AOTM : IFA RAHMAWATI (MAKE UP ARTIST)


artist of the month february 2020


Art Blog Indonesia - Hello Bowgella ! AOTM : IFA RAHMAWATI (MAKE UP ARTIST). Meskipun beberapa kali segmen ini sempat tak terisi, namun bulan ini saya kembali dengan sosok inspiratif baru. Sosok ini bisa dibilang sebagai beauty blogger (meskipun tak memiliki Blog), dia lebih sering memanfaatkan timeline facebook untuk membagikan hasil karyanya. Ini dia cerita selengkapnya. 


AOTM : IFA RAHMAWATI (MAKE UP ARTIST)


make up artist banyuwangi



Ifa Rahmawati bukanlah sosok asing yang baru saya kenal. Beliau adalah salah satu teman saya semasa Sekolah Menengah Atas. Namun yang baru saya ketahui adalah ketrampilannya mengolah make up menjadi mahakarya yang luar biasa. 

Jika dunia sempat dihebohkan dengan karya Dain Yoou dan Bratz Doll, ternyata Banyuwangi juga memiliki make up character artist yang luar biasa. Sebagai teman masa sekolah, tentu saja saya ikutan bangga. Hahaha.. 

Sebelum memamerkan keahliannya dalam mengolah karakter dengan make up. Ifa memang lebih sering berbagi tentang hasil make upnya ala-ala beauty blogger. Begitu dia mulai berani bereksplorasi dan keluar dari kebiasaannya, saya mulai kagum dengan kepiawaian tangannya.

Baca Juga : AOTM | LEE MAN FONG 

Syukurnya saya punya kesempatan bertanya padanya melalui surat elektronik. Sebenarnya sih, pingin banget saya wawancara langsung. Etapi sekarang domisili kami berbeda. Hahaha.. Dia tinggal di Banyuwangi, saya di Jakarta. Jauh beud yak ? 

Ini dia percakapan ringan seputar hobi sekaligus karya yang menghasilkan dari sosok super kece ini. 

Hai Fa, kapan sih mulai tertarik terjun dan fokus menjadi make up artists ? 



Aku mulai tertarik dengan dunia make up sebenarnya sudah sejak lama, karena memang suka dandan. Berawal dari hobby untuk diri sendiri, aku dulu suka dandanin keponakanku saat mereka ada acara di sekolah, wisuda ataut karnaval. Aku merasa punya passion di situ, akhirnya aku memutuskan untuk terjun dan fokus mempelajarinya. 
Aku mulai sejak tahun 2015. Aku ikut seminar dan workshop make up beberapa MUA yang sudah punya nama di Indonesia. Dari ilmu dan teknik make up yang aku dapat, aku terus banyak berlatih dan akhirnya berani menerima job wedding sampai sekarang

Saya lihat, hasil karyamu itu tak cuma membuat orang menjadi lebih cantik, tapi juga ada beberapa karya yang cukup eksploratif ? Darimana inspirasi itu datang ? 




make up character indonesia



Setelah aku merasa sudah menguasai beberapa teknik beauty make up, bukannya merasa udah jago atau pintar, aku mulai bosan nih. Butuh sesuatu yang baru yang lebih menantang... naaah, akhirnya aku meliriklah yang namanya art make up, make up karakter, termasuk sfx make up.  
Belum banyak yang melirik atau menekuni art make up, karena mungkin buat beberapa orang kurang menarik. Orang-orang masih suka dengan beauty make up. Tapi bagiku art make up adalah sebuah tantangan... akhirnya aku mulai menekuni. 
Aku mulai ikut beberapa komunitas art make up di medsos dan mengikuti workshop juga. Dari situ aku mulai mengenal teknik2 dalam art make up. Bagaimana membuat karakter make up ? langkah2nya ? alat dan bahan yang digunakan dan lain sebagainya. 
Untuk inspirasi look make up sendiri ada yang aku recreate dan ada yang tiba-tiba aja muncul pingin buat make up karakter ini itu, menyesuaikan mood sih...kadang kalau pas mood hasilnya sesuai dengan ekspektasi... tapi klo pas kurang moodnya, hasilnya yaa gak jelas...gagal...hahahahaaa....

Untuk material yang digunakan, apakah ada perbedaan antara make up character ataupun make up untuk cantik ? 




Untuk material yang digunakan di beauty make up dan caracter make up sebenarnya hampir sama sih. Tapi kalo untuk karakter make up kita perlu bahan-bahan khusus yang tidak digunakan di beauty make up. 
Di karakter make up perlu face paint yang beraneka warna, karena kita memerlukan warna-warna yang lebih kuat yang tidak bisa didapat dari eyeshadow yang digunakan di beauty make up. misalnya kalau kita mau buat karakter hantu, zombie atau monster selain face painting juga diperlukan liquid latex, fake blood, tissu, kapas, dan lainnya

Baca Juga : AOTM | YUANITA TAN

Kesulitan apa yang kamu alami selama menjadi make up artist, terutama make up character ? 



make up artist ifa ladifa



Aku mulai tertarik dengan karakter make up sekitar bulan September 2019 kemarin. Jadi karakter make up ini aku bener2 masih belajar. Kalau untuk kesulitan secara teknik bisa kita pelajari ya ? Sekarang kan banyak tutorial karakter make up di youtube, dan ada juga beberapa teknik yang aku dapat dari hasil praktek sendiri.
Jadi kalau kita sering berlatih membuat make up karakter maka akan semakin banyak teknik baru yang kita pelajari. Selain itu juga harus rajin baca-baca seputar karakter make up. Pokoknya aku belajar terus karena karakter make up ini bener-bener menarik buat aku.
Selain teknik yang lebih menantang (aku enggak bilang sulit karena teknik bisa dipelajari), material untuk karakter make up ini susah di dapat, harus beli secara online karena enggak semua toko make up menjualnya. selain itu bebarapa materialnya juga harganya lumayan mahal...


Siapa saja yang sosok yang menjadi inspirasi dalam kamu berkarya ? 


Yang menjadi sosok inspirasi ku untuk make up karakter ini, yang pertama menginspirasi yaitu kak @ini_vindy. itu looh beauty vloger kera ngalam... :). 
Dia banyak buat tutorial karakter make up di youtube yang mudah dan dengan material yang murah. Jadi mudah diikuti dan dipahami. Untuk yang lainnya ada beberapa MUA luar negeri yang menjadi fav aku. Make up karakternya mereka bener2 keren hasilnya...

Jika ada pemula yang ingin terjun ke hobi yang sama, apa kira-kira tips ataupun saran kamu buat mereka ? 


make up character banyuwangi



Buat teman2 pemula yang ingin menekuni karakter make up, yang pertama disiapkan itu niat yang kuat. Karena tanpa niat semua akan sia-sia. Yang kedua teman2 harus serius dan mau meluangkan waktu untuk belajar dan praktek langsung. Selanjutnya untuk material teman-teman bisa menggunakan bahan yang ada disekitar kita.

Pertanyaan terakhir, Jika ada orang yang tertarik untuk menggunakan jasa kamu maupun ingin bekerja sama, kemanakah mereka bisa menghubungi kamu ? 


Untuk yang ingin bekerja sama dengan aku bisa menghubungi nomer WA. 082352250187 atau email. ipey0911@gmail.com.

KESIMPULAN




Itulah hasil percakapan yang terjadi antara saya dan Ifa melalui email. Seneng akhirnya saya gak penasaran lagi tentang material yang digunakan. Karena jujur, untuk make up karakter tuh rasanya hasil dari make up tersebut kelihatan lebih vibrant. Dan ternyata benar menurut Ifa, harus pake cat face painting.  

Seru ya ternyata bisa belajar make up itu, ibaratnya melukis di medium yang berbeda. Dan tentu lebih sulit. Karena kan permukaannya tidak rata ( Kalo rata, orang pada lari ketakutan vva. hahaha.. ) 

Gimana ? apakah kalian juga pingin ikutan upgrade skill dari make up yang biasa ke karakter kayak si Ifa ? hihihi.. Yuk jangun ragu-ragu ! Dicoba saja dulu ! hehehe.. Kalo saya mah tanpa make up, muka saya udah berkarakter. hahaha... 

See You di sosok inspiratif selanjutnya ya ? Jangan lupa cek Artist Of The Month.


SELAMAT BERKARYA !

0 comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.