MIKOLOGI, FILOSOFI DAN KARYA SENI FUNGI (EBOOK)

MIKOLOGI, FILOSOFI DAN KARYA SENI FUNGI (EBOOK)


Blog Seni Indonesia - ewafebriart.com | 
MIKOLOGI, FILOSOFI DAN KARYA SENI FUNGI (EBOOK).

Alhamdulillah ! Setelah sekian purnama saya bisa menyelesaikan PR dalam membuat Ebook yang berisi tentang karya, konsep dan dilengkapi dengan keilmuan tentang kerajaan fungi. Semoga Ebook ini bisa menjadi inspirasi bagi kehidupan, tidak hanya diri saya sendiri tetapi juga bagi orang lain. 

MIKOLOGI, FILOSOFI DAN KARYA SENI FUNGI (EBOOK)


Memiliki karya dalam bentuk literasi adalah salah satu mimpi saya sejak kecil. Kini saya memahami, mengapa Allah SWT memberikan jeda waktu yang cukup lama bagi saya untuk bisa membuat sebuah karya tulis yang berhubungan dengan minat saya terhadap fungi. 

FUNGI IS MY SPIRIT MUSE

Ketika banyak manusia yang menggunakan binatang sebagai kisah inspirasi mereka dengan membuat istilah animal spirit, maka saya menggunakan fungi sebagai spirit muse. Tuhan memberikan banyak media dan sumber bagi manusia untuk belajar tentang kehidupan. 

Pengetahuan ini tak hanya datang dari diri manusia dan pembelajaran tingkah lakunya, tetapi juga bisa dari alam semesta (cosmosentris). Salah satunya kita bisa mengambil keilmuan yang diajarkan oleh fungi. Sebagaimana Qabil belajar dari seekor burung tentang bagaimana menguburkan jenazah, atau Leonardo Da Vinci yang belajar dari burung tentang konsep cara terbang, yang kini bermanifestasi menjadi pesawat terbang. 

Dari fungi saya banyak belajar tentang ketulusan dan keikhlasan. Peranannya yang begitu besar dalam perubahan dan kemajuan alam semesta di balik layar menginspirasi saya dengan melakukan hal yang serupa. Manusia itu bisa berkontribusi dalam perubahan secara global meski ia tidak harus dikenal oleh banyak orang dan tetap menjadi objek yang terlupakan. 

Tubuh manusia akan terurai kembali ke asalnya ketika ia telah tiada, namun spirit dan dampaknya dalam perubahan hiduplah yang membuatnya abadi dan kekal meski telah mati. Fungi yang mampu berevolusi miliaran tahun lamanya dalam kondisi bumi yang berbeda-beda tentu karena spiritnya yang terus menyala dalam spora yang ditebarkan melalui angin maupun jaringan bawah tanah. 

Untuk menghargai dan menghormati peran Fungi serta menyebarkan semangat hidupnya, Alhamdulillah Allah SWT mengilhamkan saya untuk menyusun ebook ini. Meski masih banyak kekurangan dan ketidak sempurnaan di dalamnya, saya berharap ebook ini bisa memperkaya khazanah ilmu dan perspektif yang berbeda-beda dalam memandang kehidupan. 

DIGITAL EXHIBITION


Ebook bagi saya juga berperan sebagai digital exhibition, di mana siapa pun dan di mana pun kita berada, kita bisa mendownload karya dan mempelajari konsep dan gagasan dari sang senimannya. Sudah lama saya ingin berbuat sesuatu yang berhubungan dengan corat-coret yang saya pernah saya buat. Namun saya menyadari sesuatu, bahwa sebuah karya akan lebih bermakna ketika kita pribadi sebagai pembuatnya juga memiliki konsep yang jelas tentang apa yang terjadi dalam karya tersebut. 

Mindfullness Art, mungkin itu bisa menjadi istilah yang cocok bagi karya-karya yang kita pahami dan sadari secara penuh dalam proses maupun konsepnya ya ? Berdasarkan pengalaman pribadi, saya sering membuat sebuah karya sebatas karena ingin membuatnya saja, tanpa menyadari dan menikmati prosesnya. 

Hal yang paling remarkable ketika kita membuat karya dalam keadaan mindful adalah kita memahami makna dan konsep dari karya tersebut secara sadar. Inilah yang kemudian menyadarkan saya tentang pentingnya peran judul karya dan caption dalam pembuatan karya seni. 

FREE EBOOK 

MIKOLOGI, FILOSOFI DAN KARYA SENI FUNGI (FREE EBOOK)


JUDUL : MIKOLOGI, FILOSOFI DAN KARYA SENI FUNGI (EBOOK)
AUTHOR : EWAFEBRI
TAHUN TERBIT : MEI, 2023
JUMLAH HALAMAN : 168 Hal.
BAHASA : INDONESIA
FORMAT : EBOOK


Ebook ini berisi tentang pengetahuan kerajaan fungi dan mikologi secara umum, dilengkapi dengan falsafah hidup yang bisa kita pelajari dari kingdom yang sering terlupakan ini.

Adapun materi yang dibahas dalam buku ini :

  • Bab 1 : Kingdom Fungi (Sejarah, Definisi, Manfaat dan Ancaman)
  • Bab 2 : Wood Wide Web (www) : jaringan bawah tanah fungi dan kemampuan kognitif serta bentuk kesadaran yang dimilikinya.
  • Bab 3 : Jenis Fungi dan Cara bereproduksi.
  • Bab 4 : Mikologi (Industri, Kesehatan dan Pertanian)
  • Bab 5 : Filosofi Fungi.
  • Bab 6 : Mushromates (Karya Seni Fungi dan konsepnya) ada 15 karya dengan materi yang berbeda

Untuk memahami tentang dunia fungi dan konsep karya seni ewafebri silahkan mendownload ebook ini. Buku ini bisa didapatkan melalui NihBuatJajan.com/ewafebri atau bisa juga melalui ebook.ewafebri.com (gratis).  Selamat membaca, semoga tergerak untuk ikut berkarya !

Alhamdullilah !

Post a Comment

0 Comments