ZAITUN : SEJARAH, MANFAAT DAN FILOSOFINYA

ZAITUN : SEJARAH, MANFAAT DAN FILOSOFINYA



Blog Seni Indonesia - ewafebriart.com | ZAITUN : SEJARAH, MANFAAT DAN FILOSOFINYA

Buah Olive atau dalam bahasa Indonesia kita mengenalnya sebagai buah Zaitun adalah salah satu tanaman yang sering disebutkan dalam Al Quran. Seperti apa sih sebenarnya tanaman ini ? Mengapa Allah sering menyebutkannya dalam kitab suci ? Apa manfaat dan filosofi di balik tanaman ini ? Yuk saatnya kita pelajari.

ZAITUN : SEJARAH, MANFAAT DAN FILOSOFINYA


Beberapa waktu lalu saya pernah membahas tentang sosok pelukis Vincent Van Gogh. Tak hanya tentang biografinya yang saya bahas, tetapi juga beberapa karya sang Maestro yang saya anggap fenomenal. Dan salah satu karyanya tersebut adalah lukisan yang berjudul Olive Tree With The Alphiless In The Background, 1889. Tak hanya satu karya ini saja sebenarnya, karena banyak karyanya yang menggunakan taman zaitun sebagai objeknya.


Lukisan Van Gogh


Mengapa Vincent Van Gogh begitu tertarik dengan objek ini ? Dan apakah tanaman ini memiliki arti yang bersifat mendalam dalam kehidupannya ? Mari kita pelajari bersama-sama dalam ulasan ini.

Bagi Van Gogh tanaman zaitun tak hanya tumbuhan biasa, namun ia memiliki makna yang cukup dalam. Bahkan ia mengenal/merasakan kehadiran Allah SWT, justru ketika ia mengunjungi taman zaitun ini. Maka tak mengherankan, jika ia banyak membuat lukisan dengan objek tanaman ini.

Pohon zaitun merupakan salah satu simbol yang mengekspresikan perjalanan spiritualnya. Di mana ia tak mendapatkan pengalaman spiritual dan merasakan kehadiran Tuhan di dalam tempat ibadah. Justru ia merasakan kehadiran Allah SWT ketika ia berada di kebun Zaitun. Namun secara mengejutkan pula, ia menyerahkan hidupnya pada Tuhan secara paksa dan mengakhirinya di taman zaitun pula. Meskipun pada saat itu malaikat maut tidak langsung mencabut nyawanya, karena justru ia meninggal dunia dua hari setelah insiden tersebut.

SEJARAH POHON ZAITUN

pohon zaitun


Sebelum membahas tentang peristiwa dan makna dari zaitun ini, saya ingin membahas tentang latar belakang tumbuhan yang mampu bertahan ribuan tahun ini. Ada hal yang istimewa dari tanaman yang satu ini, kira-kira apa ya ?

Olive atau zaitun memiliki nama ilmiah Olea Europaea. Ia merupakan tanaman yang hampir seluruh bagiannya bisa bermanfaat untuk kebutuhan manusia (seperti halnya tanaman buah kelapa). Bahkan dalam Al Quran, Allah SWT jupa berfirman bahwasannya Zaitun merupakan pohon yang diberkahi. Mungkin tak banyak orang Indonesia yang mengkonsumsi tanaman ini, apalagi di wilayah Indonesia tanaman ini memang cenderung langka.

Pun ketika kita membeli produk dari tanaman ini (buah kaleng atau minyaknya), umumnya setiap produk memiliki harga yang cukup mahal. Rasanya memang kurang cocok untuk dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat dengan finansial menengah ke bawah. Justru banyak orang yang menggunakan produk zaitun untuk bahan material kosmetik.

Tanaman ini banyak ditemukan di wilayah Asia, Afrika dan daerah Laut Tengah. Pada dasarnya, tumbuhan ini memiliki jenis yang berbeda-beda. Ada varietas Pisciottana yang terdiri dari kurang lebih 40.000 pohon yang dapat kita jumpai di wilayah Pisciotta, Campania dan wilayah selatan Italia. Pohon zaitun dari jenis Pisciottana biasanya memiliki batang lebih tinggi dari jenis lainnya, tak hanya itu, diameter batang pohonnya pun biasanya lebih besar dari jenis lainnya.

Sekilas tanaman ini terlihat seperti buah kopi. Namun ternyata tanaman ini tuh sekeluarga dengan bunga melati, lilac, dan forsythia. Wow, ternyata malah satu keluarga dengan bunga-bungaan ya ? Hihihi.. Karena memang kelopak bunga dari tanaman ini mirip dengan melati, lilac dan forsythia. Jika lilac berwarna pink keunguan, forsythia kuning, bunga zaitun memiliki warna putih.

Waktu panen zaitun itu bisa sepanjang waktu sepertinya. Karena buah yang masih hijau pun sudah bisa dipanen. Biasanya buah yang masih hijau dikonsumsi secara mentah atau terkadang juga diawetkan (dibuat seperti asinan) yang bisa dijadikan topping untuk pizza atau pun bahan material spaghetti. Makanan di wilayah Mediterania biasanya menjadikan zaitun sebagai bahan pokoknya.

KARAKTERISTIK

buah zaitun


Setiap tumbuhan selalu memiliki karakter yang menarik untuk diulas. Tak hanya manusia yang memiliki karakter yang berbeda-beda, makhluk lainnya pun memiliki karakter juga. Nah, penasaran gak sama karakter buah yang satu ini ? Ini dia :

  • Zaitun merupakan tumbuhan hijau abadi (evergreen plants) yaitu tanaman yang tidak menggugurkan seluruh daunnya secara serentak pada suatu musim atau kondisi tertentu. (wikipedia, Olive) [i]
  • Memiliki batang pohon dengan ukuran pendek dan gemuk. Namun khusus untuk Pisciottana, bagian pohon lebih tinggi dari jenis yang lainnya. Tinggi pohon diperkirakan antara 8 hingga 15 meter.
  • Memiliki daun tunggal dengan posisi saling berhadapan. Bentuknya lonjong dengan panjang sekitar 4 hingga 10 cm, sementara lebar daun ditaksir sekitar 1-3 cm.
  • Bunga berjenis kelamin tunggal atau disebut dengan bunga banci (ehm...).
  • Buahnya tergolong kecil-kecil dengan panjang buah diperkirakan sekitar 1 – 2.5 cm dan memiliki endosperma.
  • Bisa menghasilkan buah ketika sudah berumur sekitar 5 tahun.
  • Umur pohon bisa mencapai ribuan tahun. Salah satu buktinya bisa ditemukan di daerah Palestina dengan usia pohon kurang lebih 2000 tahun.
    • Ada juga pohon zaitun tertua yang diduga telah berumur sekitar 3.350 tahun terletak di Mauriscas, Abrantes.
    • Sementara di Athena, ada pohon zaitun yang diberi nama dengan “Plato’s Olive Tree” yang dianggap sebagai peninggalan dari Plato Academy yang diperkirakan telah berumur sekitar 2400 tahun. Sayangnya di tahun 2013 ada bagian batang pohonnya dicuri orang dan digunakan sebagai kayu bakar.
    • Sementara beberapa pohon di taman Gethsemane di wilayah Jerusalem disinyalir berkembang ketika zaman Yesus. Menurut The National Research Council Of Italy di tahun 2012, bagian pohon dari 3 tumbuhan zaitun tercatat memiliki umur 1092, 1166, dan 1198 AD (1). Meskipun memiliki tahun yang berbeda-beda, namun pohon tersebut memiliki sumber pohon yang sama.

Kumpulan pohon Zaitun di taman inilah yang menjadi sumber inspirasi Vincent Van Gogh dalam berkarya. Termasuk salah satunya karya di atas.

MANFAAT BUAH ZAITUN


Sejujurnya saya hanya pernah menggunakan produk Olive oil untuk memasak dan merasakan buahnya yang telah diawetkan dalam masakan spaghetti dan taburan topping pizza. Saya belum pernah memanfaatkannya untuk perawatan tubuh atau skincare, karena saya pribadi tidak telaten dengan kegiatan yang satu ini. Hehee.. Selain untuk dikonsumsi, kira-kira apa saja sih manfaat tanaman ini ?

OLIVE OIL

olive oil


Seperti yang telah saya sebutkan di atas, buah zaitun bisa menghasilkan minyak yang sangat menyehatkan. Biasanya minyak olive ini digunakan untuk membuat salad, memasak (menumis), dan menjadi bahan utama masakan di area mediterania.

Selain itu, zaitun juga digunakan untuk bahan material kosmetik, obat-obatan, bahkan sabun mandi. Di beberapa wilayah, minyak zaitun digunakan sebagai bahan bakar lampu minyak (sayang banget yak, mahal harganya di Indonesia), serta digunakan untuk upacara-upacara keagamaan. Spanyol merupakan negara terbesar penghasil minyak Zaitun, diikuti dengan Portugal, Italia, Tunisia, Turkey dan Yunani.

Dalam Alquran Al Mu’minun ayat 20, Allah berfirman bahwasanya salah satu khasiat buah zaitun itu mampu membangkitkan selera makan manusia.

“dan (kami tumbuhkan) pohon (zaitun) yang tumbuh di gunung Sinai , yang menghasilkan minyak, dan bahan pembangkit selera bagi orang-orang yang makan.” ~ QS Al Mu’minun ayat 20

Sementara menurut beberapa penelitian, minyak zaitun memiliki manfaat, antara lain :

  • Mengendalikan tekanan darah.
  • Menekan resiko penyakit jantung.
  • Menurunkan kadar kolesterol.
  • Mencegah pertumbuhan sel kanker.
  • Memelihara fungsi otak.
  • Mengatasi sembelit.
  • Menjaga berat badan.
  • Mengendalikan kadar gula darah.
  • Melembapkan kulit kering.
  • Menjaga kesehatan mulut. [Ardiansyah, SKM, MM. Manfaat Buah Zaitun, Buah Yang Diberkahi. 2022] [ii]

TABLE OLIVE

table olive


Table Olive adalah istilah yang digunakan untuk buah zaitun yang difermentasikan dan bisa digunakan untuk campuran makanan seperti pizza, spaghetti, dll. Menurut International Olive Council (IOC), table olive dibagi menjadi tiga kategori :

  • Green Olive >> Warnanya masih hijau, karena memang jenis ini dipanen saat buah masih muda namun sudah berkembang dengan sempurna. Biasanya memiliki rasa getir saat dimakan. Jadi jangan kaget saat memakan spaghetti atau pizza, tiba-tiba merasakan ada gigitan buah yang terasa getir. Bisa jadi sebenarnya rasa itu bersumber dari buah yang belum masak ini.
  • Semi-ripe >> Semi ripe adalah buah yang dipanen ketika sudah mulai ranum atau memiliki perubahan warna hampir masak.
  • Black Olive >> Black Olive adalah buah zaitun yang dipanen dalam kondisi matang sempurna, biasanya memiliki warna ungu, coklat hingga warna hitam. Biasanya kita bisa temukan di atas topping pizza.

Rasa getir yang kita temukan pada buah yang masih muda bersumber dari Oleuropein yaitu bagian luar buah yang memiliki zat kimiawi (polifenol) dan menghasilkan rasa getir.

OLIVE WOOD

kerajinan pohon zaitun


Kayu buah zaitun cukup mahal harganya, mengingat ia mampu tumbuh dalam jangka panjang hingga ribuan tahun. Selain itu, biasanya batang pohon memiliki tekstur yang unik karena ia bisa menjadi gemuk. 

Batang kayunya pun lebih keras dibandingkan pohon lainnya, sehingga dianggap bisa lebih awet apabila digunakan untuk membuat perabotan. Bahkan seperti yang tadi kita ulas di atas, kayu atau batangnya juga bisa digunakan untuk kayu bakar. Hihihi..

DAUN ZAITUN

daun zaitun


Selain buah dan batangnya, daun zaitun juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Menurut Pemkomedan.go.id dalam artikelnya yang berjudul Beberapa Manfaat Daun Zaitun Untuk kesehatan, daun zaitun berfungsi untuk menguatkan tulang. Hal ini dikarenakan tidak hanya buahnya saja, namun daun zaitun juga mengandung zat Oleuropein. Zat bisa membantu meningkatkan produksi sel yang berperan dalam pembentukan serta menguatkan tulang.

Selain itu, daun zaitun juga dipercaya mampu mencegah timbulnya osteoporosis dan mengurangi kolesterol. Anti oksidan yang terkandung dalam daun zaitun pun dinilai cukup tinggi. Selain itu daun zaitun juga mengandung zat anti kanker, yakni Luteolin, apigenin dan cinchonine. Zat-zat ini mampu memerangi jumlah sel kanker yang meningkat. [iii]

Dalam sebuah penelitian, daun zaitun yang diuji-cobakan pada hewan ternyata mampu menghambat perkembangan kanker hati. Ia juga mampu menghambat perkembangan kanker payudara karena asam oleatnya mampu memotong ekspresi gen-nya.

Khasiat-khasiat inilah yang membuat tanaman Zaitun menjadi pohon yang diberkahi oleh Allah SWT. Karena setiap bagian dari tanaman ini sangat bermanfaat untuk kebutuhan manusia. Alhamdulillah !

FILOSOFI


Filosofi Zaitun


Ternyata tak hanya dalam Kitab Injil aja yang menyebutkan pohon zaitun, karena dalam Al Quran pun Allah juga berfirman beberapa kali tentang tumbuhan yang satu ini. Ini membuktikan bahwa tanaman zaitun itu tidak biasa. Ada bentuk kesakralan di dalamnya. [Kitab Injil New Testament, Lukas 22 (Mat 26 : 36-46; Mrk 14 : 32-42)]

Pada masa Alkitab, Pohon zaitun dianggap sebagai simbol kesucian, perdamaian dan persatuan. [Mahbub, Amri. Sebuah Kisah Soal Pohon Zaitun : Genetika Hingga Simbol Kesucian. 2017] [iv] Bahkan ada juga tanaman zaitun yang diberi nama Pohon Al Badawi yang terletak di desa Al Walaja dan diperkirakan memiliki umur sekitar 2000 tahun.

Dinamakan Pohon Al Badawi karena konon banyak para sufi yang mengunjunginya. Salah satu sufi yang mengunjungi dan berteduh di bawahnya adalah Sheik Ahmad Al Badawi, seorang sufi dari Mesir. Ia menghabiskan banyak waktu untuk beristirahat di bawah rindangnya pohon Zaitun.

Pohon ini juga menjadi salah satu saksi perlawanan rakyat Palestina terhadap pendudukan Israel. Itulah mengapa Pohon ini memiliki makna terdalam bagi penduduk Al Wajala. [Cahyana, Ludhy. Pohon Zaitun Tertua Di Dunia Ini, Jadi Saksi Perkembangan 3 Agama. 2020] [v]

Di daerah Palestina ada sebuah bukit yang dipenuhi dengan Pohon Zaitun, Area tersebut diberi nama Bukit Zaitun. Menurut kepercayaan di bukit inilah Nabi Isa Almasih melakukan Mi’raj ke langit. Dalam Al Quran tepatnya di Surat At Tin ayat 2, Allah bersumpah menggunakan Gunung Sinai yang berasal dari Thursina. Terkadang disebut juga dengan gunung Tur. Area ini, kini kita kenal dengan Semenanjung Sinai. [Yusuf, Ali dan Muhammad Hafil (red.). Tafsir Allah Bersumpah Untuk Tin, Zaitun dan Gunung Sinai. 2021] [vi]

Kini saya bisa memahami mengapa pohon zaitun terutama bukit zaitun memiliki makna yang sangat dalam bagi Van Gogh. Karena ia mengalami pengalaman spiritual yang sama dengan Nabi Isa As.

Setelah mempelajari Pohon Zaitun, saya mencoba mencari hal yang bisa kita pelajari dari pohon yang diberkahi ini. Apa sih kira-kira yang bisa kita ambil pelajaran dari pohon ini ?

  • Jadilah seperti buah zaitun, semakin menua, semakin mampu memberikan manfaat melalui ekstraknya. Apa manifestasi dari ekstrak manusia ? Kebijaksanaan dan ilmu ! Pengalaman hidup yang dijadikan sebuah ilmu pengetahuan.
  • Jadilah seperti daun zaitun, meskipun terasa getir namun sesungguhnya memberikan dampak baik bagi kesehatan umat manusia. Terkadang hal yang sifatnya benar (kebenaran) bagi sebagian orang terasa getir atau pahit, padahal sesungguhnya merupakan obat bagi jiwa manusia.
  • Jadilah seperti pohon zaitun, yang semakin tua semakin mampu menjadi pelindung (mengayomi) dan menebarkan kesejukkan bagi siapa pun yang berada di bawahnya.
  • Jadilah seperti minyak zaitun yang mampu menjadi bahan bakar minyak yang berfungsi untuk menyalakan lampu agar menghasilkan cahaya terang. Itu artinya kita harus menghasilkan ekstrak (kebijaksanaan dan ilmu) yang menjadi bahan bakar bagi jiwa-jiwa yang berada dalam kegelapan. Hal ini juga pernah Allah sebut dalam QS An Nur ayat 35.

Itulah beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari “Pohon Yang Diberkahi” ini. Tentu Allah sering menyebutkan nama buah ini dalam firmanNya karena ada alasan dan hikmah yang bisa kita pelajari. Di antaranya adalah poin-poin yang saya bahas di atas. Alhamdulillah !

Notes :


(1) AD singkatan dari Anno Domini, tahun di mana Nabi Isa AS telah lahir di dunia.

DAFTAR PUSTAKA


[i] Wikipedia. Olive. Diakses pada 18 februari 2023 dari https://www.wikipedia.org/wiki/Olive

[ii] Ardiansyah. 2022. Manfaat Buah Zaitun, Buah yang Diberkahi. Diakses pada 18 februari 2023 dari https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/120/manfaat-buah-zaitun-buah-yang-diberkahi

[iii] Pemerintah Kota Medan. 2015. Beberapa Manfaat Daun Zaitun Untuk Kesehatan. Diakses pada 18 Februari 2023 dari https://www.pemkomedan.go.id/artikel-13672-beberapa-manfaat-daun-zaitun-untuk-kesehatan.html

[iv] Mahbub, Amri. 2017. Sebuah Kisah Soal Pohon Zaitun : Genetika Hingga Simbol Kesucian. Diakses pada 18 Februari 2023 dari https://tekno.tempo.co/read/1044120/sebuah-kisah-soal-pohon-zaitun-genetika-hingga-simbol-kesucian

[v] Cahyana, Ludhy. 2020. Pohon Zaitun Tertua Di Dunia Ini, Jadi Saksi Perkembangan 3 Agama. Diakses pada 18 Februari 2023 dari https://tekno.tempo.co/read/1316786/pohon-zaitun-tertua-di-dunia-ini-jadi-saksi-perkembangan-3-agama

[vi] Yusuf, Ali dan Muhammad Hafil (red.). 2021. Tafsir Allah Bersumpah Untuk Tin, Zaitun dan Gunung Sinai. Diakses pada 18 Februari 2023 dari https://m.republika.co.id/amp/qyp39v430

Post a Comment

0 Comments