REVIEW ART BLOG INDONESIA EWAFEBRIART 2019

review art blog indonesia ewafebriart



Art Blog Indonesia - Hello Bowgella ! Akhir tahun paling asyik kalo ditutup dengan review Blog di tahun 2019. Apa saja sih yang sudah terjadi dalam Blog ini ? Dan apa dampaknya bagi ewafebriart. Penasaran ? yuk kita bahas !

REVIEW ART BLOG INDONESIA EWAFEBRIART 2019


Tahun 2019, merupakan tahun pembelajaran buat saya. Karena banyak hal yang terjadi dalam kehidupan secara personal maupun karir. Termasuk yang berhubungan dengan Blog ini.

Ada hal yang bisa saya capai, tapi banyak juga hal yang di luar ekspektasi saya. Tapi bukankah memang hidup seperti itu ? Hihihi.. Hari ini senang, besok sedih, dst.

Tapi paling tidak hidup saya mampu melewati semua hal dengan tetap berada di Jalan-Nya saja. Hehehe.. Dengan begitu kita bisa mendapatkan solusi, apapun masalah kita.


ANNOUNCEMENT


Sebelum saya melanjutkan ke review, saya ingin memberitahukan sedikit perubahan yang akan terjadi pada Blog ini tahun 2020. Rencananya tahun 2020, Blog ini benar-benar saya fokuskan untuk artikel yang berhubungan dengan art.

Jenisnya bisa macam-macam, tentang material, seniman, proses menciptakan dll. Bisa juga berhubungan dengan art therapy.

Sementara kumpulan Cerita Si Bowgel, sudah saya limpahkan ke Blog Bowgel.com

Begitupun narasi si Bowgel. Nantinya akan saya gunakan untuk bercerita di Bowgel.com.


REVIEW BLOG EWAFEBRIART 


Tak banyak yang bisa saya ceritakan untuk review ini sebenarnya. Karena jujur saya udah keteteran dengan mengelola 3 Blog sekaligus, hahaha.. Tapi supaya tahun 2020 saya lebih semangat, akan saya beberkan apa saja hal yang gagal dan berhasil. Review ini berdasarkan Resolusi yang pernah saya buat di awal tahun ini.

TARGET GAGAL

Ada beberapa target gagal yang saya dapatkan di Tahun 2019 :


  • 30 Art Blog Challenge. Bagi yang mengikuti Blog ini dari awal tahun lalu, mungkin sudah pernah membaca tentang ambisi saya mengikuti Art Blog Challenge di awal tahun. Ternyata tak seperti rencana saya. Karena Challenge ini jelas gagal total. Hahaha.. 
  • Inktober Challenge. Tak cuma Art Blog challenge yang gagal, bahkan Inktober pun tak bisa saya tunaikan juga. Hahaha.. Udah keburu males banget Gaes. \
  • AOTM. Meski segmen ini memang sudah berjalan, tapi mungkin tak selancar yang saya bayangkan. Kenapa ? karena saya butuh banyak waktu untuk melakukan research para seniman terlebih dahulu. walaupun begitu, tahun 2020 segmen ini akan tetap saya isi. 

Itulah 3 kegagalan terbesar untuk ewafebriart tahun ini. Semoga ketidakberhasilan ini bisa diperbaiki lagi di tahun 2020 nanti. Hehehe..



TARGET BERHASIL

Masih berdasarkan Resolusi tahun 2019, ada beberapa hal yang tercapai tahun ini : 

  • Bisa memiliki TLD sendiri. Hehehehe.. Akhirnya Blog ini bertranformasi menjadi Blog TLD. Yeay ! Alhamdulilah. Seneng banget Gaiz.
  • Memiliki konten-konten seputar art. Dari mulai material hingga cerita tentang tips blogging juga. Bahkan ada juga beberapa tips loh. 
  • Meskipun belum menghasilkan pendapatan. Tapi saya cukup seneng karena Blog ini sudah bisa menayangkan iklan Adsense. Awalnya saya sempet pasrah atas kemungkinan diterima dan tidaknya Adsense. Namun, Alhamdulilah, setelah proses menunggu yang panjang, Adsense saya pun bisa tayang di Blog ini juga. Hehehe.. 
  • Punya ciri khas sendiri. Entah karena saya terlalu percaya diri atau tidak, tapi saya merasa Blog ini sudah memiliki cirnya sendiri. Antara lain karena adanya Niche di Blog ini. 
  • Mendesain logo komunitas 1 minggu 1 cerita. Wah seneng banget karya saya digunakan untuk logo dan maskot komunitas menulis.

Selain membuat target yang memang ingin dicapai, ada juga beberapa moment dan event yang saya dapatkan seperti sebuah Bonus. Moment tersebut di antaranya : 

  • Berkesempatan mengikuti pameran lukisan 30x30 bersama 42 pelukis lainnya. 
  • Dapet domain gratis dari Rumah Web karena ikutan lomba Blog. Hehehe.. Makanya sekarang si Bowgel punya rumah sendiri untuk bercerita. 

Alhamdulilah, tahun 2019 ditutup dengan sederet moment yang indah. Jadi bisa menutup tahun dengan tersenyum lebar dan makin tambah bersyukur. hehehe.. Semoga tahun depan, ada banyak hal indah dan keberuntungan yang menghampiri. Dan tentu saja, semoga saya menjadi pribadi yang lebih baik lagi. hehehe... 




 Let's Your Creativity Spark With Bowgel

0 comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.