Kenali Tipe-tipe Ruang Kantor, Sebelum Menyewa Ruang Kantor

Kenali Tipe-tipe Ruang Kantor, Sebelum Menyewa Ruang Kantor.


Blog Seni Indonesia - ewafebriart.com | Kenali Tipe-tipe Ruang Kantor, Sebelum Menyewa Ruang Kantor.

Sektor perbisnisan memang tengah mengalami perkembangan yang sangat pesat pada era digital ini. Didukung kehadiran internet, mobilitas, serta aktivitas membuat semuanya berjalan jauh lebih mudah.

Kenali Tipe-tipe Ruang Kantor, Sebelum Menyewa Ruang Kantor


Salah satu perkembangan bisnis yang sangat terlihat kemajuannya terletak di bidang teknologi dan telekomunikasi. Ini ditandai dengan berdirinya bermacam industri baru yang berbasis digital. Salah satu syarat yang harus terpenuhi jika ingin mendirikan sebuah perusahaan adalah memiliki ruang kantor.

SEWA KANTOR SENAYAN


Seiring banyak dirikan perusahaan di Indonesia, kebutuhan ruang kantor juga terus meningkat. Ditandai dengan pembangunan gedung baru pada berbagai wilayah, yang dirasa memiliki prospek menjanjikan. Salah satunya di daerah Senayan, Jakarta. Kawasan yang padat perusahaan ini dipenuhi gedung bertingkat, tak heran sewa kantor Senayan adalah salah satu idaman para pebisnis.

Untuk menjawab kebutuhan para pemilik usaha yang semakin tinggi, kini banyak jasa penyewaan ruang kantor yang juga semakin mudah ditemukan. Sebab, melihat dari kebutuhan para pengusaha atas ruang kantor didukung dengan sektor ekonomi yang tengah menggeliat, bisnis penyewaan ruang kantor dilihat akan menghasilkan banyak keuntungan, bahkan berlipat ganda.

JENIS-JENIS RUANG KANTOR




Beberapa orang beranggapan, bahwa ruang kantor akan berpengaruh pada tingkat produktivitas karyawannya. Maka hal ini harus diperhatikan para pemilik usaha. Apakah ruangan yang ditempati terlalu kecil, sempit, kotor, kumuh, bahkan membosankan? Unsur ini harus dijadikan perhatian, supaya tingkat produktivitas karyawan selalu maksimal

Sekilas, ruang kantor mungkin hanya akan tampak seperti sebuah ruangan yang terdiri dari meja, kursi, computer, dan laptop. Akan tetapi, ada banyak jenis ruang kantor yang memiliki keunggulan berbeda. Jenis ini bisa Anda pertimbangkan dalam memilih ruang kantor.


1. Virtual Office


Virtual office kerap disebut dengan istilah kantor maya. Tak heran, karena di kantor ini memang tidak ada ruang khusus yang digunakan untuk bekerja. Pekerjaan bisa dilakukan dari mana saja, asalkan koneksi internet mendukung.

Menariknya, kita yang menggunakan kantor ini, harus berbagi dengan perusahaan lain, yang juga menyewa ruang kantor di lantai yang sama. Meskipun begitu, tipe ruang kantor ini tetap masih menjadi idola dalam beberapa tahun terakhir, terutama untuk pemilik start up.

Keunggulan pemilihan virtual office ini salah satunya adalah dapat menghemat biaya operasional perusahaan. Nilai dari kantor ini juga terletak pada lokasinya, alamat dapat digunakan oleh semua perusahaan yang terdaftar di gedung dan lantai yang sama.

2. Serviced Office


Tipe kantor selanjutnya adalah serviced office, jenis ruang kantor ini dikelola dan dimiliki oleh pemilik gedung langsung. Umumnya, sewa ruang kantor ini berdasarkan lantai atau ruangannya, jika memang perusahaan dalam skala yang besar.

Lahan atau lokasi yang kerap dijadikan kantor tipe ini sering disebut dengan private office, dan business centers yang berupa gedung perkantoran tinggi, dan berada di pusat kota atau sentra bisnis utama.

Umumnya, untuk dapat menyewa tipe ruang kantor ini, kita harus menghubungi pemilik gedungnya langsung. Akan tetapi, belakangan ini sudah banyak jasa penyewaan ruang kantor, yang tepercaya untuk mengurus lokasi dari perusahaan yang ingin ditempati.

Tak jarang pula akan ditemui adanya kerja sama antara pemilik gedung, dengan agen jasa sebagai media perantara resmi untuk membantu mempermudah transaksi dan komunikasi antar keduanya.

Perbedaannya terletak pada biaya operasional yang harus dikeluarkan sebagai modal dalam menyewa tipe kantor ini. Umumnya, ruang kantor yang disewakan hanya akan berupa ruang kosong dengan karpet saja.

Akan tetapi, bagi kalian yang menggunakan bantuan dari pihak ketiga dalam urusan penyewaan ruang kantor, akan ada fasilitas pendukung yang lebih hemat biaya. Seperti kursi, meja, akses internet, layanan resepsionis ruangan, dan lain sebagainya.

Selain ruang kerja pribadi, fasilitas lain yang akan didapat adalah layanan keamanan, ruang rapat, parkir langganan, sampai pantry.

3. CoWorking Space


Tipe terakhir adalah coworking space, jika diartikan adalah ruang kerja bersama. Tipe kantor ini memiliki konsep transparan dan terbuka. Sehingga dapat digunakan oleh siapa saja tanpa terkecuali.

Berbeda dari tipe sebelumnya, tipe ini tentu membuat kita memiliki kantor fisik. Orang yang menggunakan tipe kantor ini paling sering berasal dari pemilik bisnis rintisan, dan para pekerja lepas.

Biaya sewa untuk para pengguna coworking space ini dihitung setiap jam untuk para pekerja lepas. Apa pula penawaran paket mingguan, sampai bulanan untuk para pemilik usaha yang ingin menggunakan tipe kantor ini sebagai tempat bekerja.

Meskipun demikian, biaya ini disinyalir akan tetap murah, dibandingkan dengan menyewa kantor atau menggunakan ruko untuk dijadikan lahan tempat usaha.

Itulah beberapa tipe ruang kantor yang ada di Indonesia, dan bisa kita jadikan sebagai pertimbangan. Kemudahan yang ada membuat kita tak lagi bingung mencari tipe ruang kantor seperti apa yang akan cocok untuk digunakan.

Post a Comment

0 Comments