PAMERAN LUKISAN EXCURSION DI GALERI NASIONAL INDONESIA

pameran lukisan excursion



Art Blog Indonesia - Hello Bowgella ! Hi.. akhirnya bisa update lagi di Blog ini. Kali ini saya ingin berbagi tentang informasi dan pengalaman seputar pembukaan Pameran Excursion di Galery Nasional Indonesia.

PAMERAN LUKISAN EXCURSION DI GALERI NASIONAL INDONESIA


excursion exhibition at galeri nasional indonesia
(klik gambar untuk hasil maksimal)



Tanggal 8 Januari 2020 adalah Pembukaan pameran pertama kali, di tahun ini yang diadakan di Galeri Nasional Indonesia, tepatnya di gedung D. Pembukaan ini untuk Pameran Excursion yang diprakarsai oleh komunitas JIVA, Jakarta Illustration Visual Art sebagai bentuk memperingati 5 tahun eksistensinya berkarya dalam dunia seni. 


PEMBUKAAN PAMERAN PERTAMA DI TAHUN 2020, EXCURSION !





Pembukaan pameran di awali dengan permainan harpa oleh Anela Kaylea Bondjol. Selanjutnya diikuti dengan sambutan dari beberapa tokoh yang terlibat. Ada kurator pameran - Frigidianto Agung, Ketua JIVA - Ghanyleo, Ketua Galnas - Pustanto, dan juga dibuka oleh Dr. Melani Setiawan.


Dalam sambutannya, Kurator pameran Excursion kali ini adalah Frigidianto Agung  (yang juga merupakan kurator pameran untuk Pameran 30 x 30 lalu),

Mengatakan, " Raga kita ini merupakan alat untuk menyampaikan misi dari jiwa kita, begitupun sebaliknya.". 

Ada 3 misi yang digunakan untuk mengembangkan sudut pandang pameran ini. Yaitu :


  • Misi ragawi yang diwakili dengan karya instalasi.
  • Menjiwai Raga : menekankan kepada karya seniman terdahulu yang kemudian diberi arti baru untuk masa kini.
  • Jiwa (dalam) Raga yaitu proses bagaimana melihat jiwa yang ada dalam raga, dan dituangkan ke dalam lukisan.

Dan inilah alasan kenapa Pameran ini digelar. Para seniman memamerkan misi-misi yang dibawanya melalui karya seni lukis maupun instalasi. Di mana karya tersebut menjadi refleksi diri dari setiap seniman yang terlibat, baik dari segi jiwa maupun raga.

KARYA PELUKIS EXCURSION


Beberapa karya dalam pameran ini merupakan hasil kolaborasi sesama pelukis. Namun ada juga yang merupakan karya pribadi masing-masing. Setiap karya tentu memiliki ciri khas sendiri, dan inilah yang membuat pameran ini semakin menarik. Karena kita dimanjakan dengan karya yang berbeda-beda.



karya sohieb toyaroja



Ada Sri Hardana yang berkolaborasi dengan Jason Ranti dan Rengga Satria. Menampilkan Puzzle 2020 dengan hasil fotografi karya Rengga. Puzzle tersebut disusun memanjang dan meliuk, terletak di dekat pintu masuk sebelah kiri.

Jika diperhatikan dari ujung pintu, tumpukan puzzle tersebut membentuk suatu image tertentu ( saya sih liatnya ala dinosaurus ya ? hahaha.. yang di dalamnya terdapat gambar detailnya juga). Penasaran ? datang langsung lah pokoknya.

Selanjutnya ada karya lukisan Sohieb Toyaroja berkolaborasi dengan Pelukis Fitrajaya dengan nuansa hitam putih (monochrome).

Tak hanya itu, Sohieb juga menampilkan karya lukis ciri khasnya dengan karakter pewayangan yang disusun sedemikian rupa dari beberapa lukisan dengan background berbeda warna.


karya agustan


Yang menarik adalah karya Agustan, berupa instalasi semacam kodok yang terdiri dari beberapa jenis ukuran dan warna. Kalo diperhatikan, bahan material yang digunakan adalah bahan blacu/kanvas mentah yang belum dilapisi Gesso.

Hasil karya Agustan yang memukau lainnya adalah lukisan dengan warna-warna cantik yang menyerupai bentuk karung. Hihihi.. Ini lucu banget, tapi sekaligus bikin betah mata yang memandang.

Meskipun lukisannya colorful (menggunakan banyak warna) tapi tetap indah dinikmati. Hasilnya gak berlebihan gitu loh.

Perupa RB Ali juga gak ketinggalan. Saya suka permainan warna yang digunakan dalam karyanya.

Saya kurang paham tentang jenis lukisan beliau, tapi bagi orang awam seperti saya, lukisan yang dibuatnya menyerupai bentuk-bentuk kubisme, tapi dengan karakter figure yang cukup jelas (mohon dikoreksi jika salah).

KESIMPULAN


karya rb ali
(klik gambar untuk hasil maksimal)



Masih banyak lukisan lainnya yang memang tidak saya abadikan. Karena sejujurnya saya datang untuk menikmatinya, bukan sengaja ingin memotretnya. hahahaha..

Buat kalian yang penasaran sama karya para seniman tersebut datang saja ke Galeri Nasional Indonesia. Pameran Excursion digelar dari tanggal 8 Januari hingga 27 Januari 2019. Jangan sampai gak dateng gaes. Banyak karya keren yang bisa dinikmati soalnya. Bagus banget.

Owh iya, pameran sendiri di buka dari jam 10.00 pagi hingga jam 07.00 malam di Gedung D ya. Kalo masih bingung Galeria Nasional ada di mana ? Letaknya pas berseberangan dengan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.






Semoga informasi tentang Pameran lukisan ini bisa membuat kita belajar banyak tentang seni itu sendiri. Dan buat saya, belajar terbaiknya memang mendatangi langsung pameran yang ada.

Entahlah.. Saya seperti memiliki energi baru setiap kali datang ke pameran. Tak hanya untuk mengapresiasi karya-karyanya. Tapi saya juga belajar tentang, apa sih sebenarnya misi para seniman yang ingin disampaikan dalam karya mereka.

Meskipun saya belum sampai pada tahap - mampu memaknai setiap karya -, namun saya bisa belajar dari penggunaan bahan material, teknik, gaya dan cara-caranya.

Semoga suatu hari nanti, saya bisa ikut serta menjadi peserta seperti para seniman-seniman ini. Mimpi yang terlalu tinggi memang, tapi gak ada salahnya kan ? hahaha... Untuk itu, marilah berkarya Gaes. Jangan rebahan terus ! cuz !

SELAMAT BERKARYA !

0 comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.