PERAYAAN IDUL ADHA 2022 DI BANYUWANGI

Peserta lomba tari dan fashion di Indonesia Berbakat Road Show Jawa Timur 2022, Sun East Mall, Genteng-Banyuwangi.


Blog Seni Indonesia - ewafebriart.com | PERAYAAN IDUL ADHA 2022 DI BANYUWANGI.

Alhamdulillah kita sudah melewati perayaan Idul Adha 2022. Selamat bagi mereka yang diberi kesempatan untuk menunaikan rukun Islam yang kelima, semoga menjadi haji mabrur dan menambah ketaqwaan kita di hadapan Allah SWT.

PERAYAAN IDUL ADHA 2022 DI BANYUWANGI


Tahun ini saya merasakan perayaan Idul Adha di kampung halaman, setelah sebelumnya melewatinya di perantauan. Hihihi..

Suasananya cukup meriah meski tak semeriah ketika hari raya Idul Fitri tentunya. Ada yang yang tak biasa di sekitaran kota kelahiranku ini.

SUN EAST MALL BANYUWANGI


Entah kebetulan atau memang sengaja diselenggarakan bertepatan dengan hari raya Idul Adha sebagai salah satu momen perayaan, di Sun East Mall, Genteng, diselenggarakan beberapa lomba untuk anak-anak. 

Bagi yang tinggal di sekitaran kota Genteng, Banyuwangi, mungkin sudah tidak asing dengan salah satu Mall kebanggaannya. Yaitu Sun East Mall. Hihihi..

Mall yang terletak di jantung kota Genteng ini, memiliki beberapa pelayanan yang gak kalah seru. Ada kolam renang, bioskop, pujasera, bahkan toko buku Gramedia. Hehehe.. Ya walaupun untuk pilihan bukunya gak selengkap di Matraman lah ya.. Hahaha..

Tapi bagi kota kecil seperti Genteng, tempat-tempat publik seperti ini cukup memadai dan banyak pilihan. Selain Mall, ada RTH (Ruang Terbuka Hijau) di kota Maron. Area yang dipenuhi dengan jajanan (street food) dan tempat nongki warga sekitar. Biasanya rame banget pas Malam Minggu, hihi..

INDONESIA BERBAKAT ROAD SHOW JAWA TIMUR


Peserta lomba tari sun east mall 2022


Tepat tanggal 10 Juli 2022 kemarin, di Sun East Mall diselenggarakan acara Indonesia Berbakat Road Show Jawa Timur untuk menggali mereka yang memiliki potensi di beberapa bidang seni. Seperti modeling dan seni tari.

Peserta juga varian, tapi sepertinya dikhususkan untuk anak-anak dan remaja saja dengan batasan umur tertentu. Para pemenang nantinya berkesempatan mengikuti seleksi yang akan diadakan di Surabaya.

Selain sebagai hiburan bagi masyarakat sekitar, acara seperti ini juga bertujuan untuk mengasah skill anak-anak di bidang seni yang sedang digeluti masing-masing. Seperti seni tari ataupun peragaan busana. Tak hanya tentang seni, ada juga lomba bertemakan pendidikan seperti olimpiade matematika dan bahasa Inggris. 

Secara umum acara cukup meriah, terlepas dari ketidaksempurnaan dan kekurangan di beberapa bagian. Seperti manajemen waktunya. 

Apalagi melihat bocah-bocah kecil dengan dandanan full make up sudah merasa kelelahan bahkan sebelum mereka tampil menari akibat menunggu, hihihi. Semoga kedepannya bisa lebih ditingkatkan lagi.

Ada banyak varian tarian yang ditampilkan. Namun mengingat acara diadakan di Banyuwangi, tentu tarian khas Gandrung merupakan pilihan yang banyak diminati.

Bahkan jenis tarian Gandrung sendiri memiliki beberapa pilihan. Seperti Jejer Gandrung, Gandrung Dor, Gandrung Gurit Mangir dan lainnya. Ada juga jenis tarian lainnya seperti kuda lumping, tari lompat tali, Cunduk Menur, dll.

Peserta rata-rata masih kanak-kanak, seperti anak TK hingga pelajar SMP. Namun dari beberapa penampilan, mereka sudah terlihat menguasai panggung dan gerakan tariannya dengan ekspresif.

Acara-acara seperti ini, selain sebagai tontonan gratis juga sebagai bentuk pelestarian budaya daerah yang patut dibanggakan. Siapa lagi penerus budaya kita kalo bukan bocil-bocil yang menggemaskan. Hihihi..

Alhamdulillah, bisa juga menikmati acara yang cukup meriah di kampung halaman tercinta. Hahaha.. Semoga kedepannya saya bisa bercerita tentang budaya lainnya yang lebih seru dan menarik.

Bagi para pemenang lomba, saya ucapkan selamat. Buat yang belum kebagian, jangan putus asa dan menyerah. Untuk menjadi ahli dan pemenang memang butuh proses panjang. Yang terpenting adalah mengasah skillnya dan memiliki kesempatan belajar hal baru. 

Percayalah hidup ini bukan tentang menang dan kalah. Tetapi proses belajar dari setiap peristiwa yang kita alami. Semangat ya dedek-dedek gemez ! 

Itulah mengapa kadang kita bisa langsung berhasil, namun kadang keberhasilan itu tertunda. Bukan berarti gagal kan ? Hehehe.. Karena Allah menginginkan kita untuk belajar, bersabar !

Untuk acara khusus penyembelihan hewan Qurban sendiri saya malah gak menyaksikan. Karena menurut saya dari tahun ke tahun prosesnya tetep sama. Yang membedakan InshaAllah tingkat ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Amin... Hihihi...

Selamat hari raya Idul Adha 2022


Post a Comment

0 Comments