1 DAY 1 SKETCH, CARA TEPAT UNTUK MENGEMBANGKAN SKILLMU

1 Day 1 Sketch



Blog Seni Indonesia - ewafebriart.com | 1 DAY 1 SKETCH, CARA TEPAT UNTUK MENGEMBANGKAN SKILLMU. 

Kalian ingin mengembangkan skill dalam hal sketch atau menggambar, tapi malas melakukannya sendirian ? Tenang, saat ini ada campaign #1Day1Sketch yang bisa dijadikan tantangan untuk mengembangkan bakatmu di dalam seni rupa. Seperti apa sih rulenya ? 

1 DAY 1 SKETCH, CARA TEPAT UNTUK MENGEMBANGKAN SKILLMU 


Mungkin kalian tidak asing dengan istilah Inktober yang beberapa tahun lalu menghiasi linimasa sosial media. Sebuah tantangan yang mengharuskan pesertanya membuat kreasi setiap hari selama 1 bulan penuh di Bulan Oktober. 

ONE DAY ONE SKETCH


Pun tentang 1 Day 1 Sketch ini. Secara konsep sama seperti inktober, hanya saja bisa dilakukan kapanpun bahkan selama setahun juga tak masalah. hahaha.. Maksudnya gak harus terbatas pada bulan Oktober saja.

Nah beberapa waktu lalu sempat ada drama dalam komunitas Inktober. Semua berasal dari rumor plagiasi, hehehe.. Itu pula mungkin yang bikin Inktober 2020 gak terlalu seseru tahun-tahun sebelumnya. Apalagi saya sempat membaca bahwa logonya sudah dipatenkan. 

Biasanya kalo tercipta drama begini, maka akan ada 2 kubu yang saling berseberangan. Yang satu pro, yang satu kontra. Hehehe.. Tapi apapun opini yang bergulir, semoga gak menyurutkan kamu dalam berkarya. hehehe.. 

Semoga siapapun yang pernah menciptakan hashtag #1Day1Sketch tidak ikutan mematenkannya ya ? Hahaha.. Kan ngeri kalo kita pake terus kena copyright. hahaha.. Dan semoga drama plagiasi ini juga segera berakhir. Huhuhu.. Sedih banget kan ya kalo ada drama-dramaan kayak gitu. 

MANFAAT CHALLENGE 1DAY1SKETCH


#1day1sketch Campaign



Balik ke 1Day1Sketch , hihi.. Adalah Langit Amaravati yang menginiasi dan mengaktifkan campaign ini di Indonesia. Dalam tweetnya dia mengajak followernya untuk seru-seruan bareng melalui aktivitas ini. Dan biasanya, kalo dilakukan bareng-bareng jadi bisa lebih semangat sampai akhir. Hahaha.. 

Keuntungan mengikuti kegiatan challenge kayak gini tuh banyak. Ada bebrapa poin yang bisa saya dapatkan, di antaranya : 

MENGASAH KEMAMPUAN


Buat kalian yang ingin mengasah kemampuan dalam hal menggambar atau mengillustrasikan, 1Day1Sketch sangat cocok untuk diikuti. Kita diajarkan secara konsisten berkarya setiap harinya. Tak hanya itu, tanpa kita sadari, konsistensi itu bisa membuat kemampuan kita berkembang karena terbiasa.

Pun kita bisa belajar dan memperbaiki kesalahan yang kita buat sebelumnya dalam karya-karya yang kita ciptakan selanjutnya. Ibarat pepatah, " Practice Makes Progress."

BEREKSPLORASI


1 Bulan (atau lebih) bisa kita gunakan untuk mengeksplorasi material, gaya, teknik, atau apapun yang berhubungan dengan kegiatan menggambar. Hal ini juga bisa membantu kita untuk mengembangkan skil yang kita miliki. 

LEBIH KONSISTEN


Kebiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang akan membentuk habit baru dan bisa meningkatkan konsistensi kita dalam berkarya. Tak perduli dimulai pada titik mana, yang pasti lambat laun akan bisa meningkatkan skill kita. 

Jangan jangan merasa rendah diri, jika di awal kita merasa karya kita terlalu biasa dibandingkan yang lainnya. Karena karya mereka yang sudah luar biasa, sudah melewati tahapan awal seperti yang kita lakukan. Konsistensi lah yang membuat karya mereka menjadi luar biasa. 

SATISFACTION


Biasanya nih, kalo kita mencapai suatu target, kita akan merasa bahagia dan puas. Plus lega. hahaha.. Pun ini yang akan kita rasakan apabila sudah bisa mengikuti challenge ini sampai akhir. Hihihi.. Rasa puas terhadap kerja keras kita selama 1 bulan terakhir akan terbayarkan. Hahaha.. 

RULE ONE DAY ONE SKETCH


Buat kalian yang ingin mengikuti challenge ini juga gampang kok sebenarnya. Tinggal secara konsiten membuat sketch dan diposting di Twitter dengan hashtag #1Day!Sketch, lengkapnya bisa baca utas berikut ini : 



Eits soal hadiah, sepertinya harus daftar dulu di awal. Berhubung sekarang challengenya sudah berjalan, saya kurang begitu paham, apakah masih bisa daftar lagi atau tidak. Mungkin ada baiknya kalian bertanya langsung ke si Mbaknya. Hehehe.. 

KARYA EWAFEBRI


Tulisan ini juga sekaligus saya gunakan untuk mengumpulkan link karya-karya saya selama 1Day1Sketch yang saya posting di portofolio : 


Jadi gimana ? apakah kalian juga semangat ikutan ? Yuk ah ! hihihi.. Jangan kendorkan semangatmu !

0 Comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.