didominasi oleh perusahan PanPastel. Karena memang hanyak mereka yang baru menyediakannya. (Saya belum tahu apakah ada yang murah harganya). 

Di Indonesia sendiri harganya terlihat sangat mahal, terutama bagi pemula. Untuk Set 20 warna harga termurah dibandrol sekitar Rp. 1.700.000 [Tokopedia]. Itupun ada juga yang harus Preorder terlebih dahulu. 

Tidak tak heran jika harga yang dibandrol cukup mahal, karena Pan/compact berisi kumpulan pigment powder yang sangat halus dan vibrant. 

KESIMPULAN 


Pada dasarnya Pan Pastel sama seperti soft pastel stick, hanya saja bentuknya disediakan dalam wadah pot/compact, sehingga menyerupai bedak/eye shadow dalam make up. eits, tapi jangan digunakan untuk merias wajah ya ? dikuatirkan bisa menimbulkan iritasi. Hihihi.. 

Bagaimana ? apakah kalian tertarik untuk mencobanya ? hehehe.. 


0 Comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

AFFILIATE